Bunga Anggrek

Diposting pada

Bunga Anggrek – Bunga anggrek menjadi salah satu kembang dengan keindahan yang sudah diketahui oleh banyak orang di seluruh dunia. Tanaman ini masuk dalam jenis langka yang harus dilindungi populasinya dengan baik. Uniknya lagi, terdapat berbagai ragam jenis tanaman ini dengan warna dan bentuk cantik.

Beberapa Macam Jenis Bunga Anggrek di Indonesia

Bunga Anggrek
Bunga Anggrek

Ada banyak ragam jenis bunga anggrek yang bisa ditemukan di wilayah Indonesia. Mulai dari wilayah Sabang sampai Merauke, masing-masing memiliki bentuk dan keunikannya sendiri-sendiri. Berikut adalah beberapa varietas dari pohon tersebut.

1. Anggrek Bulan

Bunga anggrek bulan menjadi salah satu ragam jenis tanaman yang banyak disukai oleh orang-orang. Untuk nama biologi dari kembang ini yakni Paraphalaenopsis Serpentilingua dan berasal dari wilayah Kalimantan Barat. Salah satu ciri dari jenis ini adalah warnanya putih dan bercorak kuning serta merah.

Nama latinnya adalah Phalaenopsis Amabilis. Nama anggrek ini sendiri merupakan bentuk dan hasil dari kemiripan rupa dan warna dengan bulan ketika malam. Untuk bunganya berwarna putih dengan daun hijau cukup panjang.

2. Anggrek Kasut Kumis

Bunga anggrek kasut kumis ini merupakan bentuk persamaan dari kantong semar. Alasannya, bentuknya yang berkantung dengan bulu yang mirip dengan tanaman itu. Nama tanaman ini juga diambil dari penampakan bulunya terlihat cukup jelas.

Warna dari bunga anggrek kasut kumis ini adalah percampuran antara ungu dengan hijau. Sebab, perpaduan itu terlihat sangat unik dan serasi saat dipandang. Nama ilmiah dari tanaman cantik ini adalah Paraphalaenopsis chamberlainianum.

3. Anggrek Kebutan

Ragam jenis tanaman hias berikutnya adalah anggrek kebutan. Nama ini diambil karena warna orangenya membuat bunga anggrek ini terlihat sangat cantik dan menawan. Bahkan, corak-coraknya memenuhi satu tangkai kembang rupawan ini dengan berbagai macam keindahannya yang elok.

Jenis anggrek kebutan ini menjadi salah satu tanaman langka dan keberadaannya dilindungi negara. Oleh sebab itu, pemeliharaan dan pengambilannya di alam bebas sangat tidak diperbolehkan. Karena hal tersebut, dapat membuatnya menjadi punah dan tidak bisa dilihat lagi kecantikannya.

4. Anggrek Sendok

Bentuk tanaman hias selanjutnya adalah bunga anggrek sendok. Bahkan, jika diperhatikan dengan seksama, rupa bunga cantik ini agak mirip dengan sendok yang membuat orang melihatnya terpanah dan suka. Tetapi, tentu jauh lebih indah dan menawan daripada itu.

Memiliki nama latin Spathoglottis zurea. Berwarna kuning cerah dan juga dilengkapi dengan sedikit warna putih dan merah pada area tengahnya. Bahkan, hal tersebut semakin memberikan kesan indah dan menawan pada tanaman cantik satu ini.

5. Anggrek Bulan Bintang

Varietas berikutnya adalah bunga anggrek bulan bintang dengan lima buah kelopak berbentuk seperti bintang. Ini menjadi salah satu ciri khas yang hanya dimiliki oleh jenis tanaman ini saja. Adapun jenis-jenis yang lainnya tidak mempunyai bentuk seperti kembang berikut.

Warnanya yang indah dan cantik membuat banyak orang menyukainya dan terpesona dengan keelokannya. Jenis anggrek ini juga menjadi incaran banyak manusia. Salah satu faktornya adalah karena keunikan bentuk dan juga warna dari tanaman satu ini.

6. Anggrek Kerlip

Bunga anggrek kerlip masih satu famili dengan spesies bunga anggrek bulan. Memiliki aroma yang harum dan memikat siapa saja yang menciumnya. Nama latin dari tanaman ini adalah Phalaenopsis violacea. Jenis ini juga banyak dibudidayakan karena keindahan dan juga keelokan tampilannya tersebut.

Orang-orang yang memilih jenis anggrek satu ini pasti tidak akan menyesal. Bahkan, karena memang bentuk dan warnanya sangat menarik dan cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di rumah Anda. Apalagi ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih dan disesuaikan.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Secara umum bunga anggrek tidak memerlukan cahaya matahari penuh atau sekitaran 20% sinar matahari. Karena tidak membutuhkan matahari penuh, karena itu Anggrek memerlukan tempat atau lindungan untuk menumpang hidup. Tempat hidup tanaman Anggrek dapat berbentuk pohon dan paranet.

Perawatan pada tanaman Anggrek mencakup banyak hal yakni penyiraman, pemupukan, perpindahan pot, perputaran udara dan penangkalan hama dan penyakit. Baca keterangan lebih komplet mengenai cara merawat Anggrek.

1. Penyiraman

Saat yang dianjurkan untuk menyirami bunga Anggrek ialah pagi hari jam 07.00-09.00 dan sore hari jam 16.00-18.00. Langkah menyirami tumbuhan Anggrek sebaiknya ditujukan ke akar dan memakai air yang bersih.

Saat menyirami bunga Anggrek seharusnya tidak boleh kebanyakan karena bisa menghancurkan Anggrek. Yakinkan air siraman tidak memendam akar Anggrek kelamaan.

2. Pemupukan

Pemupukan yang bagus akan membuat bunga Anggrek bertahan hidup semakin lama. Pemupukan yang teratur bisa memberi makanan dan gizi yang bagus ke tumbuhan Anggrek. Pupuk yang diperlukan tanaman Anggrek ialah pupuk yang memiliki kandungan kalsium (Ca) dan Phospor (P).

Saat memberi pupuk dalam tumbuhan Anggrek seharusnya pupuk dicampurkan sama air selanjutnya disiram secara perlahan-lahan. Dengan meleburkan pupuk akan mempermudah tumbuhan Anggrek mengolah makanannya.

3. Perpindahan pot

Hal pertama kali yang penting diingat saat mengalihkan bunga Anggrek dari pot satu ke poT yang lain ialah mensterilkan alat potong dengan alkohol atau membakarnya agar beberapa bakteri yang ada di alat potong telah mati.

Saat yang cocok saat mengalihkan Anggrek ke pot baru ialah saat Anggrek telah tumbuh dewasa dan memiliki anak Anggrek. Saat ingin mengalihkan Anggrek ke pot lain seharusnya tidak boleh menukarnya saat bunga sedang mekar. Siram Anggrek saat sebelum dipindah ke pot baru.

4. Aliran udara

Perputaran udara atau embusan angin yang bagus bisa memengaruhi kualitas tumbuhan Anggrek. Peranan dari perputaran udara pada bunga Anggrek ialah meratakan suhu dan kelembapan. Suhu dan kelembapan yang bagus akan jadikan Anggrek tumbuh optimal.

5. Penangkalan hama dan penyakit

Dalam perawatan tumbuhan Anggrek penting memerhatikan bagaimanakah cara menahan hama karenanya menahan hama akan membuat tumbuhan Anggrek tumbuh optimal dan sakit. Penangkalan ini dapat dilaksanakan dengan menyemprot pembasmi hama, seperti basudin 60 EC, Diamicron, dan sebagainya. Saat menyirami pembasmi hama seharusnya dilaksanakan satu minggu sekali dan dengan teratur.

Tidak cuma hama, tumbuhan Anggrek juga bisa terserang jamur. Oleh karenanya, seharusnya menyemprot pembasmi jamur satu minggu sekali dengan teratur supaya tumbuhan Anggrek sehat dan tidak terserang penyakit. Pembasmi jamur yang bisa dipakai, seperti Benlante dan Dithane.

Itulah penjelasan singkat dari BonsaiKita.com tentang macam-macam jenis bunga anggrek di Indonesia. Wilayah negara ini memiliki cukup banyak varietas tanaman satu ini. Semuanya tersebar secara luas dari wilayah Sabang sampai Merauke dengan keunikannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *