Bonsai Mangga

Diposting pada

Bonsai Mangga – Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, banyak sekali berbagai macam jenis tanaman dan juga cara menanamnya. Seperti pada pohon bonsai mangga satu ini, dengan bentukan bonsai. Pohon tersebut tetaplah mangga pada umumnya, hanya saja bentukannya terbilang kecil.

Keindahan Pesona Bonsai Mangga

Bonsai Mangga

Pesona dari pohon mangga akan terlihat indah ketika sudah berbuah. Pada umumnya, pembuatan bonsai ini bisa menggunakan cara penanaman bibit dari pohon yang berasal dari sambung samping atau bahkan pucuk. Proses penanamannya juga tidak beda dari bonsai lainnya.

1. Keindahan Pohon Bonsai Mangga

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa pohon mangga ini adalah pohon yang ditanam secara bonsai. Proses penanamannya memang berbeda dari biasanya, karena ukurannya akan jauh lebih kecil dari aslinya yang menjulang ke atas. Namun, pembuatan bonsai ini tidak begitu sulit.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Apalagi Anda bisa menggunakan dua cara, seperti memakai bibit pohon sambung dan juga pucuk. Hasil yang didapat tidak jauh berbeda dengan bonsai lain, sedangkan untuk buahnya sendiri tentu akan memengaruhi. Buah akan lebih cepat tumbuh dan hasilnya cukup bagus dan tidak mudah busuk.

2. Penggunaan Media Tanam

Perlu diketahui, bahwa penggunaan media tanam ini tentu saja akan memengaruhi buah mangga bisa berbuah cepat atau tidak. Jadi, akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan tanah yang subur dan telah tercampur dengan pupuk kompos. Lalu pakailah sabut kelapa tua yang kondisinya kering.

Bisa juga melakukan penjemuran terlebih dahulu. itu karena sabut kelapa memiliki kandungan unsur yang diperlukan oleh tanaman bonsai mangga sendiri. Seperti adanya kandungan kalsium, nirogen, magnesium, fosfor, natrium dan juga kalium. Dengan penggunaan ini akan membuat buahnya bagus.

3. Penanaman Bonsai Mangga di Zaman Dahulu

Di zaman dahulu, cara untuk menamam pohon mangga dengan ukuran besar di luar musim. Biasanya bisa dilakukan dengan beberapa macam cara, mulai dari pencacahan kulit batang dari pohonnya sendiri atau bahkan menggunakan cara dengan mengikat pohonnya pakai rotan.

Sedangkan di zaman sekarang, banyak yang membuahkan bonsai mangga dengan menggunakan cara pemangkasan pemupukan, memberikan perangsang buah atau teknik TBT. Apa pun caranya, baik di zaman dahulu dan sekarang. Tanaman ini akan berbuah jikalau Anda telaten merawatnya.

4. Membuat Tanaman Mangga dari Cangkok Susu

Mungkin bagi Anda yang ingin mendapatkan keindahan dari tanaman mangga, bisa saja melakukan pencakokan susu. Teknik cangkok susu ini biasanya sangat efektif dan dapat mempercepat masa pembuahan dari bonsai mangganya sendiri. Bisa dikatakan tingkat keberhasilannya mencapai 80%.

Sebelum itu, pemilihan batang bakalan dari bonsai mangga sangat perlu diperhatikan. Mulai dari umur tangkai batangnya, ukuran batang sampai dengan kondisi kesehatannya pun juga perlu diteliti. Cara mencangkok susu ini sama seperti pohon lain, hasilnya saja yang mungkin terlihat berbeda.

5. Kelemahan dari Bonsai Mangga

Perlu Anda ketahui, bahwa di samping keindahan dari pohon mangga satu ini. Ada kelemahan yang perlu diingat, yaitu saat mengerdilkan / memperkecil bagian daun tersebut dan juga tidak mungkin membuat ukurannya mame bonsai.

Pada bonsai mangga ukurannya bisa disesuaikan sendiri dengan cara pemilihan jenis buah mangganya yang hendak ditanam. Namun, kelemahan semacam ini bisa Anda atasi. Seperti dengan memilih mangga lali jiwo.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara informatif dan juga detail menurut BonsaiKita.com mengenai informasi terkait tanaman bonsai mangga. Jikalau Anda ingin menanamnya di rumah, akan lebih baik memilih bibit yang unggul dan cara merawatnya harus telaten agar buahnya cepat berbuah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *