BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

27 September 2022

Bunga Keladi – Jenis bunga keladi banyak dicari oleh fans tanaman hias, karena mempunyai daun dengan corak yang elok. Keladi hias ialah tanaman hias yang terhitung dalam Jenis Caladium. Tanaman ini dikenal juga bernama angel wings dan kuping gajah.

Trend tanaman hias bertambah sejak wabah. Kegiatan di luar rumah yang terbatas membuat beberapa orang memilih untuk cari aktivitas lain disekitaran rumah. Bercocok tanam jadi opsi kegiatan yang membahagiakan. Tanaman hias jadi opsi tumbuhan yang banyak ditanamkan. Ada beberapa Jenis tanaman hias favorite, satu diantaranya Jenis keladi.

Mencuplik dari pertanian.go.id, semenjak pademi penghasilan penjual tanaman hias naik sampai 40 %. Trend ini ikut memengaruhi harga tanaman hias tidak kecuali keladi.

Pengertian Bunga Keladi

Bunga Keladi
Bunga Keladi

Bunga keladi (Caladium) yakni salah satunya marga dari keluarga talas-talasan atau keluarga tanaman Araceae. Walau Jenis tanaman ini sangat akrab dan kerap ditemui disekitaran, tetapi tanaman keladi ini bukan tanaman asli dari Indonesia.

Caladium sebagai tanaman yang dari dari Amerika tengah dan Amerika Selatan. Keladi selanjutnya banyak diperbudidayakan di negara beriklim tropis, satu diantaranya di Indonesia. Tumbuhan yang ini umumnya tumbuh di tempat terbuka dengan tinggi 40-90 cm dan lebar 15-35 cm.

Bunga keladi mempunyai karakter yang unik, yakni daunnya yang kelihatan melebar. Warna dan wujud daun keladi ini elok hingga beberapa orang yang menyenanginya. Selainnya anak panah, wujud dari daun keladi ini seperti hati, sayap, dan kuping gajah.

Ada banyak keladi yang tumbuh jadi rumput yang mengusik, tetapi banyak pula tanaman keladi tumbuh jadi tanaman hias yang elok. Dari 7 Jenis tanaman keladi ini ada lebih dari 1.000 hasil varietas tanaman yang diperbudidayakan sampai sekarang ini.

35 Jenis Bunga Keladi yang Perlu Dipahami

Ada banyak Jenis keladi yang pas untuk ditanamkan di dalam rumah dan dapat membuat penampilan rumah jadi lebih elok dan fresh. Merilis dari beragam sumber, berikut beberapa keladi dan dengan taksiran harga.

1. Keladi Corong

Jenis tanaman keladi pertama kali yang dapat Anda piliha yakni keladi corong. Tanaman ini sebetulnya sebagai tanaman liar sebab bisa secara mudah diketemukan di pinggir rawa. Namun sejak reputasi tanaman hias bertambah, keladi ini jadi sasaran beberapa orang.

Ciri-ciri tanaman ini daunnya hijau dengan corak bintik putih. Tinggi tanaman cuma sekitaran 1,5 mtr. dengan batang daunnya warna cokelat kehitaman. Harga tanaman ini di pasar sekitaran Rp55.000.

2. Keladi Army Look

Jenis keladi ini mempunyai warna daun yang paling unik. Pada sebuah daun ada dua warna yakni merah dan hijau. Disamping itu di bagian daun yang warna hijau ada bercak-bercak putih yang percantik tanaman ini. Harga tanaman ini cukup dapat dijangkau yakni sekitaran Rp30 ribu dampai Rp50 ribu.

3. Keladi Freida Hemple

Tanaman keladi ini mempunyai warna merah ceria pada sisi tengah daun. Dan sekitarnya warna hijau. Gabungan ke-2 warna itu hasilkan gradasi warna yang elok. Harga dari keladi ini sekitaran Rp30 ribu sampai Rp50 ribu.

4. Keladi Gingerland

Keladi gingerland sebagai tanaman keladi yang mempunyai performa benar-benar elok. Daunnya berupa hari sama ukuran kecil sampai sedang. Daun tanaman ini mempunyai warna putih dengan sisi pinggir warna hijau tua.

Yang jadikan daunnya makin elok yaitu ada corak bintik warna merah. Tanaman ini benar-benar pas untuk isi interior ruang di dalam rumah Anda. Harga sekitar Rp40 ribu sampai Rp125 ribu.

5. Keladi Thai Beauty

Jenis bunga keladi ini mempunyai nama lain keladi wayang atau keladi batik. Thai beuaty mempunyai ciri-ciri daun berupa hari dengan warna merah muda yang memimpin. Pinggir daun tanaman ini warna hijau. Keladi thai beauty dibanderol pada harga sekitar Rp50 ribu sampai Rp150 ribu.

6. Keladi Semangka

Tanaman ini mempunyai wujud yang unik. Sama dengan namanya, keladi ini mempunyai corak daun seperti semangka. Tulang daun warna putih keabu-abuan dan warna dasar daunnya hijau. Dengan wujud yang memanjakan mata, harga tanaman ini cukup dapat dijangkau yakni sekitaran Rp50.000.

7. Keladi Radiance

Bunga keladi elok seterusnya yakni keladi caladium radiance. Tanaman hias ini mempunyai warna putih bintik merah merah muda. Di pinggir daunnya warna hijau. Bunga ini dijualbelikan pada harga lebih kurang Rp60.000.

8. Keladi Bicolor

Sama dengan namanya, daun ini mempunyai dua warna. Warna hijau memimpin daun keladi ini. Di bagian tulang daun warna merah. Dua warna itu memberi kesan-kesan elok pada daun keladi ini. Selainnya warna, keelokan keladi bicolor semakin bertambah dengan wujud daun yang seperti hari. Harga cukup dapat dijangkau cuma sekitaran Rp30 ribu sampai Rp70 ribu.

9. Keladi Polka Green

Keladi unik yang lain yakni polka green. Tanaman ini mempunyai warna dasar hijau dan coraknya warna merah dan putih. Tanaman ini sebetulnya tanaman liar tetapi pas menjadi hiasan pelataran. Harga polka green lumayan murah yakni sekitaran Rp45 ribu.

10. Keladi Hitam

Jenis keladi seterusnya yakni keladi hitam. Keunikan keladi ini yakni daun dan batangnya warna hitam. Keladi ini tidak mempunyai corak di bagian tulang daun berwarna sama dengan warna daun. Keladi ini umumnya dipasarkan pada harga Rp50 ribu sampai Rp80 ribu.

11. Keladi Tengkorak

Walau mempunyai nama yang menakutkan, tetapi performa keladi ini cukup antiknya. Tulang daun tanaman ini serupa dengan tulang rusuk manusia. Warna daunnya hijau tua dengan tulang daun tebal dan tegas. Harga tanaman unik ini sekitaran Rp80 ribu.

12. Keladi Amazon

Tanaman keladi amazon mempunyai keserupaan dengan keladi tengkorak. Ciri-ciri dari keladi ini yakni daunnya warna hijau tua sampai hitam. Tulang daunnya tebal seperti keladi tengkorak. Ukuran kecil hingga pas untuk dekor di dalam ruang. Walau mempunyai penampilan serupa keladi tengkorak, tetapi harga lebih murah yakni sekitaran Rp55 ribu.

13. Keladi White Queen

Jenis keladi ini mempunyai daun warna putih dengan pinggir daun warna hijau. Daun keladi ini mempunyai urat lembut warna hijau. Dan tulang daunnya warna merah pekat. Beberapa warna itu benar-benar kontras dan membuat performanya benar-benar elok. Harga tanaman ini dibanderol pada harga sekitaran Rp150 ribu sampai Rp500 ribu.

14. Keladi Freckles

Caladium freckles mempunyai wujud daun seperti hati. Daunnya mempunyai warna yang bermacam. Hijau memimpin warna daun ini dengan corak merah jambu di bagian tangkai daun. Disamping itu, keladi ini mempunyai corak warna putih. Keelokan tanaman ini dicap pada harga sekitaran Rp250 ribu.

15. Keladi Candidum

Tanaman namanya candidum ini warna putih dan hijau. Kombinasi dua warna itu membuat tanaman hias ini makin elok dan pas sebagai hiasa rumah. Harga keladi candidum ini sekitaran Rp150 ribu.

16. Keladi Carolyn Whorton

Keladi Jenis ini mempunyai wujud seperti hati dengan warna merah muda dan pinggir daun dan tulang daunnya warna merah ceria. Warna itu makin menambah penampilan carolyn whorton elok. Harga tanaman ini sekitaran Rp100 ribu.

17. Keladi White Christmas

Sama dengan namanya, Jenis bunga keladi ini mempunyai warna putih dengan tulang dan pinggir daunnya warna hijau. Kombinasi dua warna itu membuat penampilan tanaman ini benar-benar menarik. Harga keladi white christmas cukup dapat dijangkau yakni sekitaran Rp95 ribu.

18. Keladi Moonlight

Bila awalnya, Jenis keladi mempunyai corak dan warna, tetapi berlainan dengan keladi moonlight. Bunga keladi ini mempunyai warna putih yang bersih. Di bagian pinggirnya ada warna hijau tetapi benar-benar tipis hingga tidak begitu kelihatan. Warna itu yang membuat keladi moonlight banyak dicari. Harga dimulai dari Rp200 ribu sampai Rp350ribu.

19. Keladi Miss Muffet

Keladi miss muffet pas untuk jadi hiasan di pelataran rumah. Daun keladi ini memiliki ukuran kecil dengan warna hijau muda. Daya tariknya makin kelihatan karena ada corak bintik warna merah ceria di tangkai daun. Tanaman ini umumnya dipasarkan pada harga Rp175 ribu sampai Rp300 ribu.

20. Keladi Minyak

Daun keladi ini mengkilat seperti berminyak. Warna daunnya merah atau pink tua dengan bintik warna hijau tua. Tanaman ini benar-benar elok untuk dijadikan hiasan di pelataran atau teras rumah. Harga sekitaran Rp100 ribu dampai Rp750 ribu.

21. Keladi Thailand

Jenis keladi seterusnya yang dapat Anda tentukan untuk hiasan di dalam rumah yakni keladi thailand. Tanaman ini mempunyai daun warna merah ceria dengan bintik putih. Warna itu jadikan keladi ini kegemaran beberapa orang. Harga lumayan mahal yaitu sekitaran Rp1 juta.

22. Keladi Red Kujang

Keladi red kujang mempunyai wujud seperti senjata tradisionil Jawa Barat. Berwarna juga elok yakni merah ceria dan pada batangnya merah tua atau marron. Harga mahal yakni sekitaran Rp3 juta.

23. Keladi Hibrida

Keladi Hibrida sebagai Jenis keladi paling mahal pada harga sekitaran Rp4,tiga juta. Harga tinggi itu karena keladi ini terhitung tanaman sangat jarang.

Tanaman ini mempunyai wujud daun memanjang dengan warna hijau muda. Ukuran kecil hingga pas ditanamkan dalam pot dan jadi biasan di dalam ruang.

24. Bunga Keladi White Queen

Jenis bunga keladi mahal yang pertama ialah White Queen yang mempunyai keunikan daun yang warna putih dan pinggir daun yang warna hijau. Dipadankan dengan urat-urat lembut warna hijau dengan tulang daun yang warna merah pekat membuat kontras dengan daunnya. White Queen dipasarkan dimulai dari harga Rp 150.000 – Rp 500.000.

25. Bunga Keladi Freckles

Jenis bunga keladi mahal yang selanjutnya ialah Caladium Freckles yang mempunyai daun seperti wujud hati. Warna daunnya yang dikuasai warna hijau dengan tangkai daun yang mempunyai corak warna merah jambu dan corak warna putih yang membuat semakin eksotis dan memanjakan mata. Untuk dapat mempunyai Freckles Anda perlu keluarkan bujet sekitaran Rp 250.000.

26. Bunga Keladi Spring Fling

Jenis bunga keladi mahal yang selanjutnya ialah Spring Fling. Spring Fling mempunyai daun yang dikuasai warna merah muda dengan tulang dan tepian daun bercorak hijau, membuat Spring Fling benar-benar memanjakan mata dan menarik. Tidak itu saja, Spring Fling menjadi satu diantara Jenis bunga keladi mahal di Indonesia. Walau demikian, tanaman ini masih tetap disukai beberapa orang sebagai dekor interior. Untuk dapat mempunyai Spring Fling perlu keluarkan bujet semakin besar sekitaran Rp 1.200.000.

27. Bunga Keladi Carolyn Whorton

Jenis bunga keladi mahal selanjutnya ada Carolyn Whorton, daun tanaman ini seperti hati dengan warna pink yang dipadankan dengan tulang daun yang warna merah ceria dan pinggir daun yang warna hijau. Membuat Carolyn Whorton digemari karena berwarna yang memanjakan mata dan memesona. Carolyn Whorton dipasarkan pada harga sekitaran Rp 100.000.

28. Bunga Keladi Miss Muffet

Sedikit berlainan dari lainnya, bunga keladi Miss Muffet ini daunnya relative warna hijau muda seperti lime yang ditambah lagi corak bintik dan tangkai daun yang warna merah ceria. Bila dibanding dengan Jenis bunga keladi mahal lainnya, Miss Muffet ini lebih pas untuk menghiasi pelataran rumah. Persiapkan uang sekitaran Rp 175.000 – Rp 300.000 untuk mempunyai Miss Muffet.

29. Keladi Blackjack

Keladi blackjack jadi Jenis bunga keladi mahal yang unik seterusnya. Keladi blackjack mempunyai kekhasan pada bagian berwarna. Sama dengan namanya, terang keladi blackjack mempunyai warna yang gelap. Umumnya, keladi blackjack dikuasai dengan warna hijau tua sampai hitam. Keladi blackjack bisa tumbuh sampai 2 mtr. panjangnya. Tulang daun keladi blackjack tidak warna atau bersatu dengan warna daun, tetapi ada juga keladi blackjack yang mempunyai warna tulang daun merah. Keladi ini menjadi satu diantara keladi yang mahal, Anda dapat memperoleh keladi blackjack dengan keluarkan dana sejumlah Rp 200.000-Rp 500.000.

30. Keladi Red Kujang

Jenis bunga keladi mahal yang lain ialah keladi red kujang. Keladi red kujang mempunyai wujud seperti senjata tradisionil Jawa Barat. Berwarna juga elok yakni merah ceria dan pada batangnya merah tua atau marron. Harga mahal yakni sekitaran Rp tiga juta.

31. Keladi Hibrida

Keladi Hibrida sebagai Jenis bunga keladi mahal pada harga sekitaran Rp 4,tiga juta. Harga tinggi itu karena keladi ini terhitung tanaman sangat jarang. Tanaman ini mempunyai wujud daun memanjang dengan warna hijau muda. Ukuran kecil hingga pas ditanamkan dalam pot dan jadi biasan di dalam ruang.

32. Bunga Keladi Moonlight

Moonlight dikuasai warna putih bersih seperti sinar rembulan yang dipadankan dengan dialek urat-urat lembut dan pinggir daun yang warna hijau muda, membuat moonlight benar-benar elok dan menawan. Moonlight dipasarkan pada harga sekitaran Rp 200.000 – Rp 350.000.

33. Bunga Keladi Candidum

Jenis bunga keladi mahal Candidum ini cuma terdiri dari 2 warna yakni putih dan hijau. Daun yang dikuasai warna seputih salju dipadankan dengan tulang daun warna hijau pekat, membuat kesan-kesan yang menawan dan menarik. Tidaklah aneh bila tanaman ini benar-benar digemari beberapa orang untuk jadi hiasan rumah. cukup hanya Rp 150.000 Anda bisa mempunyai keladi Jenis ini.

  • Simak : 15 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan dan Kebugaran

34. Bunga Keladi Thai Beauty

Selainnya dikatakan sebagai Thai Beauty, Jenis bunga keladi mahal ini dikatakan sebagai Keladi Wayang atau Keladi Batik. Tanaman ini benar-benar dicintai beberapa orang karena daunnya yang berupa hati dengan warna yang dikuasai warna merah muda dan pinggir daunnya warna hijau. Harga tanaman ini sekitaran Rp 50.000 – Rp 150.000.

35. Bunga Keladi Gingerland

Jenis bunga keladi mahal ini mempunyai daun berupa hati memiliki ukuran kecil sampai sedang, daunnya warna putih halus dengan tepian hijau tua diperlengkapi dengan corak bintik yang warna merah.

Jenis bunga keladi mahal ini terhitung dalam salah satunya tanaman keladi yang paling memanjakan mata, tidaklah aneh bila tanaman ini benar-benar pas dipakai sebagai pendamping dekor interior. Gingerland dibanderol pada harga Rp 40.000 – Rp 125.500.

Demikian informasi-informasi dari BonsaiKita.com berkaitan pemahaman dan 35 Jenis bunga keladi, mudah-mudahan info di atas berguna dan menambahkan pengetahuan Anda mengenai tanaman keladi yang ingin Anda budidayakan di dalam rumah.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News