Bonsai Wisteria

Diposting pada

Bonsai Wisteria – Sejarah bonsai wisteria berasal dari Korea, China, Jepang, dan timur Amerika Serikat. Dan paling banyak disukai di negara China dan Jepang.  Tanaman wisteria termasuk jenis tanaman bunga dalam jenis kacang atau fabaceae.

Bonsai wisteria mempunyai bunga yang cukup indah yang sering digunakan pada dekorasi pernikahan. Wisteria mempunyai warna bermacam-macam diantaranya ungu, putih, dan pink. Namun, yang sering kita jumpai berwarna  ungu. 

Bunga ini berasal dari tanaman menjalar yang panjangnya  20 sd 30 mtr.. Bunganya sendiri benar-benar cantik karena warna – warni dan tergantung panjang. Bunga histeria di taman – taman luar negeri memang tampil benar-benar cantik.

Taman semacam ini kerap dijadikan fasilitas untuk berpose selfie karena bunganya yang cantik itu kelihatan mengagumkan bila jumlahnya banyak. Walau cantik, tapi bunganya beracun dan jangan ketelan. Tanaman ini memunculkan mual, muntah dan sakit diare. Bunga ini dikenali sebagai bunga Fuji di Jepang dan dapat ditanamkan dengan bijinya.

Cara Membuat Bonsai Wisteria

Cara Membuat Bonsai Wisteria
Bonsai Wisteria

1. Pemilihan Bibit

Bibit wisteria yang ditanam dipastikan bisa tumbuh dan berakar. Bibit dipilih dari kualitas yang baik. Bibit diambil dari biji yang telah kering. Biji bunga ini sebetulnya telah kering sebelum jatuh dari pohonnya.

2. Media Tanam

Seperi bonsai yang lain, menanam bonsai wisteria awalnya dibutuhkan di tempat tanam dan tidak di media tanah langsung. Penanaman di tempat tanam khusus membuat kontrol pada bibit lebih gampang dilaksanakan.

Sebelum dapat ditanamkan, bibit kering kita rendam di air sepanjang satu hari. Dianjurkan untuk mengupas kulit luarnya lebih dulu. Kulit luar ini dapat kita hilangkan dengan dengan alat penghalus kuku di alat pemotong kuku kita.

Sesudah dipendam sepanjang 24 jam, air rendaman dibuang secara perlahan-lahan dan biji kita alihkan ke media kapas. Kapas ini cukup lembab saja. Kapas tak perlu terlampau basah dan tidak boleh terlampau kering. Bila sangsi, pelembaban dapat dilaksanakan dengan menyemprotkan kapas sama air.

3. Penyimpanan biji di kulkas

Bila media kapas barusan berada di gelas plastik, karena itu kita harus menutup media tersebut. Sesudah ditutup, kita taruh di kulkas. Saat yang dibutuhkan agar tunas tumbuh ialah 2 sampai tiga bulan. Lumayan lama bila dibandingkan biji tanaman lain.

4. Lakukan pemindahan bibit

Bila tunas atau akar sudah tumbuh, seharusnya kita nantikan satu hari kembali diletakkan dalam kulkas saat sebelum bibit kita alihkan ke pot. Ini berlaku untuk bibit yang ditanamkan di media kapas.

Bila bakalan telah kita tanam di pot, Bungkusnya harus kita buka dan bibit dipindahkan ketempat yang tidak terserang cahaya matahari langsung.

5. Media rambat

Bonsai wisteria ialah tanaman bonsai rambat, sehingga kita perlu membikinkan tempat untuk rambatannya.

Bila tunas tingginya telah capai 1 mtr., kita perlu tempat untuk dahannya agar dapat menjalar. Seperti tanaman rambat lain, kita dapat membuat tempat rambatan seperti keinginan kita . Maka, kesempatan percantik kebun benar-benar luas.

Cara Merawat Bonsai Wisteria

Yaps, selain cara membuatnya disini Bonsaikita.com akan merangkum bagaimana cara merawat bonsai wisteria yang dapa anda jadikan referensi untuk merawatnya. Apa saja ya?

1. Jaga Suhu

Tanaman tersebut sangat memerlukan bantuan dari cahaya sinar matahari sekitar 5 – 6jam/hari. Untuk suhunya sekitar 20 – 30’C. Mudah lah ya untuk di Indonesia!

2. Penyiraman

Untuk penyiraman bonsai wisteria tidak boleh terlalu kering dan basang, apalagi sampai tergenang air. Oleh karena itu Kalian harus sedikit hati-hati dalam melakukan penyiraman.

3. Pemberian Pupuk

Berikan pupuk yang mengandung mineral kompleks agar dapat merangsang pertumbuhan bunganya. Berikan pupuk umum interval dan nutrisi dari pakan daun rumput laut cair.

4. Pemangkasan

Untuk tahap terakhir ketika bonsai wisteria telah berbunga, pangkas di ujung tanaman tersebut agar bonsai tersebut lebih banyak tumbuh bunga dan dapat bercabang sesuai keinginan Kalian.

Harga Bonsai Wisteria

Terkait harga bonsai wisteria sendiri di Indonesia masih terbilang cukup murah berkisar 8.500,- sampai 550.000,- dibandingkan dari bonsai cemara, sakura, dan bougenville berkisar jutaan sampai puluhan juta rupiah. Berikut sedikit harga bonsai wisteria dari bebagai sumber.

  • Biji siap tanam : 8.500,-
  • Bibit umur 1 Bulan : 75.000,-
  • Bakalan bonsai wisteria : 150.000,-
  • Bonsai uk tanggung : 350.000,-
  • Bonsai wisteria jadi : 550.000,-

Yaps!! Untuk harga bonsai tidak dapat dipastikan tergantung dari jenis, bentuk, ukuran, umur, dan tentunya dari para pengkoleksi bonsai tersebut. Kenapa? Karena, tingkat kepuasan mempunyai bonsai adalah suatu kepuasan tersendiri ketika dapat memilikinya dan merawatnya.

Nah, demikian penjelasan yang telah dirangkum BonsaiKita.com dari berbagai sumber terkait pemahaman, cara membuat, cara merawat, sampai harga bonsai wisteria tersebut. Semoga bermanfaat ya guys 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *