Bunga Bangkai

Diposting pada

Bunga Bangkai – Berdasarkan data yang telah ditemukan selama beberapa tahun, ada sekitar seratus tujuh puluh spesies bunga bangkai. Jumlah ini adalah total keseluruhan yang ada di dunia. Sisi keunikan lainnya yaitu, bentuk dan juga keunikannya menjadikan bunga ini membuat siapa saja penasaran.

Jenis-Jenis Bunga Bangkai di Indonesia

Bunga Bangkai
Bunga Bangkai

Terdapat berbagai macam jenis bunga bangkai yang ada di Indonesia. Varietas-varietas tersebut ada di banyak daerah yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia. Berikut adalah beberapa family dan kelompok dari jenis tanaman satu ini.

1. Amorphophallus Titanum

Ini adalah salah satu jenis bunga bangkai dengan nama Amorphophallus titanum. Biasa juga disebut sebagai kibut atau bunga bangkai raksasa. Bahkan, ada juga yang menyebutnya sebagai suweg raksasa karena memang bentuknya cukup besar dibandingkan tanaman-tanaman pada umumnya.

Bunga ini masuk dalam jenis endemic dan populasinya sudah sangat langka untuk ditemukan di kawasan Pulau Sumatera. Bentuknya digolongkan sangat besar, ukurannya juga melebihi keluarga tumbuhan Araceae umumnya. Bahkan, umbi dari tanaman ini juga berukuran jumbo.

2. Amorphophallus Gigas

Salah satu bunga bangkai yang letaknya ada di daerah Bengkulu bernama Amorphophallus gigas. Tingginya melebihi jenis tanaman sebelumnya. Namun, kelopak dan tangkai dari tanaman satu ini memiliki ukuran yang relatif pendek.

Periode mekarnya bunga Amorphophallus gigas cukup memakan waktu lama. Sekitar kurang lebih butuh tiga tahun untuk bisa berbunga satu kali saja. Tetapi, batas waktu yang cukup panjang ini berfungsi untuk dapat membuat tumbuhan ini mampu tumbuh dengan sempurna.

3. Amorphophallus Decus-Silvae

Ada juga tanaman endemik dengan nama Amorphophallus decus-silvae. Bentuknya mirip dengan jangkung yang lancip di bagian pucuknya. Oleh sebab itu, tanaman ini kemudian dipanggil dengan sebutan acung atau kembang bangkai jangkung.

Bunga bangkai jenis merupakan salah satu yang bisa Anda temukan di wilayah pulau Jawa. Anda bisa menemukannya di beberapa daerah di kawasan ini. Bahkan, spesies ini juga keberadaannya sudah cukup jarang dan menjadi tanaman endemic yang patut dilindungi habitatnya.

4. Amorphophallus Beccarii

Jenis bunga bangkai selanjutnya memiliki nama Amorphophallus beccarii. Ini adalah salah satu tumbuhan endemic Indonesia yang bisa Anda temui di wilayah Sumatera. Namun, keberadaan tanaman langka ini sudah sangat jarang untuk bisa ditemukan.

Bahkan tumbuhan endemic ini juga terancam akan punah karena populasinya yang sangat sedikit. Untuk itu, diperlukan pemeliharaan agar populasinya tetap ada dan lebih-lebih bisa berkembang. Supaya dapat menghindari musnahnya kembang langka ini, sebaiknya tanaman itu dijaga dari tangan-tangan jahil.

5. Amorphophallus Campanulatus

Bunga bangkai berikutnya ini bernama Amorphophallus campanulatus. Nama lain dari jenis tanaman endemic ini adalah umbi suweg. Bahkan, pada wilayah luar pulau Jawa, jenis umbi dari kembang ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan alternatif.

Tidak heran jika bunga bangkai ini bisa dijadikan sumber bahan diversifikasi pangan di waktu masa depan. Itu semua karena memang jenis tanaman satu ini pada awalnya sudah pernah dijadikan sebagai jenis makanan pengganti. Maka dari itu, akhirnya dipilihlah jenis umbi dari kembanh ini.

6. Amorphophallus Oncophyllus

Tanaman berikutnya bernama Amorphophallus onchophyllus. Orang-orang banyak yang menyebutnya sebagai porang dan masuk dalam golongan famili araceae. Bahkan, jenis bunga bangkai ini juga banyak ditemukan di banyak wilayah yang ada di Indonesia.

