bonsai sakura

Bonsai Sakura

Diposting pada

Bonsai Sakura – Di negara luar khususnya Jepang, pohon sakura dikenali sebagai pohon festival dan sebagai simbol kebahagiaan yang awet sampai kapanpun. Oleh karena itu, banyak masyarakat Jepang yang ikut menanam pohon sakura di tempat tinggal mereka untuk bisa mendapatkan suasana yang serupa, ditambah lagi pada musim semi.

Sakura Jepang dengan nama biologi Prunus Cerasoides merupakan sebuah tanaman bunga yang keberadaannya merupakan impor dari negeri Jepang. Warnanya yang merah muda pucat memang sangat cantik untuk dipandang. Selain itu, bunga satu ini baunya juga cukup harum. Pohonnya sangat cocok dijadikan sebagai bonsai sakura.

Oleh karena itu, banyak juga orang yang berpindah dalam membudidayakan pohon bonsai sakura. Sama dengan tanaman bonsai yang lain, sakura bonsai mempunyai ukuran yang lebih kecil dari pohon aslinya. Karena ukuran yang minimalis, perawatan pohon bonsai sakura ini tak perlu memerlukan tenaga sebesar menjaga pohon sakura asli yang memiliki ukuran lebih besar.

Beberapa Keunikan Bonsai Sakura

(Foto : Pinterest)

Saat Anda memilih bunga Sakura untuk dijadikan sebagai bonsai. Maka Anda harus mengetahui bahwa terdapat cukup banyak hal yang unik dari bonsai jenis satu ini. Berikut adalah macam-macam keunikan dari bonsai satu ini:

1. Memiliki Warna yang Indah

Sakura memiliki warna yang sangat indah dan cantik. Bau harum bunga sakura banyak disukai oleh orang-orang. Ini menjadikannya menjadi idaman bagi kaum perempuan. Harumnya sangat lembut dan tentunya menarik perhatian. Pohon bunga sakura tumbuh lebih kecil dibandingkan dengan pohon bunga Sakura yang ada di Jepang.

Maka dari itu, jenis pohon tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bonsai. Apalagi ketika bunganya bermekaran secara bersamaan. Ini tentu akan membuat tampilannya menjadi semakin bagus dan cantik.

2. Proses Pemeliharaannya

Keunikan berikutnya dari tanaman bonsai bunga Sakura ini adalah dari proses pemeliharaannya. Seperti yang sudah Anda ketahui, bawha bunga sakura berasal dari negeri Jepang, iklim di Indonesia berbeda sekali dengan negara satu itu.

Jenis ini cocok tumbuh di tempat dengan udara yang sejuk. Sedangkan Indonesia memiliki iklim tropis dengan udara yang sedikit panas. Untuk dapat membuat bonsai Sakura tetap hidup, maka Anda harus melakukan penyesuaian.

Caranya adalah hanya meletakkan bonsai Sakura sebentar saja di area panas, sehingga tanaman ini akan tetap bisa tumbuh dengan baik.

3. Lama Tumbuh dan Mekar Bunga

Keunikan berikutnya yakni mengenai lama tubuh dan waktu mekar bunga Sakura. Di Indonesia, tanaman iklim sejuk satu ini bisa tumbuh dengan baik, asalkan perawatannya juga tepat. Waktu mekar bunga Sakura juga sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan saja.

Biasanya bunga Sakura akan bermekaran secara bersamaan pada bulan Februari dan juga Agustus. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena jika bonsai bunga Sakura mendapatkan perawatan yang baik dan tepat. Maka otomatis akan bisa menyaksikan mekarnya bunga ini setiap bulannya.

Teknik Supaya Bonsai Sakura Cepat Berbunga

(Foto : Pinterest)

Keindahan bonsai bahan tanaman ini akan naik mencolok saat mulai tumbuh bunga. Banyak yang bertanya seperti mana teknik kita untuk menumbuhkan bunga sakura yang memiliki ukuran masih kecil? Sebenarnya tidaklah sulit. Yuk, simak pembahasan di bawah ini.

1. Lakukan Pruning Daun Secara Teratur

Saat daun tua tidak ada, maka segera tumbuh tunas-tunas daun yang baru. Kita bisa memruning daun daun itu agar tumbuh secara cepat.

2. Pemberian Pupuk

Tentu saja pemberian pupuk benar-benar menolong di proses ini. Dan dari hal itu selang beberapa saat akan pohon ini keluarkan kuncup bunga setiap puncak sisi daunnya. Baiknya Bonsai bahan pohon kaliandra. Pemberian pupuk umumnya saya pilih merk decastar untuk mempercepat pemulihan tanaman bonsai.

3. Penyiraman dan Bentuk dengan Kawat

Perawatan Sakura dapat Anda lakukan dengan penyiraman. Bentuk seperti keinginan Anda dengan kawat lunak hingga tidak menghancurkan kulit tangkai. Bebaskan kawat dan pinggirkan gundukan tanah supaya membuat tanaman ini mempunyai akar yang cantik dan tangkai yang unik.

Jika cara itu kurang berhasil, bisa disimpulkan tanaman bisa kekurangan gizi dari media tanam. Lakukan penggantian media tanam setelah kelihatan mengeras dan di rasa perkembangan sakura mulai melambat. Seharusnya supaya sakura tetap tumbuh dengan kondisi subur dapat kita lakukan pergantian media tanahnya tiap enam bulan sekali, dan pot nya harus juga diganti ke ukuran yang semakin besar dari sebelumnnya.

Demikian pembahasan mengenai bonsai Sakura yang telah dirangkum dari situs BonsaiKita.com. Bonsai jenis tanaman satu ini memiliki banyak sisi keunikan yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis bonsai lainnya. Selain itu, saat bunga Sakura bermekaran, harumya sangat menyeruak dan sedap sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *