Bonsai Pepaya

Diposting pada

Bonsai Pepaya – Akan sangat menarik jika tanaman bonsai pepaya diletakkan di dalam rumah. Tampilannya pasti terkesan unik. Mengingat pohon berukuran kecil tersebut juga memiliki buah yang kecil, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai hiasan di ruang tamu atau teras. Namun, perawatannya harus serius.

Informasi Membuat Pohon Bonsai Pepaya

Bonsai Pepaya

Pada umumnya, pepaya bisa dijadikan sebagai bonsai sejak awal tanam dan juga pemeliharaannya. Agar bisa mendapatkan tanaman pepaya yang bagus serta maksimal, tentu saja proses perawatannya tidak bisa sembarangan. Anda harus telaten dan sabar supaya hasilnya lebih bagus.

1. Klaisifkasi Tanaman Bonsai Pepaya

Pepaya merupakan salah satu pohon yang memiliki cabang kecil, biasanya dapat tumbuh sekitar 5 hingga 10 cm dengan 1 batang. Anda bisa membuat tanaman pepaya ini menjadi ukuran mini dan dijadikan sebagai hiasan di dalam atau luar rumah.

Mengingat proses penanamannya perlu ketelitian dan memilih benih yang bagus. Apalagi pepaya ini memiliki jenis yang perlu Anda pilih terlebih dahulu. Mulai dari jantan, betina dan juga ada hermafrodit. Jadi, pilih dulu jenis pepayanya barulah memilih untuk menanamkannya ke dalam pot.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

2. Cara Membudidaya Bonsai Pepaya

Seperti yang telah ada pada pembahasan sebelumnya, bahwa pepaya ini umumnya memiliki tiga jenis kelamin. Jadi, sebelum membuat pepaya ada baiknya tentukan dulu jenis tanamannya. Khusus untuk kelamin jantan, biasanya menghasilkan serbuk sari. Di mana tidak akan bisa berbuah.

Lalu ada pohon pepaya berjenis kelamin betina yang mampu menghasilkan buah – buahan kecil, tapi tidak bisa dimakan kecuali Anda menyerbukinya. Terakhir, ada jenis pepaya hermafrodit yang bisa melakukan penyerbukannya secara mandiri. Setelah memilih kelamin, Anda tentukan potnya dulu.

3. Pertumbuhan Buah Pepaya

Perlu Anda ketahui, bahwa upaya dalam menanam tanaman bonsai pepaya ini biasanya akan ditanam ke dalam pot. Namun, tentu saja dengan upaya mengubah bentuknya menjadi kecil dari yang awalnya besar. Mengingat ukuran bonsai memanglah tanaman yang dibuat dengan ukuran mini.

Namun, tidak menutup kemungkinan tanaman bonsai pepaya ini bisa berbuah lebat. Walaupun batang pohonnya pendek, buahnya masih bisa tumbuh. Biasanya pertumbuhan buah dari bonsai satu ini memerlukan waktu sekitar tiga tahunan. Oleh karenanya, selama itu Anda harus merawatnya.

4. Teknik dalam Pemangkasan Bonsai Pepaya

Biasanya upaya teknik pemangkasan tanaman pepaya ini dilakukan ketika tanamannya sudah tumbuh di dalam pot. Umumnya, pemangkasan bonsai ini tidak dikhususkan untuk peremajaan tumbuhannya saja. Akan tetapi, juga dapat membantu untuk mempertinggikan produktivitas bonsai.

Cara melakukan pemangkasannya tidak begitu sulit, hanya saja atur kapan melakukan pemangkasan tersebut di waktu tepat. Ada baiknya bibit harus ditanam rapat dengan jarak 1.5 x 1.5 meter ketika sudah mulai berbunga paling tidak sekitar umur 4 – 5 bulan. Anda harus mencari tanaman yang ada bunganya, agar lebih baik.

5. Saat Memangkas Tanaman Bonsai Pepaya

Pada fase pemangkasan tanaman pepaya, Anda bisa memilih batangnya yang terlihat sehat dan kuat dan pangkas setinggi satu meter. Nah, bekas dari pemangkasannya bisa ditutupi dengan kantong plastik supaya tidak busuk.

Setelah itu, tanamannya harus diberikan pupuk kandang agar tumbuh lebih baik. Sedangkan untuk jumlah pupuk kandang yang bisa Anda berikan adalah sekitar 10 kg per pohonnya. Setelah pemangkasan, berikan air secukupnya saja jangan terlalu banyak.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara informatif dari BonsaiKita.com mengenai topik pembicaraan terkait cara membuat pohon bonsai pepaya dengan baik. Sesuai dengan pembahasan di atas, sebelum membuat tanamannya akan lebih baik tentukan dulu jenis kelamin pepayanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *