Bonsai Mirten

Bonsai Mirten

Diposting pada

Bonsai Mirten – Pohon mirten sebagai tanaman yang mempunyai performa dengan daun yang mengkilat atau bercahaya tapi mempunyai duri di pinggir kelopak daunya. Tumbuhan yang ini kemungkinan dilapisan warga umum jarang-jarang dikenali dan banyak yang tidak ketahui hingga kepopuleran pohon mirten kurang dijumpai oleh beberapa orang.

Berlainan dengan bunga atau tanaman hias lainnya tapi dilapisan pebonsai dan pencinta bunga tanaman mirten tidak asing. Bonsai marten mempunyai tangkai yang tidak besar dan tanaman ini terhitung yang cukup rajin berbunga, walau didalam pot. Tanaman bonsai mirten memang tersering dicari oleh beberapa pencinta tanaman hias.

Ini dikarenakan oleh karakternya yang banyak diminati orang. Tanaman ini mempunyai tangkai yang tidak demikian besar, tetapi keras, rantingya kecil – kecil, menjulur dan memanjang.

Kehadiran tanaman mirten tidak menyebar luas mugkin disebabkan ketidak tahuan warga dan kekuatan tanaman ini. Karakter Tanaman yang berkesan menarik dan menarik ini mempunyai harga jual yang cukup tinggi. Kenapa dapat begitu, silahkan kita saksikan bukti dari pohon mirten.

Jika dibandingkan dengan jenis tanaman hias lain, bonsai Mirten memang terasa masih asing di telinga. Namun siapa sangka pohon dengan nama latin Malphigia cogcigera ini ternyata memiliki nilai jual yang sangat tinggi ketika dibentuk menjadi bonsai.

Kurangnya informasi kepada masyarakat tentang potensi tanaman inilah yang membuatnya masih kurang diminati sebagai tanaman hias. Padahal dibalik daun-daun kecil berdurinya yang mengkilap, pohon ini mampu mendulang jutaan rupiah.

5 Alasan Dibalik Mahalnya Harga Bonsai Mirten

(Foto : Pinterest)

Meski masih belum banyak dikenal, kenapa ya harga bonsai dari Pohon Mirten ini bisa sangat mahal? Lebih baik kita langsung simak saja yuk rangkuman dari bonsaikita.com terkait beberapa hal yang mampu meroketkan harga bonsai dari tanaman yang satu ini.

1. Memerlukan Waktu yang Lama untuk Membentuk Batang

Bonsai dari Pohon Mirten terlihat begitu indah karena diameter batangnya bisa mencapai ukuran yang lumayan besar. Namun, untuk mendapatkan ukuran batang tersebut butuh waktu yang sangat lama, tak hanya beberapa tahun tapi bisa sampai berpuluh tahun.

Untuk itu, tak heran jika bonsai Pohon Mirten dengan batang yang besar harga jualnya bisa sangat mahal. Tak hanya batangnya, cabang pohon ini pun biasanya tumbuh dengan sejajar sehingga membentuknya untuk tumbuh ke arah tertentu agar terlihat serasi cukup sulit untuk dilakukan.

2. Budidaya Bonsai yang Sulit

Tak hanya proses pembentukan bonsai saja, budidaya bonsai dari Pohon Mirten pun sangat sulit. Apalagi budidaya yang dilakukan dengan cara merunduk akar dari tanaman yang satu ini. Selain dengan proses merunduk akar, Pohon Mirten bisa diperbanyak dengan menggunakan biji.

  • Baca Juga : Pengertian, Karakteristik, dan 27 Jenis Bonsai Terbaik

Namun, lagi-lagi bijinya lumayan sulit untuk didapatkan. Untuk bisa dibudidayakan, tanaman ini juga harus mencapai umur yang sudah tua terlebih dahulu. Jadi, tidak bisa asal-asalan dalam memilih bibit Mirten untuk dibudidayakan, apalagi dibentuk sebagai tanaman bonsai.

3. Akar Pohon yang Tumbuh Seragam

(Foto : Pinterest)

Selain ukuran batangnya, ada lagi bagian dari tanaman ini yang mampu melejitkan harga bonsai Mirten. Hal itu tak lain adalah akarnya. Pohon Mirten memiliki akar yang rimbun dan tumbuh dengan menyebar.

Seiring dengan batang pohon yang tumbuh besar, tentu akarnya juga akan semakin lebat dan seragam. Inilah salah satu kelebihan Mirten dibandingkan tanaman hias lain yang sering dijadikan sebagai bonsai. Wajar saja jika harga bonsai dari tanaman ini bisa sangat mahal.

4. Bunga yang Terlihat Menawan

Dari beberapa jenis tanaman berbunga yang bisa dibentuk sebagai bonsai, Mirten adalah salah satu yang bunganya terlihat begitu menawan. Tanaman Mirten memiliki bunga berwarna putih dengan putik yang berwarna kuning. Perpaduan dua warna tersebut mampu menghasilkan tampilan yang begitu elegan.

Bunga pada tanaman Mirten biasanya juga muncul secara serempak. Jadi, keberadaan bunga-bunga tersebut di atas batangnya yang besar terlihat begitu indah.

5. Jenis Pohon yang Langka

(Foto : Pinterest)

Mirten adalah jenis pohon yang cukup sulit untuk ditemukan. Apalagi jika Anda ingin mencari Mirten berbatang besar untuk dijadikan sebagai bonsai. Semakin langka sebuah tanaman biasanya harga jualnya akan semakin tinggi.

Untuk itu mereka yang ingin mengoleksi bonsai dari Pohon Mirten harus mempersiapkan budget yang banyak karena pemilik bonsai ini tentu akan menawarkannya dengan harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan bonsai yang lain.

Semakin sulit ditemukanya jenis tanaman mirten membuat sulitnya mencari bahan bonsai yang berukuran besar walaupun ada pasti tidak akan diberikan dengan cuma-cuma. Sehingga para kolektor bonsai untuk mendapatkan bonsai yang satu ini dengan diameter batang besar perlu merogoh kocek lebih dalam.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dibalik usaha bonsai. Maka, bonsai Mirten bisa menjadi salah satu jenis yang patut dipertimbangkan. Namun, pastikan Anda sudah siap dengan segala perawatan dan usaha yang keras untuk mengembangkan tanaman ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *