Bonsai Sikas

Diposting pada

Bonsai Sikas – Bonsai sikas merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki harga cukup tinggi dipasaran. Satu diantara penyebab yang membuatnya dibanderol mahal adalah pertumbuhannya tergolong lambat. Selain itu juga termasuk ke dalam bonsai purba.

Harga dan Jenis Bonsai Sikas

Bonsai Sikas
Bonsai Sikas

Pada dasarnya, jika bicara mengenai harga maka jawabannya sangatlah bervariatif. Hal tersebut sangat bergantung pada jenis serta unsur lainnya. Terlebih, jenis tanaman hias ini tergolong memiliki status terhormat dibandingkan lainnya. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Jenis-Jenis Bonsai Sikas

Bonsai yang satu ini pada dasarnya memiliki beberapa jenis dan perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuatnya. Hal tersebut dilakukan agar menentukan seperti apa yang diinginkan. Perihal prosesnya, tidak ada perbedaan secara signifikan kecuali pembentukan.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Sejauh ini, Sikas memiliki kurang lebih 7 jenis. Beberapa diantaranya adalah Sikas Revoluta, Rumphii, Circinalis, Media, Siamensis, Pectinata, Micholitzii. Pada dasarnya, semua jenisnya suka dengan media yang tidak mengikat air. Pasalnya, Sikas tak suka kondisi lembap.

2. Harga Bonsai Sikas Terbaru

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa harga tanaman kerdil satu ini sangatlah bervariatif. Tercatat, Sikas ada yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Hal tersebut membuktikan jika Anda membeli jadi, maka tidak ada harga jual pasti.

Apalagi jika Anda membeli bonsai Sikas yang memiliki reputasi bagus. Dalam hal ini yaitu mencatat beberapa presentasi pada ajang perlombaan bonsai atau sejenisnya. Namun akan berbeda jadinya jika ingin menanamnya sendiri. Maka, cukup membeli bonggolnya saja.

Cara Mudah Membuat Bonsai Sikas Untuk Pemula

Terlepas dari harga bonsai Sikas, untuk proses pembuatannya pun bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun hal tersebut bukan berarti Anda sebagai pemula tidak dapat mencobanya. Berikut beberapa proses serta langkah-langkah pembuatan Sikas.

1. Menyiapkan Bibit Sikas

Sama seperti jenis lainnya, proses awal pembuatan Sikas yaitu menyiapkan bibit atau bonggol. Anda bisa mendapatkannya di toko penjual tanaman hias atau sejenisnya. Tahap pembibitannya terbagi menjadi 2 metode, Generatif serta Vegetatif.

Jika menggunakan metode generatif maka proses pembibitan berlangsung dari melakukan stek batang. Namun, pastikan umurnya sudah cukup serta ukurannya sedang. Cara kedua adalah vegetatif dilakukan dengan menggunakan biji yang berasal dari tanaman Sikas.

2. Proses Penanaman Sikas

Setelah menyiapkan bibit dan menentukan metode pembibitannya, langkah selanjutnya adalah persiapkan media tanamnya. Beberapa diantaranya yaitu campuran pasir, tanah hingga pupuk kompos ataupun kandang. Perbandingannya 1:1:1 lalu diaduk sampai rata.

Jika semua campuran sudah teraduk sampai rata, tahap selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam sebuah pot. Perihal ukurannya disesuaikan saja dengan besar kecilnya tanaman Sikas Anda. Tanam bibit ke dalam lubang pot, kemudian timbun serta padatkan kembali.

3. Proses Perawatan Sikas

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya Sikas tidak begitu menyukai Banyaknya kandungan air. Jadi, ketika melakukan proses penyiraman, lakukan saja secukupnya. Tak perlu setiap hari, yang terpenting kondisinya tetap lembap.

Tambahkan pupuk untuk memenuhi asupan gizi tanaman Sikas. Prses pemberiannya pun harus berlangsung secara seimbang antara organik dan non-organik. Berikan perlindungan lebih dengan menggunakan fungsida supaya tak ditumbuhi jamur.

Itulah tadi pembahasan dari BonsaiKita.com mengenai harga bonsai Sikas beserta jenis serta cara membuatnya. Selama prosesnya dilakukan dengan baik dan benar maka hasil yang didapatkan pun akan sesuai. Apabila tidak begitu mengerti, ada baiknya agar bertanya langsung ke ahlinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *