4 Jenis Bunga Cempaka dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Bunga Cempaka – Bunga cempaka, pernah dengar atau saksikan secara langsung Jenis tumbuhan yang ini? Dibalik penampilan bunga cempaka yang cantik dan menarik, siapa kira bila bunga ini tidak sekedar hanya bunga hias.

Lebih dari itu, bunga cempaka dipercayai mempunyai Manfaat untuk kesehatan badan. Lalu, apa Manfaat bunga cempaka untuk kesehatan badan seperti diartikan?

Jenis Bunga Cempaka

Bunga Cempaka
Bunga Cempaka

Cempaka ialah nama untuk tanaman yang masuk ke genus Magnolia. Tanaman ini biasanya tumbuh di wilayah yang mempunyai cuaca tropis atau sub-tropis. Tanaman cempaka sendiri sebetulnya terbagi dalam beberapa varietas, yakni:

1. Cempaka Putih

Nama ‘cempaka putih’ mengingati kita di suatu daerah di Jakarta, persisnya Jakarta Pusat. Nach, nama itu diambil dari Jenis tanaman cempaka yang ini. Cempaka putih (Michelia alba) ialah varietas cempaka yang sering digunakan jadi tanaman hias, seperti dalam acara pernikahan.

Bunga cempaka putih yang mempunyai panggilan lain yaitu kantil mempunyai warna kehijauan saat berbentuk kuncup, untuk selanjutnya beralih menjadi putih saat mekar. Tanaman cempaka putih biasanya bisa tumbuh tinggi, kurang lebih 30 mtr..

2. Cempaka Merah

Jenis bunga cempaka yang lain ialah cempaka merah. Tanaman ini datang dari Negeri Gorden Bambu alias China. Berlainan dengan Jenis cempaka yang lain, cempaka merah termasuk lamban dalam soal perkembangannya, tidak kecuali untuk bunganya sendiri. Ini yang jadikan cempaka merah termasuk Jenis cempaka sangat jarang.

3. Cempaka Ungu

Cempaka ungu mungkin saja jadi Jenis tanaman cempaka yang jarang-jarang kita saksikan. Masalahnya cempaka ungu cuma bisa berkembang dan tumbuh secara baik di daratan tinggi dengan temperatur optimal 26 derajat celcius.

Baca Juga :   Bunga Sedap Malam

Bunga cempaka ungu yang mempunyai nama latin Magnolia liliafora ini juga termasuk unik karena mempunyai wewangian ciri khas yang seperti buah pisang. Sesuai namanya, bunga cempaka ungu warna ungu muda. Musim hujan ialah waktu di mana bunga cempaka ini mekar.

4. Cempaka Kuning

Cempaka kuning juga dikenal dengan panggilan cempaka harum. Ini karena tanaman yang dapat tumbuh sampai dengan tinggi 25 mtr. ini mempunyai wewangian bunga yang merebak. Bunga cempaka kuning sendiri warna kuning jingga.

Untuk membiakkan tanaman cempaka kuning, biasanya dilaksanakan dengan tehnik cangkok atau tanam biji.

Bunga cempaka memiliki kandungan beberapa Manfaat. Manfaat cempaka ini tidak terlepas dari kandungan beberapa senyawa aktif, seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina. Senyawa-senyawa itu mempunyai peranan sebagai ekspektoran atau diuretik.

Manfaat Bunga Cempaka untuk Kesehatan

Nach, sekarang Anda bukan hanya dapat manfaatkan cempaka sebagai tanaman hias, tetapi untuk mempertahankan kesehatan badan, sekalian menyembuhkan berbagai permasalahan kesehatan. Berikut Manfaat bunga cempaka yang penting Anda kenali.

1. Menangani Vertigo

Vertigo ialah keadaan di mana kepala berasa seperti berputar dan badan kehilangan kesetimbangan. Salah satunya langkah untuk menangani vertigo ini dengan konsumsi bunga cempaka, tentu saja yang telah dikeringkan.

Anda dapat rebus 5 kuntum Bunga cempaka kering di di air mendidih sepanjang lebih kurang 10 menit, selanjutnya minum air rebusan itu.

2. Menyembuhkan Batuk Berdahak

Manfaat bunga cempaka setelah itu untuk menyembuhkan batuk berdahak. Manfaat cempaka yang ini tidak terlepas dari kandungan senyawa aktif berbentuk alkaloid mikelarbina dan liriodenina. Ke-2 nya, sama seperti yang telah dikatakan awalnya, mempunyai karakter ekspektoran hingga efisien untuk menurunkan batuk berdahak itu.

Sama dengan menangani vertigo, yang penting Anda kerjakan ini kali yakni rebus daun cempaka di di air mendidih. Tetapi, tambah bahan herbal yang lain seperti jahe. Konsumsi dengan teratur sampai batuk berdahak lenyap.

Baca Juga :   Jenis Bunga

3. Menangani Masalah Aliran Pernafasan

Anda dapat manfaatkan bunga cempaka buat menangani permasalahan kesehatan berbentuk masalah aliran pernafasan seperti asma dan infeksi paru-paru. Manfaat cempaka yang ini memanglah belum bisa disebutkan benar karena belum ada study yang secara eksklusif mempelajari mengenai ini. Walau demikian, tidak ada kelirunya untuk coba, kan?

Pada saat Anda terkena penyakit aliran pernafasan, rebus bunga cempaka kering selanjutnya minum air rebusannya dengan teratur sampai penyakit berkurang.

4. Menangani Keputihan

Untuk Anda kaum hawa, keputihan pada organ intim tentu saja tidak asing, kan? Keputihan yang disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur perlu diobati karena keadaan itu benar-benar mengusik, seperti memunculkan berbau tidak lezat pada vagina.

Minumlah air rebusan daun cempaka kering dengan teratur sampai keputihan terobati. Namun, imbangi dengan menangani keputihan yang lain karena Manfaat bunga cempaka yang ini tidak bisa ditegaskan efektifitasnya.

5. Menangani Berbau Tubuh

Karakter anti-bakteri pada senyawa yang terdapat dalam bunga cempaka lalu jadikan tanaman ini baik untuk menangani permasalahan kesehatan yang lain yang disebabkan karena bakteri, seperti berbau tubuh. Keadaan ini bukan hanya mengusik diri kita, tetapi seseorang disekitaran, kan?

Oleh karenanya, tangani permasalahan berbau tubuh ini dengan teratur konsumsi air rebusan daun cempaka satu diantaranya. Selainnya diminum, Anda bisa juga manfaatkan air rebusan daun cempaka itu saat mandi, yaitu dengan menyiraminya ke sekujur badan.

Pakai bunga cempaka kuning karena Jenis cempaka ini mempunyai wewangian harum yang pekat.

Itulah info dari BonsaiKita.com tentang Manfaat bunga cempaka. Harus dipahami, hal Manfaat cempaka ini sebenarnya belum mempunyai bukti ilmiah yang kuat. Maka dari itu, tidak boleh cuma tergantung pada bunga cempaka buat menangani permasalahan kesehatan yang Anda alami.

Konsultasilah lebih dulu ke dokter saat sebelum memakai beberapa bahan herbal, terhitung bunga cempaka ini. Mudah-mudahan berguna!

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News