Bonsai Plastik

Diposting pada

Bonsai Plastik – Penasaran bagaimana tips membuat bonsai plastik dengan simpel? Plastik sebagai bahan paket yang paling terkenal dan seringkali dipakai. Tetapi, ketenaran plastik ini malah beresiko untuk manusia. Karena apabila sudah dibuang, bahan ini benar-benar susah untuk diuraikan.

Karena ketrampilan masyarakat Dusun Kejambon, Kota Tegal, plastik yang tidak berguna dapat didaur ulangi jadi hiasan pohon Bonsai yang unik dan menyejukan mata.

Bahan plastik pohon bonsai itu umumnya dibuat dari plastik laundry, sesuai warna yang dicintai. Untuk proses pembikinannya dengan diawali membuat kawat seperti tangkai dan ranting pohon.

Membuat Bonsai Plastik Simpel

Bonsai Plastik

Untuk membikin tanaman hias dari kantong plastik ini memerlukan beberapa bahan yang salah satunya kantong plastik tersebut selanjutnya daun plastik, kelopak bunga plastik, pot bunga, dan kerikil kecil sebagai pendukung hiasan. Beberapa langkah seterusnya seperti berikut ini :

1. Pilih Plastik

Pertama pilih plastik yang bakal dipakai sebagai lapisan dan apabila sudah karena itu persiapkan kelopak, daun, dan ranting yang nanti akan dibikin seperti bonsai.

2. Lelehkan Plastik

Lelehkan plastik itu pas di atas ranting dan diamkan semua permukaan ranting terbungkus dengan lelehan plastik yang nanti akan dipakai sebagai tangkai pohonnya.

3. Hias Daun

Jika telah karena itu tangkai pohon itu bisa dikasih hiasan daun-daun plastik yang bunga plastik dengan meluluhkan sisi ujungnya dan dilekatkan pada tangkai pohonnya.

4. Sesuaikan Pot

Masukkan tangkai pohon ke pot yang sudah disiapkan dan dihias plus tambahan kerikil. Kemudian baru tanaman bunga plastik ini bisa dijadikan percantik ruang Anda.

Membuat Bunga Bonsai Plastik

Berikut ialah langkah membuat bunga bonsai plastik dari kantong plastik. Adapun beberapa bahan yang diperlukan yakni kantong plastik sisa warna merah, kuning, dan putih yang dijadikan bunga.

Selanjutnya kantong plastik warna hijau yang dijadikan batang bunga. Kawat untuk batang, kertas karton untuk membikin skema, spidol, pensil, gunting, lilin atau korek, tang, dan binder klip. Langkah membuat seperti berikut ini :

  • Buatlah skema lingkaran dengan kertas karton berdiameter 14 cm. Apabila sudah karena itu tempatkan di atas lantai.
  • Hamparkan kantong plastik dan gunting dengan wujud persegi yakni dengan menggunting sisi atas dan bawahnya.
  • Lipat kantong plastik agar muat dengan skema lingkaran.
  • Jepit sisi beberapa sisi lingkaran untuk melipat kantong plastik yang berlebihan dan ini agar kantong plastik tidak gampang berubah.
  • Guntinglah kantong plastik sama ukuran yang sesuai lingkaran skema.
  • Jika telah karena itu wujud sampai jadi bunga dahlia dengan melipatnya sekitar 4 kali.
  • Gunting sisi ujung lipatan dan membuka kembali lipatan itu, apabila sudah karena itu hasilnya bisa menjadi 8 lekukan yang kelak akan dijadikan dasar mahkota bunga dahlia.
  • Siapkan lilin atau korek selanjutnya bakar sisi bagian lipatan dan panasi selanjutnya diamkan menggumpal. Ini dilaksanakan supaya bunga kelihatan lebih menguncup hingga tidak datar. Apabila sudah Anda pinggirkan dan pembakaran dilaksanakan sekitar jumlah helai mahkota yakni 15 buah yang nanti akan dijadikan sebagai satu.
  • Jika telah karena itu selanjutnya bikinlah putik dengan memakai selembar tersisa kantong plastik yang dibikin sama ukuran 7 cm x 8 cm.
  • Lakukan lipatan kembali sesuai ukuran lebarnya. Apabila sudah karena itu gunting sisi seginya sekitaran 0,3 cm dan janganlah sampai ke tengah supaya tidak putus.
  • Gunakan kawat dengan panjang 15 – 17 cm dan gulung bahan putik yang selanjutnya dililitkan pada kawat dan pelipatan bisa dilaksanakan dengan tang.
  • Jika telah karena itu putik dan kelopak bunga bisa digabungkan dengan menusukkan ujung kawat pas ditengah-tengah kelopak dan kemudian geser selanjutnya merapatkan sampai kuat.
  • Setelah itu pakai satu helai plastik dari tersisa guntingan sama ukuran lebar 3 cm dan panjang 15 cm untuk melilit sisi dasar mahkota.
  • Kantong plastik warna hijau bermanfaat untuk tutupi kawat yang dipandang seperti batang bunganya.

Jika semua langkah telah dijalankan dengan benar dan tepat karena itu bunga bonsai plastik telah jadi dan Anda bisa membuat beberapa batang untuk mempercantiknya.

Itulah informasi-informasi dari BonsaiKita.com yang bisa Anda kenali mengenai langkah membuat bonsai plastik serta bunganya. Anda bisa manfaatkan kantong plastik, sedotan, dan lain-lain perlengkapan plastik, botol plastik yang nanti bisa menjadi hiasan unik dengan nilai kreativitas yang tinggi. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *