Bonsai Sidaguri

Diposting pada

Bonsai Sidaguri – Tak bisa dipungkiri bahwa bonsai sidaguri masih menjadi pilihan banyak orang untuk ditanam dan dibudidayakan. Hal tersebut dikarenakan tampilan serta bentuknya yang menarik. Namun ternyata bukan hanya itu saja alasannya, melainkan tanaman ini punya banyak manfaat.

Manfaat Bonsai Sidaguri yang Perlu Anda Ketahui

Bonsai Sidaguri
Bonsai Sidaguri

Rupanya, Sidaguri tidak hanya memiliki bentuk yang menarik serta tampilannya begitu cantik. Di dalamnya tersimpan berbagai manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan terutama. Hal tersebut menjadi alasan sebagian orang menanamnya. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Mengatasi Malaria dan Diare

Manfaat pertama yang diberikan oleh tanaman Sidaguri adalah mampu mengatasi penyakit malaria. Hal tersebut terletak pada daunnya karena mengandung alkoloid. Cara penggunaannya adalah meminum air yang sebelumnya telah diolah untuk dikonsumsi rutin.

Selain malaria, manfaat lainnya yang diberikan oleh daun Sidaguri adalah guna mengatasi penyakit seperti diare. Kandungan tannin yang ada didalamnya mampu membasmi bakteri. Seperti yang diketahui penyebab yaitu adanya aktivitas bakteri pada saluran pencernaan.

2. Meredakan Batuk dan Sebagai Obat Cacing

Kandungan alkoloid yang ada pada daun Sidaguri bukan hanya bermanfaat untuk mengatasi malaria saja tapi juga meredakan batuk. Seperti yang diketahui bahwa penyakit ini dianggap sepele oleh sebagian orang. Kini Anda dapat mengatasinya menggunakan olahan Sidaguri.

Jika Anda mengonsumsi minuman hasil olahan dari daun Sidaguri maka dapat mengatasi cacingan. Seperti yang diketahui bahwa cacing-cacing tersebut akan mengganggu pencernaan. Alhasil, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dicerna dengan maksimal.

3. Mengatasi Penyakit Kulit Dan Gigitan Serangga

Kulit merupakan salah satu bagian dari tubuh bersifat sangat sensitif. Hal tersebut membuatnya menjadi gampang rusak apabila terdapat gangguan seperti gatal-gatal. Kini Anda dapat mengatasinya menggunakan olahan daun Sidaguri dan hasilnya pun dijamin.

Tak jarang bahwa gigitan serangga bisa menimbulkan berbagai macam gejala dan menyebabkan ruang pada kulit. Terlebih jika serangga tersebut beracun sehingga cukup berbahaya. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan daun Sidaguri.

Cara Menanam dan Merawat Bonsai Sidaguri

Setelah memahami apa saja manfaat dari bonsai Sidaguri, mungkin Anda merasa tertarik untuk membudidayakannya. Perihal peoses penanaman dan perawatannya bisa dikatakan tidak begitu berbeda dari jenis lainnya. Berikut beberapa proses yang harus diikuti.

1. Proses Penanaman

Apapun jenis tanamannya, tahap awal yang perlu dilakukan dalam proses penanaman Sidaguri adalah menyiapkan bibitnya. Namun sebelumnya Anda perlu memerhatikan beberapa hal. Satu diantaranya adalah mengenai kualitas bonggol serta daya hidupnya.

Maksud dari daya hidup adalah kemungkinan besar mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebab, sebagus dan sebaik apapun prosesnya dilakukanmaka akan berlangsung percuma. Sebab, kualitas dari bibit atau bonggol sangat buruk, pada akhirnya mati.

2. Proses Perawatan

Sebelum masuk dalam proses perawatan pastikan bahwa media tanam yang digunakan sesuai dengan karakter tanamannya. Mulai dari pot, campuran tanah hingga porsinya. Jangan letakkan bonsai mudah dibawah paparan sinar matahari secara langsung.

Proses penyiraman dilakukan secara rutin namun perhatikan juga porsinya. Sebab, jika terlalu banyak kandungan air maka akan menyebabkan kebusukan terhadap akar serta tumbuhnya jamur. Pastikan bahwa kondisi meria tanamnya berada dalam kelembapan yang sesuai.

Itulah tadi pembahasan dari BonsaiKita.com mengenai beberapa manfaat yang dihasilkan dari bonsai Sidaguri besera cara menanam dan merawatnya. Pastikan bahwa Anda benar-benar memerhatikan setiap kebutuhan dari tanaman. Mulai dari asupan gizi hingga tahap pembentukan bonsai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *