bonsai sancang

Bonsai Sancang

Diposting pada

Bonsai Sancang – Bagi pecinta tanaman hias, sancang menjadi salah satu alternatif pilihan karena tergolong dalam jenis tanaman yang memiliki banyak air atau paling basah. Biasanya jenis tanaman ini sering ditemui di persawahan dan menarik untuk dijadikan bonsai. Cara membuat bonsai sancang juga mudah.

Bagi yang ingin mengoleksi tanaman hias di rumah dengan harga terjangkau tidak perlu membeli, karena kini tersedia cara untuk membuatnya sendiri. Ingin tahu penjelasan lengkap tentang jenis bonsai satu ini? Cek dan simak ulasan bonsaikita.com di bawah, yuk!

Bonsai Sancang Adalah

(Foto : Shopee)

Sancang berasal dari kata ilmiah yaitu Premna Microphylla yang memiliki ciri daun hijau lebar dan tebal. Jenis tanaman ini sangat cocok dijadikan koleksi untuk hiasan di rumah.

Bonsai sancang terlihat sangat menarik karena tekstur batang unik dan akarnya yang sangat baik. Bagi pecinta tanaman mini, sancang memiliki daya tarik yang tidak dapat dimiliki dari jenis tanaman air lainnya. Kamu juga bisa menambahkan berbagai media tanam untuk mempercantiknya.

Bagi tanaman hias yang dikerdilkan, tampilan akan menjadi daya tarik utama sehingga dapat memukau orang yang melihatnya. Tanaman ini semakin terlihat cantik dengan hiasan berupa liukan ekstrim dan batu yang terdapat di sekitar potnya. Terlebih jika bebatuan di sekitarnya memiliki warna senada.

Karakteristik sancang yaitu memiliki daun-daun kecil yang memiliki jarak satu dengan lainnya. Daun-daun ini berwarna hijau tua dan melengkapi area batang yang ada di permukaan. Kamu akan menemukan batang-batang kecil yang dipenuhi oleh daun-daun yang bertumpuk secara alami.

Bagian batangnya sangat kokoh dan berwarna lebih cerah dibandingkan akar, sehingga memiliki kesan unik dan tampak lebih transparan. Tanaman ini memiliki akar yang muncul di bagian luar dan membentuk lekukan, sehingga semakin menonjolkan diri.

Agar tampilan bonsai sancang terlihat semakin bagus, kamu juga perlu menyediakan media tanam yang sesuai. Seperti memberikan tanah yang gembur dan pot yang berukuran lebih besar dibandingkan tanaman agar mampu menyimpan nutrisi lebih banyak.

Cara membuat dan merawat bonsai jenis ini sangat mudah, sehingga dapat dilakukan sendiri di rumah. Seni menanam tanaman bonsai seperti ini tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi pecinta bonsai, bukan?

Cara Membuat Bonsai Sancang

(Foto : CNBC Indonesia)

Tidak perlu membutuhkan teknik khusus, kamu bisa membuat bonsai ini dengan mudah. Tentunya dengan teknik bonsaikita.com khusus agar bonsai tumbuh lebih menarik, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Ingin tahu bagaimana?

1. Memilih Bakal Sancang Terbaik

Sebelum membuat bonsai, pastikan untuk memilih bakal sancang terbaik agar memperoleh hasil maksimal. Pilih bakal yang sehat dan memiliki ciri-ciri sesuai dengan tanaman yang baik. Hal ini tentu membutuhkan teknik khusus, bukan?

Bonsai jenis sancang terbaik tentu memiliki proses cangkok atau stek yang terbaik pula. Kamu bisa menyediakan tanah, pot, kompos, dan pupuk untuk menunjang pertumbuhan tanaman hias ini.

Sebelum membeli bakal sancang, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk memperoleh bakal sancang terbaik. Ciri-ciri tanaman terbaik pasti dapat terlihat, kamu juga bisa menanyakan pada penjual untuk memperoleh jenis tanaman yang sehat.

2. Menyediakan Media Tanam

Setelah memiliki bakal sancang terbaik, hal yang harus dilakukan adalah menyediakan media tanam sebagai tempat tumbuhnya tanaman hias ini. Caranya sangat mudah, kamu bisa mengisi tanaman hias ke dalam pot yang diisi dengan tanah dan campuran agar teksturnya gembur.

Setelah tanah dan campuran dimasukkan dalam pot, selanjutnya masukkan bakal sancai kemudian tutup lagi dengan tanah dan campurannya. Kamu bisa menandai tanah tersebut pada batas pot yang ditentukan, sehingga memberikan hasil yang maksimal.

3. Merawatnya dengan Baik

Setelah memberikan media tanam untuk bonsai sancang tumbuh dengan maksimal, kamu juga harus merawatnya dengan baik agar tumbuh cepat dan sehat. Merawat bonsai gampang-gampang susah, meskipun terkenal kuat namun kamu juga harus membutuhkan teknik khusus.

· Treatment Kulit Ari

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan bibit yang tahan lama dan sehat sehingga mampu bertahan dari serangan hama atau kutu. Kamu dapat melakukan treatment seperti membuang kulit ari yang telah mati.

  • Baca Juga : Pengertian, Karakteristik, dan 27 Jenis Bonsai Terbaik

Kulit ari dapat dihilangkan dengan mengamplasnya dari akar hingga batang. Hal ini dapat menghambat penumpukan kutu yang dilancarkan oleh penyerapan air. Tanaman hias ini pasti memiliki kulit ari yang mati sehingga dapat dihindari dari kutu penyerang.

· Penyiraman

Dalam proses perawatan, pastikan untuk menyiram air 2 kali sehari atau pagi dan sore. Jenis tanaman sancang membutuhkan banyak air, sehingga kamu juga harus memperhatikan kebutuhan air yang diperlukan.

Sebagian besar jenis bonsai tidak membutuhkan air, dalam hal ini kamu harus memberikan perhatian penuh untuk bonsai sancang agar tumbuh dengan sehat dan kuat. Contohnya seperti anting putri yang kuat bertahan di daerah panas dan kering.

· Lokasi Peletakkan

Dari segi daun, pastikan untuk memilih bonsai jenis sancang yang segar dan tidak layu. Untuk memperoleh hasil seperti daun yang cerah, pastikan untuk memberikan perawatan seperti diletakkan di daerah yang terpapar sinar matahari.

· Memupuk

Kamu juga bisa memberikan pupuk yang mengandung phospor, kalium, nitrogen, dan kebutuhan lain yang baik bagi tanaman hias ini. Kandungan penting yang harus ada dalam pupuk ini adalah kapur, besi, belerang, magnesium, dan lain sebagainya.

· Mengganti Media

Jika kamu sudah melakukan berbagai perawatan tersebut, pastikan untuk mengganti media tanam secara berkala. Karena media tanam yang lama pasti kandungan zat unsur haranya tidak tersedia lagi, sehingga dalam perawatan tanaman hias ini sebaiknya mengganti secara berkala.

Bonsai sancang Terbaik

(Foto : Taman Bonsai)

Bonsai sancang terbaik yaitu memiliki desain yang cantik, batang yang kuat, dan bentuk yang indah. Model bonsai paling banyak diminati adalah jenis tanaman sancang yang memiliki tunas dan daun yang rimbun, sehingga memberikan kesan menarik dan indah.

Kamu bisa memperoleh desain bonsai sesuai keinginan dengan melilit kawat di bagian batang pada saat proses pembuatannya. Biasanya pembentukan ini dilakukan untuk memiliki tanaman hias yang cantik dan indah.

Proses lilit dalam pembentukan bonsai ini harus dilakukan pada saat pertumbuhan dan batang yang sangat kokoh, sehingga dapat didesain sesuai keinginan. Meskipun sancang tidak memiliki bunga, namun daun-daun pada tanaman hias ini memberikan tampilan terbaik untuk dipajang di rumah.

Harga Bonsai Sancang

(Foto : Shopee)

Bonsai sancang tergolong salah satu jenis tanaman hias yang indah dan paling diminati. Oleh karena itu, harga satu jenis tanaman hias yang dikerdilkan ini sangat mahal. Kamu bisa memperoleh harga bonsai mulai dari Rp. 800.000 hingga Rp. 1.000.000 untuk satu pot saja.

Dibandingkan jenis tanaman bonsai lainnya, harga bonsai dari tanaman sancang memang terkesan lebih standar. Namun dengan satu set pot tanaman hias ini, sudah bisa mempercantik halaman rumah, bukan?

Kini bonsai sancang dapat menjadi alternatif pilihan hiasan rumah jika kamu ingin suasana baru. Tidak perlu memilih tanaman hias yang berbunga, dengan tanaman hias kandungan air tinggi juga bisa mempercantik rumah, kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *