Bonsai Putri Malu

Bonsai Putri Malu

Diposting pada

Bonsai Putri Malu – Bonsai putri malu adalah salah satu jenis kreativitas baru dalam seni bonsai. Selain memiliki bentuk yang unik dan indah, bonsai putri malu juga memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan. Ingin tahu lebih lengkap? Simak ulasan di bawah ini yuk!

Bonsai Putri Malu Adalah

(Foto : YouTube)

Siapa sih yang tidak mengenal putri malu? Ya, salah satu tanaman yang jika disentuh langsung bergerak menutup ini sangat banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Putri malu memiliki nama latin mimosca pudica yang memiliki ciri khas unik.

Putri malu adalah pohon perdu jenis polong-polongan yang langsung kuncup jika terkena sentuhan. Pohon putri malu ini menutup daun hanya sementara, setelah beberapa menit putri malu ini akan kembali ke bentuk aslinya. Sangat unik, bukan?

Hal ini semakin menarik setelah channel Youtube Sarjana Bonsai yang menunjukkan koleksi tanaman hias bonsainya. Disini ditunjukkan bahwa terdapat bonsai putri malu yang sangat unik dan memiliki khasiat untuk kesehatan.

Dengan keunikan tersebut, chanel ini mendapat respon positif dari masyarakat khususnya pecinta seni bonsai. Oleh karena itu kini banyak sekali orang yang ingin memiliki bonsai putri malu sebagai hiasan dirumah.

Bonsai putri malu memiliki nama latin yang bernama wrightia religiosa, tergolong dalam 23 spesies tanaman bunga jasmin berbentuk daun berwarna hijau dengan ukuran kecil. Tanaman ini juga memiliki bunga yang menggantung, sehingga semakin meningkatkan keindahannya.

Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini telah menyebar di negara tropis seperti Asia Tenggara dengan berbagai macam nama. Biasanya tanaman ini banyak ditemui di persawahan palawija, di sepanjang jalan, lahan kosong, dan hamparan tanah luas di wilayah sekitar.

Cara Membuat Bonsai Putri Malu

(Foto : Bonsai Klasik)

Membuat bonsai putri malu sangat mudah, bahkan pemula saja pasti bisa membuat tanaman hias yang unik ini. Menggunakan alat dan bahan yang sangat sederhana, kamu sudah bisa menghasilkan tanaman hias yang unik dan indah ini. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan yang telah diringkas bonsaikita.com di bawah ini yuk!

1. Memilih tanaman putri malu

Bonsai adalah salah satu seni tanaman hias yang diadopsi dari Jepang. Jika ingin membuat bonsai putri malu, pastikan untuk memilih tanaman putri malu yang kuat dan sehat untuk dijadikan tanaman hias yang unik ini.

Putri malu tergolong dalam jenis tanaman yang dapat dijadikan bonsai, yaitu memiliki ciri-ciri tanaman dikotil, memiliki daya tahan yang bagus, serta memiliki usia yang panjang. Sehingga dapat dipilih sebagai salah satu jenis tanaman bonsai terbaik untuk dipajang dirumah.

Dalam proses pembuatan bonsai putri malu harus melalui pemotongan batang, berada di wadah atau pot dalam jangka waktu yang lama, penggunaan pot, dan minim nutrisi. Sehingga tanaman putri malu yang dipilih harus benar-benar sehat dan bagus.

2. Memilih media tanam yang tepat

Bonsai memiliki wadah tanam yang terbatas, sehingga nutrisi yang diberikan pada tanaman juga sangat terbatas. Adanya media tanam ini sangat berpengaruh terhadap tumbuhan bonsai yang dibuat agar tetap sehat dan hidup dalam jangka waktu lama.

Kamu bisa menggunakan pasir untuk mencegah air menggenangi akar terlalu lama. Jika menggunakan tanah sebagai media tanam, pastikan memilih jenis tanah merah atau tanah gunung yang memiliki tekstur gembur ya.

Agar tanaman bonsai putri malu buatan sendiri bisa hidup dalam jangka waktu lama, kamu harus menggunakan pupuk dengan kaya manfaat. Pupuk kompos mengandung unsur hara yang dapat meningkatkan kesuburan sesuai dengan tanaman asli.

Pupuk kandang berfungsi untuk memberikan nutrisi tambahan. Disini kamu bisa memilih pupuk kandang dari kotoran kambing yang sudah difermentasi atau sudah matang. Sehingga memberikan nutrisi yang cocok untuk tanaman bonsai kesayangan.

Pastikan untuk memilih media tanam yang subur dan gembur dan berukuran kurang dari 35 cm. Jika menanam tanaman bonsai, kamu juga harus memilih lapisan kedua yang bersifat lunak dan mampu menyalurkan air dengan baik. Sedangkan untuk lapisan ketiga campur dengan bebatuan.

3. Membentuk saat bonsai kuat dan tumbuh

Membuat bonsai putri malu bisa dibentuk sesuai keinginan sehingga menampilkan bentuk terbaik. Kamu sudah bisa mulai membentuk ketika batang bonsai sudah tumbuh dan kuat. Pertama, buatlah kerangka dasar atau bayangan bentuknya terlebih dahulu.

Kemudian gunakan bantuan beberapa alat seperti gunting dahan, bantuan kawat, tang, dan pisau. Potong bagian ranting yang tidak diinginkan, lalu ikat ranting lainnya dengan kawat kemudian arahkan tanaman putri malu sesuai keinginan.

Kamu bisa menggunakan konsep menggiring tanaman merambat yang menggunakan tiang. Disini pemakaian kawat berfungsi untuk menjaga ukuran batang tetap kecil.

4. Menyempurnakan bentuk bonsai

Bentuk bonsai yang sempurna adalah ukuran batang bonsai dan bunga seimbang seperti tanaman asli. Daunnya juga harus rindang dan lebat, sehingga mempercantik dan memberikan tampilan yang sehat bagi tanaman tersebut.

Cara membuat bentuk bonsai yang sempurna yaitu melakukan pemangkasan dan pemetikan titik tumbuh yang sesuai. Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada ranting yang paling dekat dengan kuntum. Bekas pemangkasan tersebut ditutup dengan paraffin agar tetap cantik.

Harga Bonsai Putri Malu Termahal

Seni membuat tanaman yang indah dengan bentuk mungil bernama bonsai putri malu tentu sangat dihargai. Besarnya nominal penghargaan untuk satu jenis bonsai ini tergantung dengan bentuk yang terlihat. Semakin rapi batangnya, maka semakin mahal pula harganya.

Pada dasarnya bonsai putri malu memiliki bentuk serupa satu sama lain. Hal yang membedakan adalah bentuk batangnya yang meningkatkan estetika jika dipajang dirumah. Harga bonsai ini pada dasarnya tergantung pada cara perkembangbiakan pohon.

Harga bonsai putri malu termahal yaitu Rp. 25.000.000 dengan kesempurnaan bonsai sancang gaya informal. Kesempurnaan untuk harga bonsai ini 100%, sehingga kamu akan memperoleh keindahan seutuhnya dari seni tanaman hias ini.

Bonsai Putri Malu yang Sudah Jadi

(Foto : Pinterest)

Jika sudah menjalankan cara pembuatan bonsai dengan tanaman putri malu di atas, maka tampilannya setelah jadi akan memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini.

1. Memiliki daun dan bunga yang lebat

Menanam bonsai putri malu memang sangat mudah, namun harus melakukan teknik tertentu agar memperoleh hasil maksimal. Kamu bisa menggunakan pupuk yang telah disarankan untuk mempercepat proses pertumbuhan bunga dan daun.

Jika penanaman bonsai ini berhasil, tentu bunga dan daun putri malu tersebut tumbuh dengan lebat di atas media tanam yang telah disediakan. Tumbuhnya bunga dan daun ini menjadi ciri khas ketika tanaman bonsai sudah jadi.

2. Liukan batangnya indah

Seni menanam bonsai terletak pada batangnya. Dalam proses pembentukan batang bonsai pasti kamu membutuhkan tingkat kreatifitas khusus agar memperoleh nilai tinggi di pasaran. Ciri khas bonsai yang sudah jadi adalah memiliki batang dengan liukan yang indah.

Bonsai putri malu memang sangat indah dan banyak khasiat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan kamu juga memilikinya dirumah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *