Bonsai Pule

Diposting pada

Bonsai Pule – Dari sekian banyaknya tanaman yang ada di Indonesia, ada salah satu jenis tanaman yang paling banyak disukai oleh pembudidaya dan juga pecinta tumbuhan lain. Namanya adalah bonsai pule yang memiliki ciri khas yang cukup unik dan menarik, mengingat batangnya yang sedikit gemuk.

Karakteristik Bonsai Pule

Bonsai Pule

Secara umum, bonsai pule atau berasal dari pohon pule ini mempunyai nama aslinya sendiri. Namanya adalah Alstonia Scholaris, salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam golongan pohon yang cukup keras dan mudah ditemukan di Sumatra dan juga Jawa serta memiliki banyak.

Manfaat Daun Bonsai Pule

1. Dapat Mengobati Malaria

Salah satu manfaat dari bonsai pule / pohon pule ini adalah pada bagian batangnya yang memiliki manfaat untuk mengobati malaria. Cara menggunakannya cukup mudah, kulit batangnya digiling lali serbuknya direbus dengan memakai dua takaran gelas air. Jika airnya mulai kurang jadi satu gelas.

Kemudian, saring saja air rebusannya dan minum sekaligus. Namun, di samping dapat mengobati malaria. Anda yang mengonsumsi air rebusannya tidak boleh makan sembarangan. Seperti harus menghindari makanan dengan cita rasa yang pedas dan juga asam untuk mempercepat sembuh.

2. Membantu Mengobati Diare

Selain mengobati malaria, kulit pada batang pule juga bisa membantu mengobati diare. Akan sangat bermanfaat jika Anda menyimpan dan membudidayakan bonsai pule ini di rumah. Jadi, tidak perlu repot lagi jika mengalami diare secara tiba – tiba. Cukup gunakan cara tradisional agar cepat sembuh.

Cara menggunakannya cukup rebus kulit batangnya saja sekitar lima belas sampai dengan dua puluh menitan. Setelah semuanya selesai, minum air rebusannya yang telah Anda saring sebelumnya. akan lebih nikmat lagi jika menambahkannya dengan madu supaya ada rasa manis.

3. Mengobati Luka Bernanah

Salah satu manfaat yang cukup penting dari bonsai pule ini adalah daun pohonnya juga bisa digunakan untuk mengobati luka yang bernanah. Cukup jadikan serbuk saja daunnya lalu taburkan serbuknya ke area luka tersebut. Namun, tentu saja harus dibersihkan dulu sebelum ditabur serbuk.

Anda bisa menggunakan metode atau cara tradisional ini paling tidak dua kali dalam sehari atau sampai luka bernanahnya sembuh. Tidak perlu khawatir, karena cara ini tidak memiliki efek samping apa pun. Jadi, aman – aman saja untuk masa penyembuhan luka yang mempunyai nanah.

4. Mengobati Penyakit Diabetes

Siapa yang menyangka, bahwa kulit batang dari pohon atau bonsai pule ini juga bisa bermanfaat untuk masa penyembuhan penyakit diabetes. Cara menggunakannya adalah Anda harus merebus kulit batangnya bersamaan dengan daun dari kumis kucing, pegagan, meniran, poncosudo.

Lalu tambahkan juga buah ketapang dan juga gula agar ada cita rasa manis dan tidak pahit. Kemudian, rebus semua bahan tersebut ke dalam air. Jika sudah matang, cukup konsumsi air rebusannya. Paling tidak lakukan hal ini dua kali dalam sehari, seiring berjalan waktu bisa sembuh.

5. Membesihkan Organ dalam Wanita

Pada bagian daun bonsai / pohon pule yang Anda rebus bersamaan dengan bahan rimpang jahe, manfaatnya mampu membantu membersihkan organ yang ada di dalam wanita. Cara membuatnya cukup mudah, campurkan kedua bahannya menjadi jugs.

Bisa juga ditumbuk sampai menjadi halus semuanya, setelah itu saring dan minum airnya. Anda juga bisa menggunakan cara lain, seperti menambahkan sedikit jahe, separuh buah pala, sepotong kunyit,. Lalu rebus bersama cuka encer di wadah tertutup rapat. Jika mendidih, minum selagi hangat.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan informatif dari BonsaiKita.com mengenai berbagai macam manfaat dari bonsai pule. Selain sangat cocok sebagai tanaman hias, bonsai tersebut juga penuh dengan manfaat penting untuk mengobati luka dan juga penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *