6 Manfaat Bunga Kecubung yang Dikenal Sebagai Obat Mabuk

Bunga kecubung banyak dihindari oleh masyarakat karena menimbulkan halusinasi pada pengkonsumsinya. Sebenarnya, halusinasi tersebut timbul disebabkan oleh cara konsumsi yang salah. Jika diolah dengan baik, maka bunga ini mampu memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Manfaat Bunga Kecubung

Seperti yang telah disebutkan di atas, kecubung memiliki beragam manfaat menyehatkan dengan kualitas kandungan senyawa di dalamnya yang akan sangat membantu bagi kesehatan. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

1. Mengatasi Asma

Mengatasi Asma

Manfaat  yang jarang orang lain ketahui berkaitan dengan bunga kecubung adalah mampu mengatasi asma. Tanaman ini populer karena dijadikan sebagai obat herbal yang mampu menangani masalah sesak nafas atau penyempitan saluran pernapasan yang memiliki sifat serius bagi penderitanya.

Kecubung diyakini memiliki senyawa atropin yang berperan sebagai senyawa anti-asma. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda perlu menghisap daunnya menggunakan alat bantu seperti pipa yang dibentuk menyerupai rokok untuk mempermudah penderita menghirup aromanya.

2. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mengatasi Mabuk Perjalanan

Selama melakukan perjalanan, pasti Anda ingin merasa nyaman dan tenang tanpa harus mengalami masalah seperti mabuk. Mabuk perjalanan sendiri sangatlah mengganggu diri sendiri serta penumpang lainnya yang berada di dalam mobil. Dengan demikian, pencegahannya harus dilakukan secara tepat.

Anda bisa memakai kecubung sebagai obat untuk mengatasi mabuk perjalanan. Anda bisa mendapat khasiatnya dengan cara mengekstrak daunnya ke dalam bentuk patch. Lalu, nantinya ditempelkan ke kulit. Cara ini dipercaya mampu menurunkan risiko terjadinya mabuk selama perjalanan karena memiliki kandungan senyawa skopolamin di dalamnya.

Baca Juga :   9 Jenis Bunga Bougenville Cantik yang Cocok Ditanam Dihalaman Rumah

3. Mengobati Gangguan di Saluran Pencernaan

Mengobati Gangguan di Saluran Pencernaan

Gangguan pada saluran pencernaan memang sangat mengganggu karena akan menimbulkan masalah lain jika dibiarkan begitu saja tanpa diobati dengan pengobatan yang tepat. Adapun beberapa masalah pencernaan yang seringkali terjadi, seperti pankreatitis, irritation bowel syndrome, dan gangguan pencernaan lainnya.

Untuk mendapat pengobatan secara ampuh, Anda bisa memanfaatkan tanaman kecubung dalam mengatasi berbagai masalah pada pencernaan. Hal ini terjadi karena kecubung memiliki kandungan senyawa kimia dalam ekstrak tanamannya. Senyawa tersebut dikenal dengan nama hyoscyamine.

4. Mengatasi Masalah Pada Kulit

Manfaat selanjutnya dari kecubung adalah membantu mengatasi masalah pada kulit. Masalah kulit tersebut disebut dengan psoriasis yang merupakan penyakit autoimun penyebab terjadinya penebalan kulit dan peradangan. Jika masalah ini terjadi, maka akan sangat menyakitkan bagi penderitanya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan ekstrak tanaman kecubung di bagian bunganya. Mengapa? Karena bunganya mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi terjadinya peradangan. Bahkan, kepopulerannya dalam mengatasi masalah ini menjadikannya sebagai obat tradisional Tionghoa yang sudah ada sejak lama.

5. Mengobati Penyakit Kronis

Mengobati Penyakit Kronis

Siapa sangka jika bunga kecubung mampu membantu mengobati penyakit kronis seperti kanker, jantung, aterosklerosis, stroke, hingga diabetes. Hal itu terjadi karena tanaman ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas semakin merusak keadaan organ dalam tubuh.

Kandungan fitokimia, senyawa fenolik seperti flavonoid inilah yang mempunyai sifat antioksidan. Bisa dibilang kecubung ini merupakan tanaman kaya akan antioksidan. Selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan senyawa yang memiliki peranan penting dalam mengatasi stress oksidatif di dalam tubuh.

6. Menanggulangi Rabies

Menanggulangi Rabies

Rabies adalah salah satu penyakit berbahaya yang menyerang sistem saraf dan juga otak pada penderitanya. Penyakit ini disebut dengan zoonosis. Biasanya ditularkan oleh hewan yang terinfeksi oleh virus melalui gigitan. Kebanyakan orang-orang mengalami ini karena tergigit anjing.

Baca Juga :   100+ Nama-nama Bunga Berurut A-Z yang Bisa Kamu Ketahui

Untuk menangani masalah tersebut, Anda dapat menggunakan bunga kecubung. Mengapa? Karena tanaman ini memiliki sifat antivirus yang mampu melawan berbagai infeksi virus di dalam tubuh.  Supaya bisa mendapatkan khasiatnya dengan tepat, gunakan ekstrak pada bijinya.

Efek Samping Bunga Kecubung

Walaupun kecubung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun Anda juga perlu memperhatikan efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi tanaman ini. Umumnya, efek samping tersebut muncul selama 60 menit hingga 48 jam.

Adapun beberapa efek samping yang ditimbulkan, seperti kejang, koma, halusinasi, jantung berdetak lebih cepat, demam tinggi, kebingungan, gelisah, dan masih banyak lainnya. Namun efek-efek ini bisa diatasi tergantung kondisi lambung saat mengkonsumsi tanaman tersebut.

Itu tadi informasi berkaitan dengan manfaat bunga kecubung bagi kesehatan menurut situs BonsaiKita.com. Untuk menjaga keamanan, Anda harus mengetahui efek samping dan tata cara pengolahannya agar terhindar dari masalah serius jika mengkonsumsi tanaman ini.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News