BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

27 September 2022

Bunga Iris – Salah satu bunga tahunan yang mempunyai penampilan menarik ialah bunga iris. Banyak pekebun yang perbanyak bunga iris dengan pemikiran beberapa keunggulan yang dipunyai bunga ini dan tidak dipunyai tanaman bunga yang lain.

Salah satunya, bunga iris mekar dengan wewangian harum yang merebak, tampilkan wujud dan beragam warna petal yang hebat memanjakan mata.

Gampang ditumbuhkan dan berkembang biak secara cepat, sesudah ditanamkan bunga iris tidak membutuhkan perawatan intensif tetapi tetap tumbuh lebat berbunga.

Tanaman yang kuat dengan nyaris tidak ada kasus berkenaan masalah hama dan penyakit pada tanaman ini.

Dan yang membuat terbanyak disukai ialah saat berbunga tiap tahun bunganya keluar semakin banyak dari waktu ke waktu.

Sejarah Bunga iris

Bunga Iris
Bunga Iris

Melansir wikipedia, iris ialah sebuah genus dalam kerabat Iridaceae yang meliputi 260-300 spesies tumbuhan berbunga.

Tumbuhan itu ambil nama dari kata bahasa Yunani untuk pelangi, yang sebagai nama dari dewi pelangi Yunani, iris.

Bunga iris sebagai salah satunya tipe bunga dari kerabat Iridaceae yang terbagi dalam 300 spesies. Bunga ini mempunyai warna yang bermacam dan menonjol, terkecuali merah jelas.

Keelokannya menyebar di semua penjuru dunia dengan warna menguasai yang lain setiap daerahnya.

Keunikkan Bunga iris

Berwarna yang bermacam jadikan bunga iris dipercayai terkait dengan mitologi Yunani Kuno.

Menurut Interflora, iris sebagai dewi berjubah hujan yang diutus untuk sampaikan pesan di antara surga dan bumi dengan pelangi sebagai mediator.

  • Cek : Informasi Bunga Terlengkap dan Tercantik

Ingin tahu dengan bukti lain mengenai bunga iris? Yuk, langsung baca pembahasan berikut!

1. Bermacam warna dan terdiri jadi tiga barisan

Sama seperti yang telah diterangkan awalnya jika bunga iris mempunyai bermacam warna.

Tetapi, tahukah kamu jika iris yang diperbudidayakan cuma dipisah jadi tiga barisan? Menurut American iris Society, iris digolongkan jadi Bearded irises, Aril irises, dan Beardless irises.

Bearded irises gampang dikenal dengan kelopak bunga sisi bawah atau luar yang seakan jatuh. Barisan ini dipisah kembali jadi enam barisan berlainan. Bearded irises datang dari Eropa sisi tengah dan selatan.

Beardless irises sebagai barisan kontradiksi dari Bearded irises . Maka, kelopak sisi luar atau bawah masih tetap tegap dan tidak jatuh.

Mayoritas datang dari Asia, tetapi ada juga dari Pantai Pasifik sampai daerah barat Amerika Serikat.

Berlainan dari 2 barisan awalnya, Aril irises lebih gampang untuk dikenal. Kelopak bunganya mempunyai bercak-bercak yang unik. Tetapi, umumnya, barisan satu ini disilangkan dengan barisan yang lain.

2. iris kuning benar-benar agresif

iris kuning sebagai salah satunya tipe bunga iris yang gampang untuk menyesuaikan. Warna bunga kuning jelas memang kelihatan memanjakan mata dan menonjol.

Bahkan juga, kamu dapat mendapatinya di alam liar atau dekat perairan.

Karakternya yang gampang menyesuaikan dan tumbuh secara cepat dapat mengusik ekosistem.

Bila agresif di wilayah perairan, bisa tingkatkan sedimentasi dan mengusik saluran air, bahkan juga dapat mengusik komunitas tanaman air.

3. Walau agresif, berguna untuk memurnikan air

iris kuning memanglah bisa memiliki sifat agresif. Tetapi, bila perkembangannya termonitor atau diperbudidayakan secara baik, bisa menguntungkan.

Salah satunya faedah iris kuning adalah bisa memurnikan air.

Dikutip situs Owlcation, iris kuning bisa memurnikan air dengan akarnya. Karena, dapat hilangkan logam berat yang terikut oleh saluran air.

4. Umbinya bisa menjadi minyak fundamental

Biasanya, minyak fundamental dari bunga diambil dari bunga tersebut, tidak dari daun atau batangnya. Tetapi, minyak fundamental iris malah diambil dari rimpangnya, lho.

Rimpang atau rizhoma bunga iris disebutkan orris dan mempunyai wewangian seperti violet. Tetapi, untuk memperoleh wewangian terbaik, memerlukan waktu pengeringan sekitaran tiga tahun.

Selanjutnya, ditumbuk dan disuling untuk hasilkan minyak fundamental dan bisa menjadi kombinasi minyak wangi.

  • Baca Juga : Arti Bunga Tulip dan 5 Jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak seluruhnya orris bunga iris bisa menjadi minyak fundamental. Sekarang ini, minyak fundamental iris berasal dari 3 tipe saja, yakni iris germanica, iris pallida dan iris florentina.

5 . Maka lambang di beberapa negara, terhitung Prancis

Iris telah terkenal di beberapa penjuru dunia, bahkan juga semenjak periode Yunani, Romawi, atau Mesir Kuno.

Hal itu dapat disaksikan dari ada mitologi-mitologi yang terkait dengan bunga iris. Disamping itu, bunga iris terukir pada Sphinx di Giza, Mesir.

Bersamaan mengembangnya jaman, bunga iris ungu juga jadi bunga nasional Prancis. Bunga itu bermakna iman, kebijakan, dan ketenangan pemikiran sesuai adat Prancis.

Tips Merawat Tanaman Bunga iris

Perawatan pada tanaman iris perlu dilaksanakan untuk memperoleh tanaman iris yang diharap, yakni berbunga lebat dan subur.

Perawatan pada tanaman iris perlu dilaksanakan untuk memperoleh tanaman bunga iris yang diharap, yakni berbunga lebat dan subur.

1. Pemupukan

Tanaman iris perlu dipupuk. Pemupukan dilaksanakan pada awal musim semi, di Indonesia sendiri pemupukan dilaksanakan mendekati musim akhir hujan.

2. Penyiraman

Di awal mula penanaman, penyiraman teratur perlu dilaksanakan secara detail. Lihat keadaan tanahnya, bila kelihatan kering karena itu siramlah tiap 7 – 10 hari di sore dan pagi hari.

Tetapi perlu dingat jika pada proses penyiraman, jumlah air yang dibutuhkan cuma seperlunya. Tidak boleh buang-buang air terlalu berlebih, ini akan membuat rimpangnya membusuk dan tidak tumbuh.

Beri peluang pada rimpangnya untuk sedikit jadi kering lebih dulu saat sebelum disirami dan jadi sedikit lembab.

Sesudah tanaman iris Anda telah tumbuh, itu maknanya tanaman iris memerlukan air yang semakin sedikit. Penyiraman juga cuma dilaksanakan secara periodik.

3. Lihat keadaan rimpangnya

Tanaman iris tumbuh dengan penampilan beberapa rimpang yang terpajang. Check kondisi rimpangnya janganlah sampai ditutupi dengan kotoran, sampah atau bahan organik yang lain.

Bila rimpangnya ditutupi, karena itu sikatlah secara halus tanpa mengalihkan akar tanamannya. Tambah humus bila kondisi tanah ada di titik drainase yang buruk.

4. Pemotongan

Pangkaslah batang dan daun iris yang kelihatan kecoklat-coklatan dan layu. Tindakan ini mempunyai tujuan supaya hilangkan jaringan daun yang sudah mati dan selamatkan daun hijau yang lain.

Nah, lumayan gampang kan? Dengan ketahui langkah menanam dan menjaga bunga iris yang diuraikan situs BonsaiKita.com di atas, tidak ada kelirunya bila Anda coba menanamnya sendiri di dalam rumah.

Dengan demikian Anda dapat memperoleh semakin banyak bunga iris di taman Anda dan dapat diambil sendiri untuk jadi bunga potong yang hebat.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News