Jenis tanaman satu ini banyak tumbuh secara liar di hutan. Utamanya di wilayah yang ada di Pulau Jawa. Tentu, Anda akan dapat menemukan tanaman ini di banyak tempat yang ada di daerah ini. Hal tersebut menjadi sebuah kabar baik, karena artinya populasinya cukup melimpah.

Ciri Bunga Bangkai

Beberapa ciri bunga bangkai Amorphophallus titanum yang paling khsuus ialah ukuran yang besar sekali dan dapat membubung sampai ketinggian 3 mtr. di atas tanah. Ini ialah bunga yang sangat jarang, hadirnya selalu mengambil alih perhatian.

Mereka hidup di Sumatera, tumbuh di rimba hujan Sumatera sisi barat, di lereng bukit yang terjal, di ketinggian 120 sampai 365 m di permukaan laut.

1. Daun

Apa bunga bangkai ini punyai daun? Rupanya daun cuman ada satu lembar sesudah bunga mati lho. Sama ukuran pohon yang kecil, daun bunga bangkai dapat capai tinggi 7 mtr. dengan lebar 7 mtr.. Memiliki bentuk adalahtangkai hijau mengkilat yang kuat dengan bercak-bercak krem, yang terdiri jadi tiga di pucuknya dan memiliki kandungan banyak dengan lebaran.

Daun ini berfusngi untuk membikin gula trus diangkut ke umbi lalu diletakkan sebagai pati. Daun itu akan layu saat sebelum yang baru ada. Saat tanaman akan berbunga, umbi jadi tidak aktif sampai 4 bulan saat sebelum bunga lain ada.

2. Bunga

Bunga ini seperti lonceng kebalik warna hijau dan berbintik-bintik seperti cream pada bagian luasr, dan merah tua pada bagian dalam. Bunag ini punyai segi berusuk dan pinggir berumbai dengan tinggi dapat capai tiga mtr. lho.

Kelopak bunga bangkai ini melilit bantalan bunga yang warna kuning keabuan. Nach di dasar bantalan bunga ini ialah perlindungan yang dibuat oleh spathe, ada pita bunga jantan warna krem ??di atas cincin bunga betina merah muda yang semakin besar.

Saat bunga ini siap untuk penyerbukan, spandix akan menghangat dan keluarkan berbau yang busuk sekali. Dari beberapa ciri bunga bangkai berikut nama itu selanjutnya berasal.

3. Buah

Yap, bunga bangkai ini mempunyai buah yang berkembang dari bunga betina yang diserbuki. Saat bua masak, bunga akan layu hingga sisi buah warna merah ceria akan kelihatan. Nach, disini nih buah ini akan mengundang perhatian burung yang hendak makan dan menebarkan bijinya.

4. Ukuran

Beberapa ciri bunga bangkai Rafflesia arnoldii ialah ukuran yang terbesar, membuat dikatakan sebagai bunga paling besar di dunia. Tetapi, sebesar apa? Bunga bangkai dapat tumbuh sampai satu mtr. berdiameter capai 107 mtr., dan masuk ke rekor dunia.

5. Bentuk

Salah satunya beberapa ciri bunga bangkai Rafflesia arnoldii ialah memiliki bentuk yang iconic. Satu bunga punyai lima lembar kelopak serupa kubis, memiliki tekstur kulit dan pada bagian tengahnya ada sisi bunga berupa mangkok. Perannya, untuk menelan lalat dan serangga untuk makanannya sendiri.

6. Aroma Busuk

Saat bunga ini mekar, dia keluarkan aroma daging busuk yang menusuk. Beberapa ciri bunga bangkai Rafflesia Arnoldii ini pas sekali dengan namanya. Aroma ini akan menarik serangga untuk tiba dan jadi makanan bunga ini. 

Demikian penjelasan menurut BonsaiKita.com mengenai jenis-jenis bunga bangkai yang ada di Indonesia beserta cirinya. Terdapat banyak varietas-varietas dari jenis tanaman satu ini. Anda akan dapat memperoleh berbagai macam bentuk dan family kembang-kembangan ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *