Bonsai Red Panama

Diposting pada

Bonsai Red Panama – Bonsai ini juga menjadi salah satu incaran para kolektor bonsai. Bagaimana tidak, bonsai red Panama ini cukup unik. Jika menanamnya, maka serasa di negara maple. Cukup mengesankan, Apabila menanamnya. Bahkan perawatan yang mudah semakin menarik untuk dikoleksi.

Karakteristik Bonsai Red Panama

Bonsai Red Panama
Bonsai Red Panama

Siapa yang tidak kenal dengan pohon bonsai, menjadi tanaman favorit banyak orang. Selain mudah dirawat, tanaman ini juga terbilang mampu bertahan lama. Jika tertarik ingin merawatnya, cobalah untuk mengenal pohon ini terlebih dahulu. Di antaranya yaitu:

1. Tinggi Pohon

Untuk ukuran pohon bonsai red Panama, atau juga disebut sebagai red maple yaitu berkisar dari 15 hingga 40 cm. Pohonnya yang kecil, namun kokoh ini menjadi daya tarik tersendiri. Pohon ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman bonsai perawatan.

Pohon ini juga, mudah untuk dirawat, cukup rutin menyiram dan memangkasnya. Tentu tidak perlu perawatan ekstra, bila ingin merawat tanaman bonsai satu ini. Dengan ukurannya yang mendapat 40cm, cukup mudah untuk dijadikan hiasan di halaman rumah.

2. Daun Merah

Daun dari pohon bonsai red maple ini, tentu menjadi salah satu daya tarik, banyak kolektor bonsai yang ingin menjadikannya tanaman bonsai hias. Memiliki bentuk unik, layaknya daun maple, membuat Anda serasa sedang berada di tengah-tengah pohon-pohon maple yang tinggi.

Adapun untuk keunggulan dari daun red panama ini, yaitu semakinterkena sinar matahari secara langsung. Dapat dipastikan, akan semakin berwarna merah. Inilah yang jadi alasan, menariknya pohon red panama untuk dijadikan bonsai hias.

3. Tanaman Pohon Red Panama

Untuk bonsai red maple atau red panama ini, dapat bertahan hidup diberbagai lahan, termasuk juga di tanah kering, atau di rawa-rawa. Sebenarnya, bonsai red maple bisa tumbuh pada daerah tropis, tidak terkecuali di Indonesia.

Sedangkan getah yang ada di tanaman bonsai red maple ini, memiliki banyak dimanfaatkan. Bahkan dapat dijadikan bahan untuk pembuatan sirup yang manis. Terbukti banyak digunakan.

Cara Menanam Bonsai Red Panama

Cara Membuat Bonsai Red Panama

Meski terbilang sulit untuk ditanam, tapi bukan berarti tidak bisa menanamnya. Asalkan paham caranya, dapat membantu bisa lebih mudah dan berhasil menanam bonsai ini. Seperti dibawah ini:

1. Cara Menanam Red Panama

Untuk benih bonsai ini, jika hanya dibiarkan di tanah. Tentu memerlukan waktu bertahun-tahun bisa berkecambah. Dengan begitu, kikislah bagian cangkang yang keras ataupun cangkang benih. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggesek pangkal benih pada benda tajam.

Selain itu, juga dengan cara merendam benih di air hangat sekitar 24 jam. Lalu simpan benih di ruangan hangat, sekitar 20 sampai 30 derajat Celcius. Kemudian pindahkan benih red panana ke kantong plastik bisa dibuka tutup. Terlebih dahulu isi kantong plastik dengan media tanam gambut atau lainnya.

2. Proses Kecambah

Jika sudah mempersiapkan media tanam, taruh benih di kantong tersebut. Kemudian taruh kantong di lemari es. Periksalah benih yang ada sebanyak 2 minggu sekali. Disarankan hindari dari lumut ataupun pengeringan. Tunggulah hingga benih tumbuh serta berkecambah.

Terkadang, tanaman ini membutuhkan waktu hampir 180 hari agar dapat berkecambah. Jika benih sudah berkecambah, tentu bisa ditanam dalam pot ataupun di luar. Bila suhu udara lumayan hangat didalam tanah yang lembap.

Kecambah bonsai red maple atau red panama ini, harus ditanam di kedalaman 0,6 sampai 2,5 cm bawahtanah. Jangan biarkan media tanam menjadi kering. Lakukanlah penyiraman yang baik, agar tanaman mendapat nutrisi dengan cukup.

Dengan mengenal ciri dan cara menanam menurut BonsaiKita.com mengenai pohon bonsai red panama ini, akan membantu Anda berhasil merawatnya. Semoga bermanfaat ya gaes!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *