Bonsai Mawar

Diposting pada

Bonsai Mawar – Bonsai mawar akan kelihatan elok bila jadi hiasan rumah kita, apa lagi bila diimbangi dengan pot-pot yang unik dan aestetik. Kedatangan tanaman bonsai itu diperkarangan rumah bakal tampil elok, sama seperti kedatangan bonsai serut sebagai tanaman hias setiap pojok rumah kita.

Bunga mawar yang berduri ini sama seperti bonsai putri malu, yang komunitas asli di alam umumnya tumbuh lumayan tinggi. Apa lagi bila tempat hidupnya di alam, misalkan ada dipekarangan rumah tanpa pot. Bahkan juga dengan begitu itu, seringkali mawar tumbuh dengan arah yang tidak teratur, bahkan juga dapat kelihatan amburadul bila tidak dirawat secara baik dan durinya dapat mencelakakan bila kita meleng.

Dengan dijadikan bonsai, bunga mawar dapat tampil lebih memanjakan mata dan unik, bahkan juga tidak memerlukan lokasi yang terlampau luas.

Karakteristik Bonsai Mawar

Bonsai Mawar

Bunga mawar sebagai bunga yang memanjakan mata dan berbau yang wangi. Bunga ini kerap dipakai dalam beberapa momen khusus, misalkan seperti pertanda pernyataan cinta, untuk hadiah valentine, wisuda, anniversary dan sebagainya.

Ketika mau membeli, pastikanlah kamu sudah mengetahui deskripsi mengenai bonsai mawar karena tiap macamnya mempunyai karakter semasing.

Diambil dari buku dengan judul Mawar kreasi Lanny Lingga (2008:5), bunga mawar bukan hanya dipakai untuk beberapa acara tertentu saja. Mawar dipakai sebagai bahan khusus pembikinan minyak atsiri dan minyak wangi. Jadi tidak bingung bila tanaman yang ini dipandang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Jenis-jenis Bonsai Mawar

Dijumpai ada beberapa tipe varietas bonsai mawar yang dapat menjadi opsi sebagai tanaman bonsai. Berikut keterangan dari tiap-tiap tipe varietas mawar itu:

1. Mawar Musk

Bunga mawar musk mempunyai nama ilmiah Rosa moschata. Tanaman ini sanggup tumbuh menjalar sampai capai tiga sampai sepuluh mtr. Mawar tipe ini akan mekar seyiap akhir musim semi sampai musim luruh. Di sekitar biji di bawah daging buah pada tanaman ini ada rambut-rambut yang bisa mengakibatkan iritasi bila terserang kulit kita.

Selainnya dapat mengakibatkan iritasi di kulit kita, rambut itu bisa juga menyebabkan permasalahan pasa mekanisme pencernaan bila dikonsumsi. Oleh karenanya kita harus waspada bila menanam tanaman ini, apa lagi bila kita mempunyai anak kecil, penting diingat dan dipantau.

Bila bunga ini mekar, akan keluarkan wewangian musk yang demikian kuat yang dapat kita cium dari terlalu jauh. Karena itu, bunga mawar tipe ini serng dijadikan bahan pembikinan minyak wangi. Dan jenis musk akan sangat unik ketika dijadikan bahan bonsai mawar

2. Mawar Kubis

Tipe mawar ini, mempunyai nama ilmiah Rosa centifolia. Tipe mawar hibrida ini diperkembangkan semenjak era ke-17. Bunga ini benar-benar terbuail sama ukuran mahkotanya yang lumayan besar dan wewangiannya yang kuat. Nama mawar kubis dinberikan pada tipe mawar ini karena kelopaknya yang bersusun hingga seperti tanaman kubis. Untuk menjaga bunga mawar tipe ini dapat disebut cukup sulit bila dibanding dengan tipe mawar lainnya.

Tidak seluruhnya tempat pas untuk menanam tanaman ini, tanaman ini juga gampang terserrang hama dan penyakit. Meski begitu, bila kita menjaganya secara tepat, bunga ini akan tumbuh secara baik dan umumnya tumbuh di tiap musim semi atau musim panas.

3. Mawar Eden

Tipe bonsai mawar ini kerap dikenali bernama Pierre de Ronsard. Mawar ini dapat tumbuh bila ditanamkan yang mengandung air dan cahaya matahari yang cukup.

Tingginya dapat capai sampai 180 sampai 330 cm. Diameter bunga ini buuisa capai 10 cm dan jumlah mahkota bunganya dapat capai 70 lembar. Bunga ini biasa mekar di akhir musim semi sampai akhir musim panas.

4. Mawar Ganda Delight

Bunga mawar Ganda Delight ini sebagai hasil persilangan dari kultivar hybrid tea Granada dan Garden Party. Tipe mawar ini akan tumbuh secara baik dikondisi yang cukup lembab dan sedikit asam. Tinggi tanaman ini dapat capai sampai 90 sampai 150 cm.Bunga ini berdiameter pada mahkotanya sejumlah 10 cm dan petalnya sejumlah 30 lembar.

Wewangian bunga ini dapat disebut cukup unik karena mempunyai wewangian kombinasi di antara buah jeruk dan wewangian pedas. Berwarna bergantung dari berapa banyak sinar cahaya matahari yang ketangkap. Makin tanaman ini memperoleh cahaya matahari, warna putih pada bunga akan beralih menjadi merah yang diawali dari tepian mahkota.

5. Mawar Putri

Tipe mawar yang ini benar-benar gampang kita dapatkan di Indonesia. Bonsai mawar ini mempunyai cirikhas warna merah tua yang masuk ke kelompok bunga double karena memiliki benang sari dan putik. Bunga ini banyak dicari, hal tersebut karena bunga ini mempunyai wewangian yang lebih wangi dibanding dengan tipe mawar yang lain.

Disamping itu, harum dan kesegaran dari bunga ini dapat bertahan sampai sembilan hari sesudah bunga itu diambil. Tidaklah aneh bila kita dapat menemui penjual tipe mawar yang ini secara mudah.

Kita dapat secara mudah memperoleh mawar ini dari beberapa penjual tanaman hias. Selainnya kita dapat beli dari beberapa penjual tanaman hias, kita bisa juga menanamnya sendiri dihalanan rumah kita atau di dalam pot bahkan juga jadi bonsai.

Perawatan mawar putri ini trergolong gampang, sepanjang kita lakukan langkah setiap langkah mulai dari menanam sampai menjaganya secara benar. Dengan menanam sendiri mawar putri, kita bisa juga membuatnya dengan bebas.

6. Mawar Pertiwi

Warna merah muda jadi keunikan dari mawar pertiwi. Saat bunga ini mekar, diameternya dapat capai 8-9 cm dan panjang tangkainya dapat capai 5-7 cm. Secara umum tanaman bonsai mawar mempunyai duri yang lumayan banyak, tetapi mawar tipe ini berlainan, tanaman ini mempunyai duri yang lumayan sedikit.

7. Mawar Mega Putih

Ciri khas dari tipe mawar mega putih benar-benar kelihatan pada tepi mahkotanya yang mengeriting. Saat bunga ini mekar, ukuran diameternya sampai capai 9 sampai 12 cm dan jumlah lembar mahkotanya menca lembar. Walau mahkota bunga mawar ini lumayan besar, tetapi wewangian dari bunga ini tidak demikian tajam. Kesegaran bunga ini dapat bertahan lumayan lama, yakni sampai sembilan hari sesudah bunga ini diambil.

Karena kekuatan bunga ini untuk mem[pertahankan kesegarannya, bonsai mawar jenis ini seringkali diperbudidayakan untuk jadi bunga potong. Kita dapat jadikan bungan isi jadi buket atau menjadikan sebagai percantik ruang dengan menyimpan dalam vas yang berisi air.

Demikian informasi mengenai pengertian, karakteristik, dan jenis-jenis bonsai mawar yang telah dirangkum oleh situs BonsaiKita.com untuk Anda. Semoga bermanfaat ya guys 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *