Bonsai Serut

Diposting pada

Bonsai Serut – Berbagai tanaman hias yang ada saat ini memiliki keunggulannya masing-masing. Bagi para pecinta tanaman hias tentunya ingin mencoba mengoleksi tanaman hias yang variatif. Jika bosan dengan tanaman hias konvensional, maka pilih saja tanaman bonsai terbaik misalnya tanaman bonsai serut.

Namun seperti yang kita ketahui bahwa harga dari tanaman bonsai memang tidak murah, khususnya untuk tanaman-tanaman yang sudah jadi. Maka dari itu tak ada salahnya kamu menanam tanaman bonsai baru misalnya bonsai serut tersebut.

Bonsai Serut Adalah

Bonsai Serut

Salah satu jenis tanaman bonsai yang warna dedaunannya adalah hijau dengan batang dahan dan juga bonggol yang warnanya putih. Sebelum mulai dibonsai pohon serut ini merupakan jenis pohon yang ukuran daunnya kecil-kecil.

Ukuran dari buahnya pun sama kecilnya, berwarna hijau serta bisa berbunga. Tanaman atau pohon serut ini adalah jenis tanaman yang meranggas atau tanaman yang menggugurkan daun-daunnya. Memang ada beberapa jenis tanaman yang dapat meranggas atau menggugurkan daunnya, di saat-saat tertentu.

Seperti misalnya ketika musim kemarau tiba atau musim panas. Hal tersebut juga dialami oleh pohon serut. Tujuan dari aktivitas menggugurkan daun atau meranggas itu adalah untuk mengurangi kebutuhan air pada pohon itu sendiri.

Maka, apabila pohon bonsai kamu tiba-tiba kehilangan daunnya jangan khawatir, karena hal itu merupakan sebuah proses yang alami pada pohon serut. Apabila iklim dan musimnya sudah berganti dan lebih bersahabat, pucuk daun segar perlahan-lahan akan mulai tumbuh kembali.

Keunggulan tanaman bonsai dari pohon serut adalah usianya yang tahan lama. Usia bonsai ini bahkan bisa mencapai ratusan tahun, selama cara perawatannya dilakukan dengan telaten dan benar. Selain itu, apabila pohon bonsai jenis serut ini usianya semakin tua maka harganya pun akan semakin mahal.

Harga Bonsai Serut

Harga dari tanaman-tanaman bonsai memang relatif mahal, walaupun harga tersebut tetap bergantung pada jenis tanamannya. Harga dari masing-masing tanaman bonsai tersebut juga cukup bervariasi. Untuk jenis bonsai yang populer di kalangan para penyuka tanaman hias harganya akan lebih mahal.

Sama halnya dengan harga dari tanaman hias bonsai serut, yang terbilang mahal di pasaran. Harga minimumnya yaitu Rp.2.500.000,- sedangkan untuk kisaran harga yang paling mahal dari tanaman hias ini bisa mencapai Rp.50.000.000,-.

Ciri khas tersendiri dari bonsai jenis serut membuat harganya melambung tinggi. Tak heran bila jenis tanaman bonsai yang satu ini sangat diminati oleh para pencinta tanaman hias bonsai. Bonsai jenis serut yang sudah terbentuk atau sudah jadi biasanya sekitar Rp2.500.000,- sampai Rp.50.000.000,-.

Sedangkan untuk harga bibit atau yang baru dan akan ditanam, harganya jauh lebih murah yaitu 100 ribuan saja.

Cara Membuat Bonsai Serut

Berikut ini BonsaiKita.com merangkum beberapa cara jitu dalam membuat bonsai dari tanaman serut, yang dapat menghasilkan tanaman bonsai terbaik dengan tampilan yang bagus :

1. Pilih dan Persiapkan Dahulu Bahan-bahannya

Cara pertama dalam pembuatan serut adalah dengan memilih bakal atau bonggol serut dengan tepat. Caranya yaitu bisa dengan datang langsung ke toko-toko tanaman hias atau mengunjungi supplier bonsai supaya bisa mendapat bibit berkualitas tinggi.

Setelah itu pangkas bagian daun dari bonggol bonsai tersebut dengan memakai gunting tanaman supaya lebih rapi. Kemudian rapikan beberapa akar yang mengganggu di sana. Lalu cuci akarnya sampai bersih kemudian oleskan obat/pupuk untuk merangsang pertumbuhannya.

2. Memilih Media Tanam yang Tepat

Jenis tanaman bonsai sehat adalah tanaman yang tumbuh di media tanam yang tepat. Bonsai bukan merupakan tanaman hias konvensional, yang dapat ditanam dengan apapun. Ada teknik tertentu yang harus dilakukan misalnya dalam hal memilih media tanam.

Tanaman kerdil yang satu ini memerlukan upaya yang lebih banyak lagi supaya bisa tumbuh dengan sehat. Salah satu media tanam yang cocok untuk bonsai serut adalah tanah gunung, yaitu jenis tanah yang telah dicampurkan dengan humus dan pupuk organik.

3. Mulai Proses Adaptasi

Jika media tanamnya sudah ditentukan segeralah tanam bonggol seperti tanaman hiasa pada umumnya. Berikan tanaman itu sedikit waktu untuk beradaptasi dengan media tanam serta ukuran pot yang sudah tersedia.

Jika tanamannya sudah sehat kembali maka bentuklah tanaman tersebut dengan memakai kawat stainless steel. Perhatikan pertumbuhan akarnya, jika akarnya sudah tumbuh secara perlahan artinya tanaman bonsai sudah dewasa.

4. Membentuk Tanaman Bonsai

Jika semua langkah sudah dilakukan, maka kini saatnya untuk membentuk bonsai menjadi berbagai bentuk yang diinginkan. Sediakan kawat stainless steel dengan ukuran diameter 3 mm serta gunting kawat. Lilitkan kawat itu pada batangnya sesuai dengan bentuk yang kamu mau.

Pastikan proses pembentukannya sudah benar, dan dengan lebih lembut agar tanamannya tak mudah patah. Jika sudah, biarkan saja tanaman tumbuh dengan sendirinya. Namun kawatnya boleh dilepas jika tanaman sudah cukup besar, dan bentuknya sudah sesuai.

Cara Merawat Tanaman Bonsai Serut

Apabila proses pembuatannya sudah dilakukan, kini saatnya untuk merawat tanaman bonsai tersebut. Berikut ini beberapa cara mudah merawat tanaman bonsai dari tanaman serut:

1. Menyiramnya Secara Rutin

Supaya bonsai ini tumbuh dengan subur dan indah, maka siram setiap hari sekali saja yaitu di sore hari. Pastikan media tanamnya selalu dalam keadaan lembab.

2. Berikan Pupuk

Bukan hanya air, tapi tanaman bonsai jenis serut juga membutuhkan pupuk. Pupuk organik adalah jenis pupuk yang diperlukan oleh bonsai dan bisa menjadi pupuk terbaik. Tapi perhatikan juga dosisnya jangan sampai berlebihan, karena akan membuat dedaunannya mengering.

Pemakaian pupuk organik juga dengan cara disemprot adalah cara pemberian pupuk yang tepat agar bonsai tumbuh dengan sehat.

3. Penyimpanan Tanamannya

Sebaiknya simpan bonsai di bawah sinar matahari yang cukup, karena matahari sangat dibutuhkan untuk proses fotosintesis. Tapi bagi bonsai yang masih kecil sebaiknya tidak disimpan di bawah cahaya matahari secara langsung, karena tanaman akan lebih cepat kering.

4. Pangkas dan Lindungi Bonsai dari Hama

Proses pemangkasan dan perlindungan bonsai dari hama adalah cara merawat bonsai yang paling penting. Hama menjadi faktor utama yang merusak dan mengganggu tanaman bonsai. Hama juga bisa membuat bonsai jenis serut ini cepat mati.

Pemangkasan dan perlindungan dari hama ini setidaknya dilakukan setiap dua kali dalam seminggu.

Bonsai Serut Termahal

Harga tanaman bonsai yang paling mahal di Indonesia bisa mencapai milyaran rupiah. Ada banyak jenis bonsai yang dihargai dengan sangat tinggi, termasuk tanaman bonsai serut tersebut. Kisaran harga bonsai pohon serut bisa mencapai 50 jutaan rupiah.

Namun harganya bisa lebih dari itu apabila cara perawatannya benar dan hasil serta bentuk dari bonsai tersebut juga sangat bagus. Ditambah lagi dengan usia bonsai yang semakin tua, karena bonsai yang usianya lebih tua akan dihargai dengan lebih mahal lagi.

  • Simak : Karakteristik Bonsai Terbaik yang Menawan

Bagi para pecinta tanaman hias bonsai bisa membuat sendiri bonsai jenis serut di rumah seperti yang dijelaskan situs BonsaiKita.com, jika dengan membeli harganya terlalu tinggi. Tapi jika kamu tak mau repot dengan proses pembuatannya yang tak sebentar bisa mencoba membeli bonsai dengan harga terendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *