Bunga Adenium

Diposting pada

Bunga Adenium – Bunga adenium atau kemboja Jepang adalah salah satu tanaman hias yang disukai oleh warga Indonesia.

Adenium ialah spesies tanaman hias yang mempunyai tangkai besar dengan sisi bawah yang seperti umbi dan mempunyai bunga dengan warna yang bermacam.

Adenium atau kemboja Jepang pas diletakkan di pelataran rumahmu karena perawatannya lumayan gampang.

Bunga adenium datang dari kota Aden atau ibu-kota Yaman yang populer sebagai daerah kering hingga tanaman ini suka tumbuh di tempat tanam yang kering.

Selainnya perawatannya yang gampang, bunganya elok dan akan mempercantik pelataran rumah.

Ada dua tipe adenium, yakni yang kelopak bunganya bersusun dan yang kelopak bunganya serupa dengan bunga mawar.

Cara Merawat Bunga Adenium

Bunga Adenium
Bunga Adenium

Bonggol bunga ini seperti umbi hingga adenium seperti terlihat tanaman bonsai. Saran punyai saran, bunga adenium terhitung dalam tipe kerabat apocynaceae yang sanggup hidup di lingkungan kering seperti padang pasir.

Awalannya, tanaman ini hidup di padang pasir Afrika Selatan dan wilayah Timur tengah. Tetapi seiring waktu berjalan, bunga adenium menebar ke beberapa negara di Asia, seperti Indonesia, Taiwan, Thailand, India, dan Vietnam.

Bonggol besar yang dipunyai bunga adenium mempunyai keuntungan sendiri. Sisi ini sanggup memuat cadangan air yang lumayan banyak.

Ini membuat bunga adenium sanggup bertahan di dalam cuaca yang kering dan cuaca yang panas. Bunga adenium yang dirawat secara baik sanggup berkembang sampai mempunyai ketinggian dengan tinggi 4 meter.

Bila kamu mempunyai atau ingin menanam bunga ini di rumahmu, yok baca langkah merawat bunga adenium yang bagus di bawah ini!

1. Siram Secara Teratur

Kamu tidak boleh asal-asalan saat menyirami adenium atau kemboja Jepang. Siram tanaman cuma saat tempat tanam atau tanah telah berasa kering.

Saat musim kemarau datang, kamu dapat menyirami bunga ini 2x satu hari, tiap sore dan pagi hari.

Janganlah lupa untuk menempatkan tanaman di lokasi yang teduh, hingga tempat tanam jarang terserang air.

2. Perhatikan Suhu Tanaman

Adenium kerap disebutkan sebagai bunga padang pasir karena menyenangi wilayah kering. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan temperatur tanaman supaya masih tetap hangat.

  • Baca Juga : Pengertian dan 35 Jenis Bunga Keladi yang Perlu Dipahami

Bila temperatur tanaman berasa dingin karena itu kamu cukup alihkan tanaman ke arah tempat yang lebih hangat dan terserang cahaya matahari.

Hal itu karena, tanaman adenium yang didiamkan dingin dalam waktu yang lama akan cepat mati.

3. Pemberian Pupuk

Cara perawatan adenium selanjutnya ialah memberi pupuk cair pada tanaman ini tiap minggu sepanjang musim penghujan. Beri kombinasi kalsium, fosfor, dan nitrogen dengan perbedaan 20:20:20.

Kandungan itu bisa menolong percepat perkembangan bunga, daun, dan akar. Saat musim kemarau, kamu dapat memakai pupuk sawi.

Beri pupuk sawi saat musim kemarau datang dan pada tengah musim kemarau. Sesudah tanaman capai usia tiga tahun, kamu dapat hentikan pemberian pupuk cair.

4. Pergantian Media Tanam

Jangan lupa untuk melakukan pergantian tempat tanam. Ini harus dilaksanakan bersamaan perkembangan tanaman adenium makin besar dan berbunga lebat.

Tanaman jadi lebih subur bila kamu lakukan penggantian tempat tanam saat adenium telah tumbuh besar.

5. Wadah atau Pot yang Benar

Penggunaan wadah atau pot bisa mempengaruhi perkembangan tanaman adenium. Bila kamu memakai tempat yang dangkal, karena itu kamu akan memperoleh wujud bonggol yang gendut dan unik.

Masalahnya akar bunga kemboja jepang tidak mendapati banyak makanan pada bagian bawah tempat atau pot bunga, hingga mereka cari makanan pada bagian atas tempat.

Pemakaian tempat seperti polybag malah akan membuat akar jadi kurus dan panjang.

Polybag sanggup memuat media tanah yang banyak dan membuat akar terus tumbuh ke dasar polybag.

Bila kamu inginkan bonggol yang baik, kamu harus menanam ulangi tanaman ini ke tempat yang dangkal.

6. Sinar Matahari yang Cukup

Cara merawat adenium supaya berbunga lebat selanjutnya ialah simpan tanaman di lokasi yang terserang cahaya matahari. Hal itu karena, bunga ini memerlukan cahaya matahari yag lumayan banyak.

Pencahayaan yang banyak membuat cepat berbunga dan mempunyai tangkai daun yang lebih sehat. Taruh tanaman ini di bawah sinar matahari sepanjang 4 jam satu hari dan tanaman terus akan berbunga.

7. Sirkulasi Udara

Tidak hanya tanah, adenium harus ditempatkan di lingkungan yang higienis dan punyai perputaran udara yang bagus.

Bunga ini tidak sukai lingkungan yang lembab. Bila kamu menempatkannya di lingkungan yang lembab, tingkat kekebalan bunga adenium akan turun.

Mengakibatkan, bunga adenium rawan pada penyakit dan hama,

Demikian informasi dari BonsaiKita.com mengenai 7 ini saat merawat bunga adenium, dijamin dia akan tumbuh subur.

Bunga adenium juga dapat kamu kembangbiakkan dan jadi tempat usaha. Mudah-mudahan artikel ini semakin membuat kamu rajin merawat bunga adenium atau bahkan juga untuk yang belum mengetahui bunga ini dapat berminat untuk memiaranya!

3/5 - (4 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.