BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

26 September 2022

Bonsai On The Rock – Saat ini banyak fans bosai ynag ingin memperoleh sebuah bonsai dengan persyaratan watak yang unik di atas batu yang umum disebut dengan On The Rock.

Nach oleh karena itu agar semakin sekali kita mengetauhinya silakan untuk sedulor bonsai membaca artikel saya ini sampai habis ya.

Langkah Membuat Bonsai On The Rock

Bonsai On The Rock
Bonsai On The Rock

Pebonsai-pebonsai Indonesia mempunyai trick masing-masing saat membuat bonsai on the rock. Trick yang digerakkan sebetulnya tidak terlampau susah.

Bedanya berada di saat pembentukannya sampai disebutkan menjadi yang berbeda. Ada yang cepat, ada pula yang perlu cukup lama untuk dapat tercipta prima. Berikut ada 3 langkah untuk membuat.

3 langkah yang dapat dilaksanakan untuk membikin bonsai on the rock, yakni: menanam dalam tanah, menanam di kotak kayu dalam kantong plastik dan menanam langsung di pot.

Tipe pohon yang digunakan untuk style bonsai ini diputuskan yang mempunyai perakaran panjang dan banyak. Dengan perakaran semacam ini nanti akar-akar yang kelihatan terlihat kuat dan menarik.

1. Menanam di tanah

Persiapkan batu dan pohon akan bonsai. Lekatkan batu pas di bawah tangkai akan bonsai. Tata akar-akar tanaman agar mencekram batu.

Agar masih tetap menempel kuat, ikat dengan kawat. Seterusnya tinggal ditanamkan ke tanah.

Agar tanaman tumbuh subur, lubang tanam dikasih pupuk kandang. Langkah penanaman sama dengan saat menanam tanaman yang lain dalam tanah.

Arah penanaman semacam ini agar akar-akar menempel pada batu dan cepat besar tanamannya.

Kerjakan pemotongan dan pembangunan tanaman bonsai dengan teratur sampai lebih kurang 6-12 bulan.

Jika akar sudah mencekram kuat pada batu, tanaman bonsai bisa diambil dengan mengeruknya secara berhati-hati. Bonsai di atas batu siap diatur pada tempat yang sudah dipersiapkan.

2. Menanam di kotak kayu

Trick yang lain membuat bonsai on the rock yakni masukkan akan bonsai yang perakarannya telah dibikin mencekram batu ke tempat kotak kayu yang sisi bawahnya tanpa alas.

Tempat ini seterusnya dibuntel dengan plastik yang lebih panjang dari kotak. Seterusnya, tempat dikasih pasir sampai dengan tinggi kotak kayu hingga seperempat sisi akar-akarnya tidak tenggelam.

Sisi akar yang terlihat seterusnya tertutupi dengan pasir yang ketahan oleh plastik. Sesudah usai tinggal lakukan perawatan yang teknisnya sama dengan memiara tanaman dalam pot.

Penyiraman yang kerap dilaksanakan akan membuat pasir-pasir pada bagian atas kebuang yang pada akhirannya akar-akar mulai akan terlihat.

Kejadian ini mengikuti kejadian alami di alam yang bebatuannya alami erosi karena siraman hujan atau angin.

Tahap selanjutnya yakni buka kotak kayu pada salah satunya seginya. Bulan selanjutnya, buka kotak kayu pada segi lainnya sampai semua segi kotak kayu terangkut.

Akar-akar akan telah kelihatan mencekram batu dan panjang perakaran cukup capai media dalam pot.

3. Menanam langsung di pot

Trick ke-3 yakni membuat bonsai on the rock langsung menanam akan bonsai di atas batu dan ditempatkan di atas pot bonsai.

Sebelum akan bonsai ditanamkan di atas batu, batu ini diselimuti lebih dulu dengan tanah liat yang telah digabung humus.

Tempatkan perakaran di atas batu dan diatur agar terlihat menebar rata dan menjulur ke bawah sampai ke dasar pot berisi media.

Tahap selanjutnya, akar-akar ditutup dengan kombinasi tanah liat dan humus. Agar media tidak segera jadi kering, tutup dengan moss dan diikat dengan tali rafia.

Diamkan akar-akar tumbuh ke bawah sampai tembus media dalam pot.

Karena penyiraman, lama-lama tanah yang menempel akan kebuang sampai pada akhirannya cuma akar-akar yang terlihat sedang mencekram batu.

Nah, demikian informasi dari web BonsaiKita.com mengenai langkah membuat bonsai on the rock yang dapat kita tentukan. Gampang kan?

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News