bonsaikita

Bonsai

Diposting pada

Bonsai – Jenis dari tanaman hias yang bentuknya menyerupai pohon tetapi ukurannya kecil dan ditanam di dalam pot dinamakan tanaman bonsai. Tetapi sebenarnya nama tersebut bukan nama jenis tanaman, melainkan sebuah teknik dalam membuat tanaman hias.

Namun kebanyakan orang menyebutnya demikian, sehingga banyak yang beranggapan bahwa bonsai adalah nama tanaman. Teknik membonsai adalah teknik membuat tanaman hias yang dengan mengerdilkan tanaman kemudian ditanami di dalam pot.

Asal Usul Tanaman Bonsai

Suatu seni dalam pembuatan tanaman diawali dari Negara Cina, tepatnya di masa pemerintahan Dinasti Tsin tahun 265-420. Pembuatan tanaman itu menjadi lebih populer di tahun 618an, ketika masa pemerintahan Dinasti Tang.

Kemudian di tahun 1280 sampai 1368an yaitu di masa pemerintahan Dinasti Yuan, teknik penanaman tanaman atau mengerdilkan tanaman pun semakin banyak digunakan. Sedangkan di Negara Jepang seni membuat tanaman hias ini mulai diminati banyak orang di sana pada tahun 1309.

Munculah nama bonsai yang asalnya dari Bahasa Jepang, artinya yaitu tanaman pot karena tanaman hias ini memang sengaja ditanam di dalam pot.

Karakteristik Tanaman Bonsai

Sebuah tanaman hias memiliki karakteristik atau ciri tersendiri yang bisa dijadikan bonsai. Berikut ini karakteristik dan ciri dari tanaman yang bisa dibonsai:

1. Memiliki Bentuk yang Indah Alami

Salah satu syarat mengapa sebuah tanaman ini adalah harus memiliki ciri atau tampilan yang indah. Misalnya dilihat dari segi daun, batang, buah, akar hingga bunganya. Dalam teknik tersebut muncul keindahan alami yang terlihat semakin menonjol.

2. Termasuk Jenis Tanaman Berkeping Satu atau Monokotil

Jenis tanaman hias yang indah harus merupakan tanaman berbiji satu atau monokotil, karena tanaman itu harus memiliki batang kayu keras yang disebabkan oleh kambiumnya.

Alasan lainnya mengapa harus jenis tanaman monokotil adalah menjadi tanaman yang mudah beradaptasi di ruang tumbuh sempit. Oleh sebab itu, tanaman yang mengalami pembonsaian akan ditanam di dalam pot.

Tumbuhan berkeping satu seperti misalnya pohon bambu dan kelapa juga berpotensi untuk dibonsaikan, tetapi tidak masuk ke dalam jenis tanaman bonsai sejati.

3. Memiliki Daya Adaptasi yang Tinggi

Secara umum, tanaman hias yang tersebut harus ditempatkan di ruangan supaya tanaman itu tak mendapat cahaya matahari secara langsung. Ditambah lagi tanaman ini harus disimpan di ruang tumbuh yang sempit dan terkadang tidak memperoleh asupan air yang cukup.

Itulah sebabnya tanaman hias yang digunakan untuk pembonsaian, harus memiliki daya atau kemampuan yang tinggi dalam beradaptasi.

4. Berumur Panjang

Diperlukan waktu yang tak sebentar untuk membuat tanaman bonsai menjadi sebuah tanaman hias yang indah. Proses pembuatannya terbilang lama karena pembentukan dan pertumbuhan tanaman ini memang sangat lambat.

Apabila kamu memilih tanaman hias yang umurnya pendek, maka prosesnya tidak akan selesai dengan prosesnya yang lama. Biasanya tanaman yang akan dihias adalah jenis-jenis tanaman liar yang umurnya juga panjang.

Keindahan tanamannya akan terus bertambah seiring dengan semakin tuanya tanaman tersebut. Harganya pun akan semakin tinggi jika usianya semakin tua.

5. Tahan dengan Segala Perlakuan

Supaya postur tanamannya semakin cantik walaupun disimpan di dalam pot, tentu tanaman ini harus siap dan kuat dengan segala macam perlakukan. Seperti misalnya pengikatan tanaman, pemahatan, dan sebagainya.

Apabila tanaman yang dihias tidak tahan dengan segala perlakuan itu, maka tanaman tersebut tak akan bisa menjadi tanaman bonsai.

27 Jenis Tanaman Bonsai

Ada banyak jenis tanaman hias atau liar yang bisa diolah menjadi bonsai, berikut ini jenis tanaman tersebut menurut bonsaikita.com. Yuk, simak urutan dibawah ini!!

1. Bonsai Azalea

(Foto : Pinterest)

Tanaman Azalea yang memiliki nama latin Rhododendrom indicum asalnya yaitu dari Negara Jepang. Warnanya merah muda cerah, dan enak dipandang apalagi ketika bagian-bagian bunganya sedang bermekaran.

Tanaman ini cocok sekali dibonsaikan dan dijadikan hiasan interior untuk ruangan di rumah. Supaya tanamannya tahan lama dan berumur panjang maka jaga selalu kadar kelembapannya dengan baik.

2. Bonsai Adeneum

Bonsai Adeneum
(Foto : Central Bonsai)

Adeneum asalnya yaitu dari negara-negara di wilayah Arab dan juga Afrika. Namun di negara-negara Asia seperti Indonesia, tanaman ini juga dapat dikembangbiakan dengan baik. Tanaman Adeneum memiliki warna bunga yang putih dengan warna dasar ungu yang sangat indah. Namun tanaman hias ini harus mendapat sinar matahari dan air yang cukup.

3. Bonsai Bougenville

(Foto : Sumatra Times)

Tumbuhan yang satu ini sering disebut dengan bunga kertas, dengan nama latin Bougenvillea glabra. Bunga-bunga yang dihasilkan dari tanaman ini cukup variatif karena warnanya juga beraneka ragam, seperti warna ungu, putih dan merah muda.

Tanaman bougenville lebih cocok dijadikan tanaman hias yang disimpan di dalam atau luar ruangan.

4. Bonsai Beringin

(Foto : Klik Hijau)

Pohon beringin di mata masyarakat Indonesia memiliki maknanya tersendiri, yaitu sebagai lambang dari ideologi negara yaitu pancasila. Batang dari pohon beringin yang diolah diperlakukan dengan sedemikian rupa, sehingga bentuknya pun lebih artistik.

Daun pada pohon beringin tersebut ukurannya kecil-kecil, sehingga mampu menambah nikai keindahan pada tampilan tanamannya. Beringin lebih cocok dijadikan hiasan interior atau ruangan.

5. Bonsai Pinus

(Foto : Pos Belitung)

Biasanya pohon pinus memiliki pertumbuhan yang menjulang tinggi, tapi sebenarnya pohon pinus juga bisa diolah dengan cara menanamnya pada pot berukuran kecil. Perlakukan pada tanaman ini dalam teknik pembonsaian akan menghasilkan bentuk indah dan unik.

Bagian daun jarumnya pun sangat indah, dengan perpaduan akar serta batang yang menambah nilai keindahannya.

6. Bonsai Cemara

(Foto : Marcas Flower)

Pohon cemara biasanya tumbuh dengan tinggi di alam tapi cemara juga bisa ditempatkan di ruang tumbuh yang sempit seperti pot. Bentuknya sangat indah untuk dijadikannya, tetapi pertimbangkan juga umurnya yang panjang ketika memilih pinus yang akan dihias.

Tanaman cemara bisa dijadikan interior atau hiasan rumah, atau bisa juga untuk eksterior di luar ruangan.

7. Bonsai Fuschia

(Foto : Pinterest)

Salah satu jenis tanaman hias yang mengalami pembuatan adalah tanaman fuschia, yang termasuk jenis tanaman yang sangat disukai oleh para pecinta hias.

Bentuk serta warnanya yang menonjolkan keindahan dari tanaman tersebut, membuat fuschia diminati oleh banyak orang. Sama halnya dengan cemara dengan pinus, fuschia juga bisa dijadikan interior untuk memperindah ruangan rumah.

8. Bonsai Wisteria

(Foto : Saflax)

Warna bunga pada tanaman Wisteria adalah ungu cerah yang bentuknya juga unik yaitu menyerupai tetesan air hujan. Wisteria juga direkomendasikan sebagai tanaman terbaik, bagi para pecinta tanaman hias.

Apabila kamu memilih wisteria untuk dihias, maka ganti tanahnya secara berkala supaya tanamannya bisa terhindar dari penyakit.

9. Bonsai Boxus

(Foto : Sobat Bonsai)

Nama latin dari tanaman ini adalah Boxus arlandi, memiliki akar kuat dan ukuran batang yang kecil, ditambah lagi pertumbuhan pada tanaman ini juga sangat lambat.

Akar pada tanaman boxus juga memiliki bentuk yang indah, dengan sentuhan teknik tersebut yang tepat bentuknya juga akan lebih artistik. Tanaman bonxus akan lebih indah jika disusun pada pot dan dibuat berjejer.

10. Bonsai Cemara Udang

(Foto : Bonkei Siwalan Club)

Tanaman cemara yang dihias ini sering dijadikan salah satu objek lomba dan menjuarai lomba-lomba tersebut. Tanaman cemara udang sangat terkenal dan banyak dicari serta dikoleksi oleh para pecinta tanaman hias, karena bentuk dari bonggol/batangnya sangat unik.

Bentuk bonggol dari cemara udang juga mengalami perlakuan tertentu sehingga menghasilkan bentuk lekuk yang indah. Alur dan kayu pada tanaman cemara udang ini juga keras dan bagus.

11. Bonsai Cemara Boabab

(Foto : Arsitur Studio)

Tanaman cemara jenis boabab berasal dari Negara Afrika dan juga Australia. Nama latin dari cemara boabab adalah Andansonia. Bentuk dari tanaman Boabab sangat indah, dengan ukuran bonggol yang besar dan daun berukuran kecil yang menghias bagian rantingnya.

Daun berukuran kecil pada ranting tersebut mampu menambah kesan artistik pada pohon tersebut.

12. Bonsai Anggur

(Foto : Anggurku)

Tanaman anggur yang merupakan jenis tanaman merambat tapi dikerdilkan, awalnya tanaman ini merupakan pohon besar. Tanaman anggur memang hidup dengan cara merambat, tetapi tanaman ini termasuk tanaman monokotil dan batang berkayu.

Namun tanaman anggur tetap cocok untuk dihias. Keunikan dari tanaman ini adalah terdapat buahnya, tetapi masih cocok dijadikan tanaman hias.

13. Bonsai Maple

(Foto : Bukalapak)

Keunikan dari tanaman yang satu ini adalah terdapat daun yang warnanya bervariasi, yang meliputi warna hijau, merah serta kuning. Daunya yang beraneka warna di suatu ruangan bisa menimbulkan kesan ceria, tetapi bisa juga diletakkan di dalam ruangan.

14. Bonsai Delima

(Foto : rumah123)

Biasanya buah delima dimanfaatkan untuk minuman atau bisa juga sebagai bahan-bahan untuk membuat produk kecantikan. Namun tanaman ini juga bisa dihias karena sangat cantik.

Pohon delima yang awalnya tumbuh dengan ukuran besar dan tinggi, dapat dikerdilkan dengan bentuk yang jauh lebih indah.

15. Bonsai Sakura

(Foto : Tokopedia)

Bunga sakura adalah berasal dari pohon sakura yang asalnya dari Negara Jepang. Pohonnya sangat cantik dan pada saat bunga-bunganya bermekaran warnanya akan berubah menjadi merah muda saat musim semi tiba.

Melalui proses pembonsaian, tanaman sakura juga bisa menjadi tanaman hias, tetapi dalam waktu yang tidak sebentar dalam mengkerdilkan pohon sakura tersebut.

16. Bonsai Anting Putri

(Foto : Central Bonsai)

Tanaman dengan bunga berwarna putih memiliki bentuk batang yang unik. Batang dari tanaman anting putri ini bentuknya lurus dan tegak, bersamaan dengan cabang lainnya yang ada di dalam pot. Tanaman ini cocok ditempatkan di manapun baik di dalam atau luar ruangan.

Apabila Anda memiliki anting putri maka bagian rerumputannya harus dibersihkan secara berkala.

17. Bonsai Santigi

(Foto : Bukalapak)

Tanaman santigi akan menghasilkan bayangan dengan bentuk unik apabila terkena cahaya matahari. Bentuknya juga mirip dengan miniatur pohon yang telah dikerdilkan. Terdapat banyak cabang kecil yang dihiasai dengan dedaunan yang ukurannya kecil.

Tanaman santigi lebih cocok jika disimpan di dekat jendela, karena akan memberi kesan klasik di suatu ruangan.

18. Bonsai Asam Jawa

(Foto : Pinterest)

Struktur pada tanaman asam jawa adalah berupa kayu batang yang kokoh dan tak mudah patah. Terutama ketika mendapat perlakukan saat proses pembonsaian, misalnya dengan cara diikat.

Itulah sebabnya tanaman asam jawa cocok untuk dihias karena pembentukannya pun tak terlalu sulit.

19. Bonsai Jeruk Kingkit

(Foto : Bukalapak)

Karakteristik dari jeruk kingkit adalah memiliki kayu yang dapat dihias. Tanaman ini menjadi pilihan para pecinta tanaman hias yang dibonsaikan, atau para kolektornya.

Bentuknya yang unik pada jeruk kingkit membuat tanaman tersebut dapat dihias dengan hasil yang berkualitas tinggi. Keunggulan lainnya dari tanaman jeruk adalah mudah tumbuh dan tahan dari segala macam perlakuan.

Daun jeruk yang ukurannya kecil dan buah yang juga berukuran kecil ini sangat indah, yang dihiasai dengan warna merah. Paduan antara akar, batang serta daunnya pun indah dipandang mata sehingga bisa dijadikan hiasan di dalam atau di luar ruangan.

20. Bonsai Kelapa

(Foto : ruparupa)

Tanaman kelapa pun bisa dan sering disebut dengan tanaman hias sejati, karena hasil dan bentuknya sangat indah. Jenis kelapa yang cocok untuk dibonsaikan diantaranya yaitu kelapa gading merah, susu, dan albino.

Jenis kelapa gading merah memiliki tampilan yang sangat cantik ketika dihias, karena hasilnya menjadi merah kekuningan.

21. Bonsai Rukem

(Foto : Contoh Bonsai)

Tanaman rukem adalah jenis tanaman yang paling jarang ditemui karena memang jarang ada orang yang menanamnya. Tapi walaupun begitu tanaman ini cocok jika dihias karena termasuk jenis tanaman endemik di Indonesia, yang tumbuh di Negara Indonesia.

Bentuk batang serta daun pada tanaman rukem ini terbilang unik.

22. Bonsai Murbei

(Foto : Shopee)

Tanaman murbei menjadi jenis tanaman yang banyak ditemui di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Pada tanaman murbei juga terdapat buah yang ukurannya kecil tapi bentuknya mirip dengan buah anggur.

Tanaman murbei pun berpotensi untuk melalui proses tersebut karena memiliki nilai seni yang tinggi, dengan harga jual yang juga tinggi.

23. Bonsai Jambu Biji

(Foto : Bukalapak)

Karakteristik dari tanaman jambu biji adalah memiliki struktur batang dengan kayu yang kuat dan halus, ditambah dengan akarnya yang indah. Buah jambu biji menjadi salah satu buah-buahan yang sangat diminati dan disukai oleh masyarakat Indonesia.

Jenis pohon jambu biji yang cocok adalah tanaman jambu batu.

24. Bonsai Lohansung

(Foto : Bennisobekti)

Tanaman Lohansung termasuk jenis tanaman liar dalam semak-semak, yang ternyata juga cocok dijadikan tanaman hias. Bentuk pohonnya mirip dengan pohon cemara yang menjulang tinggi dan memiliki tinggi yang mencapai 25 meter.

Daun pada tanaman lohansung bentuknya variatif sehingga mampu membentuk pohon yang berupa kerucut. Tanaman ini juga mudah ditemukan di Indonesia.

25. Bonsai Sawo

(Foto : Griya Bonsai Gresik)

Sawo adalah salah satu jenis buah-buahan yang juga disukai oleh banyak orang di Indonesia. Rasa buahnya manis dan enak sekali. Salah satu tanaman endemik ini memililiki karakteristik yang cocok.

Jika dilihat sekilas, bagian batang pada pohon sawo bentuknya biasa saja dan seperti batang pohon pada umumnya. Namun setelah melalui proses bentuk batangnya menjadi sangat indah.

26. Bonsai Sianto

(Foto : Tokopedia)

Tanaman sianto juga dikenal dengan tanaman ceri Brazil, yang asalnya bukan dari Brazil tapi dari Amerika Selatan. Sianto tumbuh di semak-semak dengan bentuk pohon yang mirip dengan kerucut dengan ketinggian hingga 8 m.

Bentuk batang, daun serta akarnya sangat unik apabila dibonsaikan.

27. Bonsai Kupah Landak

(Foto : Bukalapak)

Apabila sianto disebut dengan ceri Brazil, tanaman kupah landak disebut sebagai anggur Brazil. Karakteristik dari tanaman ini pun sangat cocok, karena tampilannya juga eksotis dan enak dipandang.

Bagian daunnya memiliki warna kemerahan dengan ukuran daunnya yang kecil-kecil. Saat diperlakukan sedemikian rupa ketika melalui proses pembonsaian, bagian batangnya akan berkelok dengan sangat indah.

Dari sekian jenis tanaman bonsai yang telah diuraikan di atas, kamu bisa pilih mana saja yang cocok untuk dibonsaikan dengan bentuk yang sangat indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *