Bonsai Singkong

Diposting pada

Bonsai Singkong – Ubi atau singkong, jika berada di tangan yang tepat. Tentu akan menghasilkan keunikan dan daya tarik, termasuk bisa dijadikan sebagai tanaman hias bonsai singkong. Tidak hanya itu, cara tanamnya cukup mudah, juga menjadi alasan mengapa banyak yang mengoleksinya.

Tips Menanam Bonsai Singkong

Bonsai Singkong
Bonsai Singkong

Bagi Anda yang tertarik ingin menanam pohon bonsai singkong, layaknya tanaman hias yang menarik dan memiliki tampilan estetik. Disarankan terlebih dulu paham beberapa tips untuk menanamnya dengan mudah dan bisa tumbuh dengan tepat. Diantaranya yaitu:

1. Memilih Bibit yang Tepat

Pemilihan bibit yang benar, menjadi salah satu poin utama yang membantu proses pertumbuhan bonsai jenis singkong lebih bagus. Dipastikan akan bertahan lama dan kuat.

Oleh karena itu, jangan asal-asalan memilih bibit singkong untuk dijadikan bonsai. Namun harus lebih selektif mempertimbangkannya. Bertujuan agar lebih unggul, pastinya juga dapat membantu proses perawatan yang lebih lancar dan mudah.

2. Menggunakan Media Tanam Terbaik

Ketepatan dalam memilih media tanam, yang cocok untuk bonsai ini. Tentu saja juga sangat berperan penting. Oleh sebab itu, tidak boleh sembarangan untuk menentukan media tanam dalam penanaman tersebut.

Pertimbangkanlah beberapa hal, supaya bisa pertumbuhan bonsai dapat berjalan lebih cepat. Pastinya juga proses pertumbuhannya pun lebih mudah. Pastinya juga akan berpengaruh terhadap kelancaran proses bonsai itu sendiri.

3. Menentuan Pot dengan Tepat

Jika sudah memilih bibit dan media tanam dengan tepat. Selanjutnya Anda juga diharuskan untuk menentukan pot dalam menanam bonsai ini, tentu inipun juga akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang dari bonsai yang ditanam.

Disarankan sebaiknya menggunakan pot yang berbentuk kaki dan juga memiliki lubang pembuangan air. Lalu isilah pot dengan 4 lapis, yaitu batu di dasar pot. Campuran tanah serta bebatuan kecil dan lapisan. Selanjutnya diisi pasir, atau tanah lunak dan terakhir tanah cerul penuh humus.

4. Proses Penanaman

Adapun langkah selanjutnya yaitu menanam bakal tanaman singkong hias atau dijadikan bonsai pada pot tanaman. Dengan cara, cukup menancapkan batang bakal singkong di tengah-tengah pot. Kemudian siram menggunakan sprayer halus.

Pastikanlah jika air yang Anda gunakan bersih, serta tidak berlumpur dan tawar. Jika air mengalir ke bagian luar bawah pot, hentikaah penyiraman. Lalu simpan pot pada lokasi atau tempat yang teduh.

5. Perawatan Bonsai

Untuk membantu proses bibit singkong yang lebih cepat tumbuh, maka Anda dapat menutupnya memakai plastik transparan di awal pertumbuhan. Jika akar bonsai sudah tak tergoyahkan. Itu artinya sudah siap untuk dibentuk.

Anda bisa memakai tali dan kawat kuningan untuk mengatur tumbuhnya. Pada konsepnya hampir sama seperti saat Anda menggiring pertumbuhan pohon merambat lainnya. Hanya saja untuk tekanan yang diberi lebih kuat, batang tanaman singkong agak keras.

6. Pemangkasan Bonsai

Bisa menjadi bonsai hias yang menarik, tentu sebaiknya bisa melakukan pemangkasan. Rutin memangkas juga menjadi salah satu perawatan terhadap bonsai ini. Tapi ketahui bagaimana waktu dan cara pemangkasannya.

Dimana Anda harus memangkas serta memetik titik tumbuh singkong yang tak diinginkan. Caranya yaitu ranting atau dahan sedekat mungkin pada kuntum yang terlihat sehat. Lalu tutup lukabesarnya dengan parafin. Cara ini penting juga terbentuk tanaman hias singkong yang unik.

Menurut BonsaiKita.com pastikan sebelum memulai untuk mengoleksi tanaman hias bonsai singkong. Anda sudah paham bagaimana cara-cara yang tepat untuk menanam dan juga merawat, hingga memangkas pohon ini. Untuk menjadi tanaman yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *