Bonsai Sisir

Diposting pada

Bonsai Sisir – Bagi penggemar tanaman hias, bonsai sisir memang menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai koleksi di rumah. Meskipun identik sebagai tanaman hias yang memiliki usia tua, namun ukuran yang kecil dan bentuknya yang unik membuat pohon sisir digemari oleh pecinta bonsai.

Karakteristik tanaman yang memiliki daun rindang berukuran kecil dan batang yang keras ini, menjadikan pohon sisir sangat cocok dijadikan tanaman bonsai. Pohon ini semakin unik karena batangnya berduri. Ingin tahu lebih lengkap? Simak ulasan di bawah ini, yuk!

Bonsai Sisir Adalah

Bonsai Sisir

Bonsai pohon sisir atau yang memiliki nama latin Kaliage, dan Cudrania chochinsintesis ini tanaman yang bentuknya bergerombol. Tanaman ini sangat unik karena tampilannya yang berwarna kuning cerah dan berduri, panjang, dan kaku.

Pohon sisir pada dasarnya memiliki berbagai jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tanaman hias ini memiliki jenis bunga berwarna putih dan hijau. Hal ini sangat mempengaruhi estetika tanaman hias jika dijadikan bonsai.

Tanaman ini memiliki akar cantik yang menjadi daya tarik tersendiri. Dalam proses pertumbuhannya, akar tanaman hias ini sangat mudah beradaptasi sehingga mampu berkembang dengan cepat. Tanaman yang memiliki daun kecil namun lebat ini, sangat indah dipandang.

Pohon sisir dapat ditemukan di daerah puncak gunung ketinggian 3/4 . Pada zaman dahulu, tanaman hias ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman. Bonsai sisir menjadi salah satu tanaman hias yang unik dan memiliki karakter akar yang sangat baik.

Kamu bisa menambahkan beberapa hal di dalam bonsai jenis ini, seperti lumut dan bebatuan sehingga semakin mempercantik tanaman. Kamu bisa menggunakan pot dengan ukuran serasi, sehingga dapat mempercantik tampilan bonsai kesayangan di rumah.

Cara Membentuk Bonsai Sisir

Bonsai sisir ini sangat mudah dibentuk menurut bonsaikita.com, sehingga kerap dijadikan tanaman alternatif yang dapat dibuat sendiri di rumah. Kamu bisa menghemat pengeluaran dan memperoleh untung jika menjual jenis tanaman ini. Berikut langkah-langkah membuat bonsai sisir yang dapat kamu coba di rumah:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Proses pembuatan bonsai sisir sama dengan bonsai dengan tanaman pada umumnya. Namun jika memiliki teknik yang tepat, maka pastinya akan memperoleh hasil yang maksimal. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. Bahan yang diperlukan adalah:

  • Bakal bonsai sisir terbaik
  • Tempat tanam (pot)
  • Media tanam (tanah yang dicampur dengan pupuk kompos)
  • Insektisida dan pestisida

Setelah bahan-bahan di atas telah terpenuhi, kamu juga bisa menyiapkan alat-alat seperti gunting, dan lain sebagainya.

2. Siapkan Bakal Pohon Sisir Terbaik

Memilih bakal pohon sisir terbaik dapat berpengaruh dalam bonsai yang akan dibuat, baik dari segi ukuran maupun dari segi ketahanan. Biasanya pohon sisir yang memiliki karakteristik bagus akan bertahan dalam jangka waktu lama.

Biasanya tanaman sisir lebih banyak ditemukan di daerah tepi sungai dan perbukitan. Kamu dapat berburu tanaman sisir dengan beberapa orang agar mudah ditemukan. Hal pertama yang dilakukan untuk mengambil pohon sisir ini adalah dengan mendongkel semua akar serabutnya.

Jika semua akar serabut didongkel dan ditanam ke media pot, maka hal ini akan memperlama kehidupan pohon tersebut, sehingga cocok dijadikan tanaman kerdil.

3. Sediakan Media Tanam

Setelah memiliki bakal pohon sisir yang terbaik, selanjutnya sediakan tanah dan kompos kemudian campurkan dengan perbandingan 2 : 1. Masukkan campuran tersebut dalam pot hingga ¼ bagian terisi oleh media tanam yang telah dibuat perbandingan tersebut.

Selain itu, pastikan untuk memilih tanah yang gembur, di sini kamu bisa menambahkan pupuk atau kotoran hewan agar bonsai dapat tumbuh dengan baik. Tanah yang gembur tentu memberikan nutrisi untuk bonsai.

Persiapan media tanam ini sebaiknya juga diimbangi dengan pot yang digunakan. Penggunaan pot yang sesuai dengan ukuran bonsai memberi daya tarik dan pertumbuhan yang leluasa, sehingga tanaman hias ini mendapat nutrisi yang sesuai kebutuhan.

4. Tanam Bakal Bonsai

Setelah media tanam sesuai, tanam bakal bonsai, kemudian biarkan terlebih dahulu sampai tumbuh dengan baik. Kamu bisa merawatnya kurang lebih selama 10 hari, kemudian beri pestisida agar tidak terserang penyakit. Biasanya pestisida yang digunakan adalah furdan bubuk.

5. Pembonsaian Tanaman

Setelah menanam bonsai, selanjutnya kamu harus menunggu tanaman sisir siap untuk dijadikan bonsai. Di sini mengatur besar kecilnya tanaman bonsai sisir disesuaikan dengan jangka waktu yang diberikan pada jenis tanaman tersebut.

Kamu dapat melakukan pemangkasan di setiap bagian ranting daun tanaman hias tersebut. Di sini kreativitas sangat dibutuhkan, karena dapat membentuk tanaman hias ini sesuai keinginan.

Jika ukuran dan pola sudah sesuai, kamu bisa melakukan pelilitan dengan kawat yang ukurannya disesuaikan dengan ranting pohon sisir. Membentuk batang sesuai keinginan ini memang terbilang mudah, kamu harus melilitkan kawat pada batang ketika batang mulai tumbuh dan kuat.

Pembonsaian ini dilakukan untuk memperoleh hasil terbaik pada bonsai kesayangan. Bonsai yang memiliki bentuk indah, tentu memiliki nilai estetika tinggi di kalangan pecinta tanaman hias. Tidak hanya itu, bonsai tersebut juga cocok diletakkan di bagian rumah manapun.

Bonsai Sisir Terbaik

Sebelum menjadikannya bonsai, pastikan untuk memilih jenis tanaman sisir terbaik agar memperoleh hasil maksimal. Tanaman hias satu ini identik memiliki batang yang kuat, daun yang rindang, dan berukuran kecil.

Jika ingin memiliki bonsai sisir terbaik, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyiram tanaman hias ini secukupnya, karena pohon sisir sangat kuat menghadapi berbagai cuaca meskipun berganti dalam waktu cepat.

Ciri-ciri bonsai sisir terbaik adalah memiliki daun berwarna hijau rimbun, memiliki duri yang panjang dan kaku, memiliki kulit luar seperti terbelah memanjang.

Bonsai jenis ini sangat mudah dirawat dan menjadi incaran pecinta tanaman kerdil di Nusantara. Biasanya tingkat popularitas kalangan pecinta bonsai ini memilih pohon sisir sebagai tanaman hias di rumah untuk meningkatkan mood.

Banyaknya jenis tanaman hias ini mampu memberikan alternatif pilihan bagi kamu yang ingin dua jenis berbeda, baik yang kecil maupun yang besar. Meskipun berbentuk bonsai, namun kamu tetap bisa memperkirakan ukuran untuk disesuaikan dengan taman di rumah.

Harga Bonsai Sisir

Bonsai memang mendapat dinilai tinggi di kalangan pecinta tanaman hias. Bentuknya yang unik dan daya tariknya memberi nilai lebih. Biasanya tanaman yang sudah lama akan turun harga di pasaran, namun berbeda dengan bonsai karena nilainya justru bertambah.

Kamu bisa memperoleh 1 bonsai sisir dengan harga mulai Rp. 150.000 hingga Rp. 4.900.000 untuk full setnya. Sedangkan untuk harga medium dibanderol dengan harga Rp. 365.000. Sebelum membeli, pastikan untuk melakukan survey terlebih dahulu agar menghindari penipuan, ya.

Jika ingin membuat tanaman hias ini sendiri, kamu juga bisa membeli benih biji bibit sisir dengan harga Rp. 237.500 dan merawatnya hingga memiliki nilai jual tinggi ketika sudah jadi.

Bonsai sisir memiliki bentuk yang indah dan unik, sehingga menjadi alternatif pilihan untuk pecinta tanaman hias. Dengan teknik perawatan yang tepat dari BonsaiKita.com, maka tanaman hias ini mampu menemani kehidupan kamu dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *