7 Jenis Bunga Kaktus untuk Menghiasi Rumah

Diposting pada

Bunga kaktus adalah bagian dari tanaman berduri yang memiliki ukuran dari yang kecil hingga besar. Tanaman hias ini memiliki beragam jenis dan bisa dijadikan sebagai rekomendasi jika ingin memberikan hiasan di dalam maupun luar ruangan.

Jenis Bunga Kaktus

Selain seringkali dijadikan sebagai tanaman penghias rumah karena keeksotisannya, kaktus juga memiliki perawatan yang mudah. Anda tidak perlu memberi air terlalu banyak, sebab tanaman berduri ini bisa tumbuh dengan sedikit air saja. Sebelum menanamnya, ketahui mengenai jenis-jenisnya terlebih dahulu!

1. Cereus Tetragonus

Cereus Tetragonus

Jenis bunga kaktus yang pertama ada Cereus Tetragonus. Jenis ini seringkali dijumpai di masyarakat karena memiliki penampilan yang cantik dengan ukuran tinggi bisa mencapai 2 meter. Orang Indonesia banyak mengenal kaktus ini dengan sebutan kaktus candi dan biasanya difungsikan untuk pagar.

Dengan ukuran seperti itu, Anda bisa menanamnya di luar ruangan atau halaman rumah. Namun, perlu diketahui terlebih dahulu jika kaktus ini tidak bisa tumbuh langsung tinggi, melainkan bentuk awalnya sangatlah kecil. Jadi, harus ekstra sabar jika ingin menanam jenis ini.

2. Ariocarpus

Ariocarpus

Jenis berikutnya ada Ariocarpus. Jenis ini berasal dari Texas dan sedikit sulit ditemukan, sehingga tak heran banyak pecinta tanaman mencari keberadaan dari kaktus ini. Mengapa Ariocarpus memiliki peminat cukup tinggi? Karena kaktus ini mempunyai ciri khas yang sangat unik.

Ciri khas tersebut menonjol pada daun-daunnya yang berbentuk segitiga dan tersusun secara spiral. Tidak hanya itu, kaktus jenis ini juga berbeda dari jenis lainnya karena tidak memiliki duri namun tetap tampil cantik. Selain itu, Ariocarpus mempunyai bunga berwarna kuning, merah muda, serta putih.

Baca Juga :   5 Makna Bunga Mawar Putih yang Perlu Kamu Pahami

3. Melocactus Azureus

Selanjutnya ada jenis bunga kaktus yang populer di kawasan Brazil. Seringkali disebut dengan kaktus melon karena memiliki bentuk yang bulat seperti buah melon. Ternyata sifat tersebut juga dijadikan sebagai nama pada tanaman ini, yakni Melocactus Azureus.

Selain itu, ada keunikan lain yang dimiliki oleh kaktus Melocactus Azureus ini yang akan memudahkan Anda membedakannya dengan jenis lainnya. Tanaman ini memiliki keunikan pada bentuk durinya yang memanjang dengan warna coklat bata.

4. Echinocactus Grusonii

Echinocactus

Bunga kaktus yang populer di kalangan masyarakat Indonesia selanjutnya adalah Echinocactus Grusonii. Seringkali disebut dengan nama golden barrel karena memiliki bentuk seperti bulan. Namun, tertutupi oleh duri-duri berwarna kuning di sekujur batangnya. Selain itu, di bagian atasnya juga terdapat mahkota.

Mahkota yang berada di bagian atasnya berwarna kuning terang. Kaktus jenis memiliki perawatan yang sama dengan kaktus lainnya. Anda tidak boleh memberikan terlalu banyak air dalam beberapa pekan. Mengapa? Karena Echinocactus Grusonii hanya membutuhkan penyiraman sebanyak 1 kali 3 bulan.

5. Mammillaria Fraileana

Mammillaria Fraileana memiliki bunga kaktus yang cantik. Bunganya berukuran besar dengan kombinasi warna merah muda dan putih. Bunga tersebut menutupi seluruh bagian atas pada batang. Jadi, tampilannya akan lebih mencolok serta mudah dibedakan dari jenis lainnya.

Sedangkan pada bagian batangnya, seluruhnya ditutupi duri coklat kemerahan. Kuantitas duri tersebut cukup ramai dan lebat. Tidak hanya itu, keunikan durinya juga patut diacungi jempol karena membentuk seperti bunga. Ini akan menjadi dekorasi tanaman hias terbaik di dalam rumah.

6. Schlumbergera

Schlumbergera

Sama halnya dengan jenis sebelumnya, Schlumbergera juga merupakan jenis kaktus yang memiliki bunga menggantung indah. Tetapi sayangnya, bunga dari kaktus ini hanya mekar menjelang akhir tahun saja. Sedangkan warnanya terdiri dari dua variasi, yakni merah terang dan pink.

Baca Juga :   6 Jenis Bunga Buket yang Cocok Bagi Pengantin

Keunikan lainnya berada di cara perawatannya. Berbeda dengan jenis lainnya, Anda harus menjaga kelembaban sekitar kaktus ini karena Schlumbergera suka kondisi yang lembab. Oleh karena itu, intensitas penyiramannya bisa setiap hari.

7. Opuntia Microdasys

Opuntia Microdasys

Jenis terakhir mungkin seringkali Anda temukan di rumah pecinta tanaman karena memang jenisnya sangat populer. Opuntia Microdasys memiliki penampilan yang unik dan tumbuh memanjang ke atas serta lebar. Selain itu, bentuknya terlihat seperti kipas yang disusun ke atas.

Inilah daya tarik tersendiri dari kaktus ini, sehingga tak heran banyak pecinta tanaman menyukainya. Anda dapat merawatnya hingga mencapai tinggi 60 cm. Untuk peletakannya sendiri bisa di pekarangan rumah agar tampilan halaman menjadi lebih menarik dan juga cantik.

Itu tadi informasi berkaitan dengan jenis bunga kaktus yang bisa Anda jadikan sebagai tanaman penghias ruangan agar terlihat lebih eksotis menurut situs BonsaiKita.com. Pilihlah jenis kaktus yang sesuai selera supaya mudah dalam menanamnya nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News