Bonsai Murbei

Bonsai Murbei

Diposting pada

Bonsai Murbei – Ada banyak jenis pohon dan tanaman bonsai yang bisa dipilih untuk kemudian dirawat dan dipelihara dengan baik. Harganya yang mahal dan terus melambung tinggi, membuat tanaman bonsai banyak diminati. Misalnya pada jenis tanaman bonsai murbei yang juga bisa menghasilkan buah.

Dari sekian banyak jenis tanaman bonsai, bonsai pohon murbei ini menjadi salah satu jenis bonsai yang cara penanamannya mudah. Walaupun begitu, untuk memperoleh hasil yang maksimal pada bonsai ini terbilang sulit atau susah-susah gampang.

Bonsai Murbei Adalah

Bonsai Murbei
(Foto : Taman Bonsai)

Satu hal yang menyebabkan bonsai pohon murbei sulit menghasilkan tanaman yang maksimal adalah, karena bonsai ini biasanya habis dimakan oleh para ulat sutera. Daun dari pohon murbei memang selalu menjadi makanan utama dari ulat sutera tersebut.

Maka janganlah heran jika setelah menanam atau membuat bonsai pohon murbei, tak lama kemudian bagian daunnya akan habis oleh ulat-ulat sutera tersebut. Itulah penyebab utama mengapa bonsai ini tak bisa menghasilkan tanaman yang bagus.

Awalnya bonsai murbei berasal dari Negara Cina dan bisa tumbuh dengan baik di daerah ketinggian yang mencapai 100 mdpl. Pohon murbei juga menjadi salah satu jenis tanaman yang membutuhkan banyak asupan sinar matahari.

Murbei adalah jenis tanaman yang sering dibudidayakan, serta lebih suka hidup di area-area basah seperti misalnya di lembah atau lereng-lereng gunung. Namun dengan drainase yang baik dan sering ditemukan tumbuhan-tumbuhan liar.

Ada sekitar varietas atau jenis murbei di seluruh dunia, tetapi yang dikenal banyak orang hanya 6 varietas saja. Jenis tanaman berbuah yang berasal dari kelompok berry-berryan ini sangat menarik untuk dibonsaikan.

Tanaman ini tersebar luas di seluruh wilayah di Indonesia sehingga tidak sulit ditemukan. Kini, mulai banyak orang yang mencari tanaman murbei untuk dijadikan bonsai.

Harga Bonsai Murbei

(Fotp : Cahunit)

Walaupun tergolong jenis tanaman hias yang harganya mahal, tetapi bonsai yang satu ini termasuk jenis tanaman bonsai yang tak terlalu mahal. Kisaran harganya tidak mencapai puluhan juta rupiah seperti jenis tanaman bonsai lain misalnya bonsai meringin.

Untuk harga bibitnya sendiri tentu sangat murah, kisaran harganya yaitu antara Rp.75.000,- hingga Rp.200.000,- saja. Namun untuk harga tanaman bonsai murbei yang sudah dewasa harganya bisa sampai Rp.1.000.000,-.

Jika ingin mencoba menanam atau membuat bonsai pohon murbei, maka beli saja bibitnya. Kemudian dibuat dan dibentuk hingga menjadi tanaman bonsai. Namun memang akan memerlukan waktu yang lama, karena proses pembentukannya tidak mudah.

Tapi selama dirawat dengan baik maka hasilnya akan sesuai dengan harapan. Walaupun ada pengecualian untuk bonsai murbei ini, dengan bagian daunnya yang mudah rontok karena dimakan ulat.

Cara Membuat Bonsai Murbei

(Foto : Central Bonsai)

Bonsai dari pohon murbei ini bisa berbuah walaupun tanamannya sudah dikerdilkan dan dibonsaikan. Tak seperti jenis tanaman bonsai lainnya yang cenderung menjadi tidak berbuah ketika dibonsaikan. Dalam proses membonsaikan sekaligus membuat pohonnya berbuah juga tidak mudah.

Tetap diperlukan keuletan, cara yang tepat dan proses yang tidak sebentar. Jenis tanaman berbuah yang berasal dari berry-berryan ini memiliki cara hidup dan cara berbuah yang terbilang mudah. Namun perawatannya yang harus lebih teliti, lebih rutin dan lebih detail.

Walaupun tidak dirawat dengan baik pun, biasanya buahnya akan tetap tumbuh tetapi hasilnya kurang maksimal. Lain halnya dengan apabila perawatannya dilakukan dengan lebih cermat dan lebih baik, maka hasil buahnya pun akan lebih maksimal.

Selain itu, ciri khas tersendiri dari bonsai pohon murbei adalah buahnya yang unik, berwarna warni, kecil minimalis, dan sangat cantik. Itulah sebabnya tanaman murbei cocok sekali untuk dibonsaikan karena memiliki nilai estetika yang lebih.

Salah satu kemewahan pada tanaman murbei yang dibonsaikan tersebut, adalah bagian buahnya. Oleh sebab itu, buatlah perawatan yang benar dan telaten supaya pohon bonsai tersebut cepat berbuah dan menghasilkan buah yang cantik dan enak dipandang.

Cara Menanam Bonsai Murbei

Berikut ini beberapa teknik penanaman bonsai yang perlu dilakukan, dengan langkah yang tepat yang telah diringkas situs bonsaikita.com :

1. Pilih Lokasi Penanaman yang Tepat

Dalam memilih lokasi penanaman pada bonsai pohon murbei adalah harus memenuhi persyaratan bagian tanahnya, dan harus memilih iklim yang cocok untuk pertumbuhannya. Sebenarnya tanaman ini bisa tumbuh di segala jenis tanah baik di datarang tinggi atau rendah.

Namun keadaan tanahnya harus dilihat, apakah subur atau tidak. Misalnya berada di tempat yang ukuran ketinggiannya adalah 400-800 mdpl, memperoleh sinar matahari secara penuh, dan memiliki curah hujan 2500-3000 mm setiap tahunnya.

Prinsip dari bonsai murbei ini adalah akan tumbuh dengan baik apabila didrainase dan diaeresi dengan baik.

2. Pemilihan Bibit atau Persemaian

Jenis-jenis tanaman murbei yang bisa dikembangkan diantaranya yaitu morus nigra, alba, multicaulis, chatayana, dan kanva.

Lakukan pengadaan bibit dengan cara generatif dan vegetatif, atau yang lebih mudah dengan cara distek atau vegetatif karena akan lebih cepat, mudah, dan menghasilkan jumlah besar.

3. Penyemaian Bonsai Menggunakan Polybag

Pilih polybag yang ukurannya panjang sekitar 25-30 cm dengan lebar 15 cm. Kemudian isi dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang, dan kapur sedikit saja. Lubangi bagian bawahnya dan media tanam tersebut kini siap ditanami.

4. Cara Menanam Bonsai Murbei

Gunakan sistem lubang dalam penanaman pohon murbei tersebut, dengan jarak tanam yang paling umum digunakan yaitu 1 x 0.5 m, 1 x 0.4 m dan 0.5 x 0.5 m. Bagian dasar lubangnya diberi pupuk kandang atau kompos.

Robek polybag saat proses penanaman, dan bibit yang berupa puteran dimasukkan ke lubang lalu timbun dengan top soil kemudian tekan.

Bonsai Murbei Termahal

(Foto : Bukalapak)

Tanaman murbei sering dijadikan tanaman bonsai oleh para pecinta tanaman hias, karena nilai jual dan nilai seninya tinggi. Kelangkaan dari tanaman bonsai yang satu ini, membuat harganya menjadi lebih mahal. Harga paling mahal dari bonsai pohon murbei ini adalah sekitar 1 juta rupiah.

Harganya bisa lebih dari itu apabila hasil dan bentuknya lebih bagus, ditambah dengan buahnya yang lebih cantik. Jenis bonsai murbei arba menjadi salah satu jenis murbei yang paling banyak dibonsaikan karena banyak manfaatnya.

Salah satunya yaitu bagian buahnya yang bisa dinikmati dan dipetik, ditambah lagi dengan nilai estetika bonsai tersebut karena buahnya yang mungil-mungil dan cantik. Buahnya hampir mirip dengan anggur dengan ukuran yang lebih kecil tapi rapat.

Keunggulan lainnya yang membuat bonsai pohon murbei ini harganya lebih mahal adalah, usianya yang relatif lebih panjang dibandingkan dengan jenis tanaman bonsai lainnya. Perawatan pada tanaman bonsai ini lebih diutamakan untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Terutama di bagian buahnya yang biasanya menghasilkan buah yang kurang baik. Banyak orang yang mencari tanaman bonsai paling baik dalam jenis apa saja. Salah satunya yaitu bonsai murbei tersebut jika mereka lebih suka dengan keindahan pada bagian buahnya.

Tanaman murbei menjadi salah satu tanaman primadona yang bisa dibonsaikan, dan dihargai dengan nilai jual yang cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *