Bonsai Pinang

Diposting pada

Bonsai Pinang – Pada umumnya, tanaman yang tidak banyak dilirik oleh masyarakat bernama bonsai pinang merah ini. termasuk ke dalam tanaman monokotil dan tergolong ke dalam kategori tanaman palem–paleman. Biasanya mampu memberikan manfaat berlebih, seperti dapat digunakan sebagai obat.

Informasi Mengenai Bonsai Pinang Merah

Bonsai Pinang

Sebagai tanaman hias, tanaman pinang merah juga memiliki manfaatnya sendiri sebagai tanaman obat. Di samping itu, Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman yang bisa dipajang di dalam atau luar rumah. Namun, sayangnya tidak banyak masyarakat yang tahu dan melirik untuk bisa dibudidayakan.

1. Ciri – Ciri Tanaman Pinang Merah

Sebelum masuk ke dalam pembahasan lebih dalam, kenali ciri – ciri dari bonsai pinang merah terlebih dahulu. umumnya, tanaman ini memiliki batang yang berbentuk oval dan juga tidak gemuk alias langsing. Sedangkan untuk bagian daunnya menyirip dan warnanya hijau tua.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Untuk pelapahnya sendiri memiliki pembawaan warna merah. Jikalau tanaman pinang merah ini tidak dijadikan bonsai atau menjadi tanaman hias di rumah, maka pertumbuhannya bisa mencapai 10 meteran dengan diameter batangnya sekitar dua belas centimeter. Sangat tinggi bukan?

2. Menanam Bonsai Pinang Merah

Perlu Anda ketahui, bahwa pohon atau bonsai pinang merah ini akan memiliki pertumbuhan yang bagus jikalau ditanamkan pada tanah berareasi baik. Kemudian, solum tanahnya tidak ada lapisan cadas / tanah laterik, lempung merah serta alluvial. Lalu bisa ditanam di tempat dengan curah hujan 750 – 4.000 mm per tahun.

Sedangkan untuk suhu tanamnya bisa sekitar 20 derajat celcius sampai dengan 32 derajat celcius, kelembapan udaranya 50 hingga 90%. Akan lebih baik lagi jika Anda memaksimalkan tanamnya dengan memberikan media tanam maupun tanah dengan keasaman pH sekitar 4 – 8.

3. Pemilihan Bonsai Pinang Merah

Kemudian, teruntuk bagi Anda yang ingin membudidayakannya. Pilihlah bonsai pinang merah yang memiliki benih, ukuran, berat buah dan juga umur yang baik. Untuk ukurannya sendiri, bisa memilih ukuran terbesar dari buah lainnya. Lalu bobot buah untuk disemai paling tidak sekitar 35 gram / butir.

Ada baiknya jika ingin buahnya disemai, usahakan Anda memilih buah yang kondisinya sudah matang secara fisiologis. Biasanya banyak ditandai dengan warna kulitnya yang orange atau umur 12 bulan. Pastikan juga bibit benihnya tidak mengalami atau terserang yang namanya penyakit apa pun.

4. Pemilihan Media Tanaman Pinang Merah

Setelah itu, jika ingin menanamnya di rumah Anda juga harus memilih media tanam yang baik pula. Seperti menggunakan media air yang nantinya akan ditaruhkan ke dalam media botol bekas. Lalu biji benihnya digantung di atas airnya. Bila tunas akar dan batang tumbuh, kupas kulit buahnya di batok.

Cara merawat bonsai pinang merah ini juga sama saja seperti tanaman lain. Kondisikan dan pastikan pemberian airnya tidak terlalu berlebihan, jika tidak ingin tanamannya mati dan busuk. Biasanya banyak yang beranggapan, bahwa bonsai ini sangat mirip sekali dengan bonsai belimbing / kelapa.

Cara Mengecilkan Ukuran dari Bonsai

Jika dirasa ukuran bonsai pinang merahnya terlalu besar, Anda bisa mengecilkan ukurannya menggunakan teknik sayatan pada pelepahnya. Kemudian, agar lebih bagus lagi batok pinangnya lebih baik diamplas halus saja.

Jikalau Anda tidak melakukan teknik sayatan tersebut sejak dini, maka bonsai pinang merah ini bisa – bias tumbuh menjulang tinggi walaupun dijadikan sebagai tanaman hias sekali pun. Apalagi akan sangat sulit mengecilkannya lagi, jadi harus hati – hati dan menyayatnya pun perlu ketlatenan.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga rinci yang telah diulas BonsaiKita.com mengenai artikel terkait bonsai pinang merah beserta dengan cara merawat dan mengecilkan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat memberikan referensi terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *