Bonsai Sawo

Diposting pada

Bonsai Sawo – Mengingat buahnya yang memiliki cita rasa manis, menjadikan bonsai sawo ini banyak dilirik masyarakat. Banyak yang menjadikannya sebagai bonsai dan tanaman hias di pekarangan rumah. Selain pohonnya yang unik, buahnya bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara.

Cara Menanam Bonsai Sawo

Bonsai Sawo

Pada umumnya, proses penanaman bonsai sawo ini tidak jauh berbeda dengan menanam tanaman lainnya. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan supaya buahnya tumbuh banyak. Namun, jangan sampai keliru dalam menanamnya. Dikarenakan tanaman ini perlu perkiraan tepat.

1. Ukuran pada Tanaman Sawo

Sebelum masuk ke dalam pembahasan lebih jauh mengenai cara penanamannya. Anda harus mengetahui hal ini terlebih dahulu, ukuran yang kecil dari tanaman bonsai sawo memerlukan perhitungan yang cukup matang. Mengingat banyak orang yang lebih memilih bonsai di pot sedang.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Jikalau Anda ingin menerapkan cara tersebut, sebaiknya tidak perlu menggunakan biji untuk memulai tanam. Pakailah metode stek saja atau mungkin bisa juga pakai cangkokan. Dikarenakan metode tersebut mempunyai peluang yang cukup baik. Lalu sebelum menanam, pilih bibit unggulnya dulu.

2. Memilih Media Tanaman yang Baik

Setelah mengetahui informasi secara umum sebelumnya, kini saatnya Anda memasuki tahapan pemilihan media tanam yang baik untuk tanaman bonsai sawo nantinya. Pada umumnya, ada begitu banyak media tanam yang bisa dipilih sesuai keinginan, tapi tentu harus memaksimalkan unsur hara.

Jika semakin banyak unsur hara yang ada pada media tanamnya, tentu saja tanaman bonsai sawonya lebih mudah tumbuh. Setelah itu, menentukan ukuran pot juga perlu dipertimbangkan. Dikaranakan pot sendiri mempunyai pengaruh besar terhadap berbagai media tanam yang Anda pakai.

3. Pemilihan Pot untuk Tanaman Sawo

Jikalau Anda memilih pot yang memiliki ukuran cukup besar, ada kemungkinan bisa mengombinasikannya dengan berbagai macam media tanam yang cukup baik. Misalnya saja campuran antara tanah bersama dengan pupuk kompos lalu mencampurkannya dengan sedikit pasir.

Kombinasi bahan tersebut akan lebih memudahkan akar dari tanaman sawonya, supaya tanamannya bisa lebih mendapatkan nutrisi yang jauh lebih baik dan mudah serta mendukung pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Tentu saja ini adalah salah satu kelebihan kombinasi bahan.

4. Perbandingan Media Tanam Sawo

Sebelum menanam bonsai sawo, tentukan perbandingan media tanam pada tanaman tersebut terlebih dahulu. Biasanya pilihan terbaik memiliki perbandingan antara 1 : 1. Perbandingannya sendiri akan melibatkan pupuk kompos dan juga tanah yang tidak boleh terlalu basah agar hasilnya bagus.

Tidak hanya itu saja, campuran dari media tanam bonsai sawo seharusnya disesuaikan dengan tinggi dari dalam potnya. Supaya nantinya di bagian atas akan ada sedikit kosong sebagai media lain atau bahkan pupuk. Pada pot yang terdapat banyak lubang, Anda bisa menutupinya untuk mengurangi pembuangan media tanam.

5. Cara Menanam Bonsai Sawo

Perlu diketahui, bahwa tanaman sawo yang ditanam memerlukan perhatian yang cukup besar serta perawatannya yang lebih baik. Bibit yang asalnya dari hasil cangkokan, Anda harus membuat seluruh penutup. Supaya dapat memberikan ruang untuk akarnya agar selalu tumbuh di media tanam baru.

Jangan pernah menempatkan bagian akar bibit di bagian bawah pot, tanamkan saja di media tanam dengan jumlah sedikit pada bagian dasar potnya dan masukkan bibitnya. Kemudian, pastikan media tanam bersama dengan campuran tanah serta pupuk kompos tidak terlalu padat.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan informatif dari BonsaiKita.com mengenai bagaimana cara terbaik untuk menanam bonsai sawo. Sesuai dengan pembahasan di atas, Anda harus benar – benar memerhatikan tanamannya agar bisa tumbuh dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *