Bonsai Tanaman Liar
Bonsai Tanaman Liar

Bonsai Tanaman Liar

Diposting pada

Bonsai Tanaman Liar – Pada umumnya, tanaman liar yang seringkali Anda temui itu bisa dijadikan sebagai bonsai dengan penampilan yang menarik. Sebelum membuatnya, cobalah lihat referensi dari bonsai tanaman liar. Supaya saat hendak melakukan proses pembuatan, bisa memahami bagaimana bentukan bonsai.

Beberapa Jenis Bonsai Tanaman Liar

media tanam
(Foto : Pinerest)

Perlu Anda ketahui, bahwa pohon yang biasanya sudah terlatih menjadi tanaman bonsai liar yaitu pohon yang usianya sudah lama dan juga tahan terhadap berbagai macam ganggunan secara berlebihan. Seperti layaknya pemotongan berlebih, toleran macam tanah serta tekukan (berkali – kali).

1. Pohon Jambu Biji

Dikarenakan bijinya yang selalu dibuang atau bahkan seringkali dijatuhkan oleh hewakan pemakan buah. Pohon jambu biji ini biasanya bisa tumbuh di berbagai macam daerah di Indonesia. Pada umumnya, dapat Anda temukan di beberapa kebun yang suasananya kering atau di persawahan.

Siapa yang menyangka, bahwa pohon jambu biji ini justru bisa dijadikan atau diubah menjadi tanaman bonsai siluet. Biasanya disebut sebagai bonsai tanpa memiliki daun yang elegan dan mewah. Bagian ranting yang terlihat rimbun, lebih memperlihatkan siluet yang unik dan menarik.

2. Pohon Kemuning

Tidak hanya jambu biji saja, Anda pun juga bisa menyulap pohon kemuning menjadi bonsai dengan tampilan yang jauh lebih menarik dan terlihat bagus dibandingkan dengan tanaman lainnya. Pohon yang memiliki wangi semerbak ini bisa ditanamkan pada pot yang dangkal, agar lebih estetik.

Pohon kemuning ini termasuk salah satu jenis tanaman liar yang biasanya mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Anda bisa menjadikannya sebagai bonsai tanaman liar, pilihlah yang umurnya terlihat sudah tua. Dikarenakan ketika sedang berbunga / berbuah, pohonnya justru terlihat estetik.

3. Pohon Kamelia

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pohon satu ini, mengingat pohon ini selalu dijadikan sebagai tanaman pagar. Pohon kamelia namanya, kini kamelia bisa menjadi suatu tanaman yang bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Itupun jika tau bagaimana cara membuatnya.

Bagi Anda yang ingin merangkai tanaman liar menjadi bonsai, pohon kamelia ini bisa dijadikan bahan terbaik. Dijamin, tampilannya akan jauh lebih unik dan menarik dibandingkan bonsai lainnya. Apalagi bunganya memiliki pembawaan warna merah muda terang yang sangat cantik dan juga indah.

4. Pohon Potaloka

media tanam bonsai
(Foto : Pinterst)

Pohon pitaloka dengan nama lainnya, loropitalum / chinese fringe flower. Termasuk ke dalam kategori tanaman yang memiliki daun berwarna merah. Menariknya, tanaman ini sudah cukup populer di Indonesia dan mempunyai banyak peminat. Mengingat tampilannya sangat indah sebagai hiasan.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini seringkali disebut sebagai pitaloka atau serut merah (karena bunganya berwarna merah). Bonsai tanaman liar satu ini bisa dijadikan atau diubah menjadi tanaman yang lebih cantik lagi.

5. Anting Putri

Pohon selanjutnya, bernama anting putri yang menurut informasi bisa tumbuh menjadi sebuah pohon dengan ukuran yang sedang. Tidak hanya itu saja, pohon ini juga dapat mengeluarkan bunga yang sangat cantik dengan warna putih bersih. Bentuknya pun juga unik, seperti bintang menjuntai.

Baca Juga : 5 Cara Belajar Bonsai Terbaik

Dengan karakteristik yang hampir mencapai kata sempurna. Menjadikan pohon ini banyak digemari oleh masyarakat. Apalagi para pecinta bonsai, mengingat saat mekar bunganya terlihat sangat cantik dan indah. Pohon ini bisa Anda jadikan sebagai tanaman favorit untuk dijadikan sebagai bonsai.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan rinci, mengenai bonsai tanaman liar. Sesuai dengan pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa banyak sekali pohon atau bahkan tanaman liar yang dapat diubah menjadi bonsai indah dan cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *