Bonsai Sianto

Diposting pada

Bonsai Sianto – Tanaman Sianto ini berasal dari jenis Myrtaceae Amerika Selatan, tahanan satu ini juga sangat mudah hidup di semak-semak. Memiliki bentuk yang menyerupai seperti kerucut, membuat ciri khas dari bonsai Sianto ini, yang sering dijadikan sebagai tanaman bonsai, jika aslinya tumbuh hingga 8 meter.

Kenali Pohon Bonsai Sianto

Bonsai Sianto
Bonsai Sianto

Pohon bonsai jenis sianto ini cukup menarik dengan banyaknya peminat, terhadap tanaman jenis yang satu ini. Dengan pohon yang menarik dan tahan lama, juga menjadi alasan sangat cocok dijadikan bonsai, diantaranya yaitu:

1. Daun dan Bunga Sianto

Bonsai ini memiliki daun tunggal, dengan pangkalyang meruncing, sedangkan tepinya terlihat rata, dan pertulangannya menyirip. Ada lapisan semacam lilin, denganukuran panjang. Untuk daun mudanya memiliki warna merah tua. Jika daunnya dihancurkan, dapat mengeluarkan bau pengusir lalat.

Dan daun bonsai sianto ini juga digunakan sebagai teh dibeberapa bagian Uruguay. Bunganya punya warna kuning susu yang berukuran kecil-kecil. Dengan empat kelopak putih, serta benang sari berwarna putih. Sangat mencolok dengan kepala sari berwarna kuning.

2. Pohon dan Akar Sianto

Tanaman Sianto atau biasa disebut cherry Brasil tersebut, merupakan tanaman yang mencapai 8 meter. Tapi versi bonsainya dipastikan lebih mini yang cocok dipajang dipekarangan rumah. Akar tanaman ini sangat mudah untuk ditanam, sehingga cocok bagi siapapun ingin memulai merawat jenis ini.

Tanaman sering dijadikan pohon bonsai, sebab memiliki batang yang berwarna putih dengan keras. Bukan hanya itu saja, bonsai jenis sianto juga memilikiakaryang unik. Bahkan sangat mudah untuk ditanam hingga menambah keindahannya.

3. Buah Sianto

Pohon jenis ini bukan hanya punya bunga yang indah, akan tetapi juga memiliki buah. Bonsai Sianto atau dewandaru ini akan berbuah dan jika sudah matang, maka mempunyai warna merah tua agak kehitaman.

Selain itu, buahnya juga mempunyai bentuk bulat berlekuk-lekuk. Sedangkan buah ini juga punya biji yang kecil sangat keras dengan warna coklat.

Manfaat Bonsai Sianto

Tanaman bonsai jenis sianto, atau yang juga lebih dikenal dengan sebutan dewandaru ini bukan hanya dapat dijadikan sebagai tanaman hias yang unik dan menarik. Akan tetapi juga sangat kaya manfaat bagi kesehatan.

1. Bagi Kesehatan

Tidak heran jika tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman herbal yang pastikan sarat manfaat. Salah satunya jenis sianto ini mengandung sifat farmakologis sangat signifikan. Selain itu juga ada minyak atsirinya yang bersifat anti tumor, antihipertensi, analgesik serta antidiabetik.

Bukan hanya itu saja, tetapi telah menunjukkan adanya aktivitas antijamur dan antivirus. Sianto juga menunjukkan anti-inflamasi sangat signifikan, dapat digunakan secara umun sebagai obat untuk sakit perut tradisional, di Amerika Selatan.

2. Penyedap Rasa

Rasa buahnya yang manis agak sedikit asam, dapat dijadikan manfaat untuk tubuh. Dimana kegunaan buah ini yang dominan, ialah dijadikan penyedap dan basa di jelly atau selai. Buah ini sendiri juga kaya akan vit C dan sumber vit A. Pastinya vitamin ini sangat diperlukan oleh tubuh.

Dengan kaya akan vitamin yang terkandung didalamnya, membuat buah dari tanaman inipun juga menjadi konsumsi. Selain mengobati penyakit serius, juga memiliki cita rasa yang khas. Dengan banyak manfaat bisa didapatkan, maka Anda pun juga bisa merawat tanaman bonsai jenis ini.

Tunggu apalagi, segera tanam dan rawat tanaman menarik seperti yang dibahas BonsaiKita.com dan unik bonsai sianto yang kaya akan manfaat. Terbukti sangat cocok untuk dijadikan bonsai dan siap memperindah pekarangan rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *