Bonsai Mame

Diposting pada

Bonsai Mame – Bonsai mame menjadi salah satu jenis bonsai yang paling unik karena ukurannya yang mini. Pembuatan bonsai ini pun lumayan sulit sehingga tidak semua orang bisa membuatnya. Anda harus mengetahui karakteristik pohon yang digunakan terlebih dahulu sebab tidak semua pohon bisa dijadikan model ini.

Selain itu, Anda harus menggunakan media tanam dengan komposisi yang tepat sehingga bonsai ini mampu tumbuh dengan optimal. Itulah tantangan yang sesunggunya karena menakar komposisi media tanam yang sedikit agar mampu menunjang tumbuhnya tanaman tentu lebih rumit.

4 Keunikan Bonsai Mame

Bonsai Mame

Ada beberapa hal yang membuat bonsai mini ini terlihat sangat unik. Kira-kira apa saja, ya? Langsung saja meluncur ke pembahasan di bawah ini.

1. Ukuran Bonsai

Meski masih terdapat perbedaan pendapat, namun bisa dikatakan jika bonsai jenis mame ini memiliki kisaran ukuran antara 1 hingga 5 cm. Ada juga yang menyebutkan jika bonsai yang mencapai ketinggian 10 cm masih bisa masuk dalam kategori ini.

Bahkan, hasil mame akhir yang paling maksimal bisa mencapai 15 cm. Terlepas dari berapapun rincian kecilnya bonsai ini, yang jelas mame adalah bonsai mini jadi ukurannya memang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis bonsai pada umumnya.

2. Keindahan Bonsai

Ada beberapa kriteria yang menjadi tolak ukur dari keindahan bonsai yang satu ini. Kriteria tersebut tak lain meliputi dimensi tanaman, usia batang, dan arah gerak pertumbuhan batangnya. Semakin memenuhi kriteria, maka harganya tentu akan semakin melonjak.

Sebenarnya banyak sekali jenis tanaman yang bisa dibentuk menjadi bonsai Mame. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal biasanya dipilih tanaman dengan ukuran daun yang kecil seperti Pohon Sancang. Hal ini karena daun tanaman yang lebar tentu akan mempengaruhi ukuran tanaman.

Untuk digolongkan ke dalam jenis mame, bonsai tidak boleh kelihatan terlalu panjang atau tinggi. Nah, jika tanaman atau daunnya masih terlalu tinggi, maka bakal bonsai Anda masih perlu penanganan lebih lanjut agar bisa mencapai keindahan sesuai kriteria dari mame.

3. Perawatan yang Rumit

Dilihat dari strukturnya, bonsai mini ini memang terlihat unik dan menggemaskan. Hal ini karena meskipun ukurannya kecil, namun tanaman sudah memiliki arah gerak batang, ranting, dan daun sesuai dengan yang diinginkan serta struktur tanamannya pun sudah terbentuk dengan sempurna.

Untuk itu, semakin kecil ukuran bonsai yang Anda miliki, maka tanaman tersebut juga membutuhkan penanganan yang lebih rumit. Bonsai yang sudah terbentuk sempurna tetap perlu dirawat sesuai dengan kaidah dasar dari tanaman itu sendiri sehingga bisa tumbuh dengan sehat dan optimal.

Apalagi jika ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan bonsai pada umumnya, tentu dalam perawatannya dibutuhkan usaha yang lebih. Diperlukan kehati-hatian agar dalam proses perawatan Anda tidak merusak tanaman tersebut.

4. Jenis Bonsai

Bonsai mini pun juga terdiri dari berbagai macam jenis. Ada jenis bonsai yang ditanam dengan gaya kengai atau menggantung sehingga seolah-olah batang pohon rubuh, namun uniknya daun-daunnya masih tumbuh.

Ada juga jenis super mame yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kuku manusia. Bonsai ini bisa dibentuk dari pohon Acer buergerianum. Bahkan, bonsai dari tanaman ini telah mendapatkan penghargaan untuk jenis mame terbaik.

Cara Membuat Bonsai Mame

Cara Membuat Bonsai Mame

Selain Keunikan bonsai mame, berikut cara membuat bonsai mame yang bisa anda coba di rumah menurut situs bonsaikita.com. Apa ya??

1.Persiapkan Bahan

Cara pertama kali yang perlu diambil yakni menyiapkan bahan bonsai dari perbanyakan setek yang telah di dalam pot dan berusia kurang lebih enam bulan.

Tipe pohon yang mudah di-training yakni bonsai beringin. Akan bonsai ini dikeluarkan dari tempatnya. Gumpalan-gumpalan tanah yang menempel dibuang. Perhatikan sisi batangnya. Untuk step perubahan pertama, kerjakan pembangunan garis tangkai. Potong pendek tangkai tanaman, seputar 5 cm dari pangkal tangkai.

2.Pembentukkan Akar

Bagian selanjutnya yakni pembentukan akar. Ini sebagai tingkatan yang perlu dalam soal langkah membuat bonsai mame karena perakaran dapat memperkuat kesan-kesan tua jika ditata arah perkembangannya. Tentukan 3-4 akar yang memiliki ukuran lumayan besar sebagai cabang akar.

3.Pangkas Cabang Akar

Pangkas cabang-cabang akar ini sehingga cuman sisa 4-5 cm. Dari sisi yang terpenggal ini, nantinya akan tumbuh ranting-ranting akar. Sesudah siap. Seperti Pada pohon bonsai cantik dan unik di dunia.

4.Tunggu dan Lihat Perkembangannya

Rawat dan pelihara sampai enam bulan untuk menyaksikan perubahan tangkai dan kemunculan tunas-tunas baru. Bila ukuran tangkai belum terlihat besar seperti keinginan, kerjakan pemotongan kembali dan bedah tanaman dari potnya.

Potong perakarannya dan tanam kembali dengan tempat tanam baru. Diamkan tanaman ini berkembang dan tumbuh. Proses semacam ini dapat dilaksanakan seringkali sampai didapat tangkai khusus sama ukuran dan tinggi yang kita harapkan.

5.Pembentukkan Cabang

Cara membuat bonsai mame seterusnya yakni pembentukan cabang-cabang. Arah tumbuh cabang harus ke semua arah. Untuk menolong cabang-cabang ini dapat tumbuh ke semua arah, lilitkan kawat aluminium atau tembaga.

Itulah beberapa hal yang membuat Bonsai Mame terlihat unik dan begitu dikagumi banyak orang yang telah dirangkum BonsaiKita.com. Dengan segala keunikan yang dimilikinya, mungkin hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda jika ingin mencari pajangan unik yang natural untuk menghadirkan tampilan dan nuansa yang berbeda di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *