Bonsai Lohansung

Diposting pada

Bonsai Lohansung – Nama lain dari bonsai lohansung yaitu Buddhist Pine atau Lusuhaki terhitung jenis tanaman hias unik. Karakteristik yang terbentuk dari tanaman ini cukup cantik hingga banyak yang memutuskan untuk dijadikan bonsai. Bahkan juga harga bonsainya dapat mencapai milyaran rupiah.

Tentunya Kalian ingin tahu dengan Langkah Merawat bonsai lohansung serta bagaimana wujud dan karakternya. Yuk, langsung saja baca sedikit rangkuman dari BonsaiKita.com untuk Kalian yang mempunyai ide untuk merawat bonsai lohansung.

Karakter Bonsai Lohansung

Bonsai Lohansung

Ciri khas dari tanaman ini serupa dengan pohon cemara. Tetapi karakter daunnya berbeda. Karena pada daun pohon lohansung memiliki bentuk memanjang dan ujungnya lancaip. Pohon atau akar yang unik jadikan pohon itu pas untuk tanaman hias yang berharga seni tinggi. Tangkai tanamannya warna gelap memiliki tekstur kasar dan unik.

Ketinggian pohon lohansung ini bisa capai sekitaran 50 cm. Kalian dapat menanam pohon ini dalam pot dengan diameter besar. Untuk mencapai bonsai yang memiliki ukuran besar, Kalian harus menanti sampai 20 tahun lama waktunya.

Sebetulnya harga akan bonsai lohansung ini benar-benar dapat dijangkau cuman 50 ribu sampai 200 beberapa ribu. Tetapi harga akan naik jika menjadi bonsai sampai juta-an rupiah. Sedang pohon lohansung ada juga yang sempat memenangi kontes dan harga capai 1 miliar. Karena itu banyak yang membudidayakan tanaman ini bagus untuk hiasan atau untuk dipasarkan kembali.

Jenis Bonsai Lohansung

Jenis Bonsai Lohansung

Ada 4 kelompok jenis tanaman lohansung ini, salah satunya tanaman lokal yang puncaknya warna merah, lokal dengan puncak warna putih, tanaman non local puncaknya warna merah putih, lalu non lokal berdaun bundar.

1. Jenis Lokal Puncak Merah

Jenis bonsai lohansung yang pertama ini berada di indonesia di rimba daerah tertentu, Kalian dapat manfaatkan kayunya pohon ini untuk perlengkapan rumah tangga. Umumnya jenis ini berada di taman taman dan di pot.

2. Jenis Lokal Dengan Puncak Putih

Nah, untuk jenis ke-2 ini lebih baik kembali daripada yang pertama. Puncak daunnya warna putih dengan daun yang lebih kecil tetapi cukup tebal. Hingga tipe ini pas sekali bila di bonsai. Sesudah pohonnya tumbuh besar, karena itu kayunya dapat menjadi untuk perlengkapan rumah tangga karena ketahanannya dan coraknya.

3. Jenis Luar (Taiwan) Puncak Muda Puti h

Seterusnya lebih baik dari yang awalnya. Tanaman ini aslinya dari Taiwan tetapi ada pula yang menjelaskan bila aslinya dari korea. Daunnya lebih kecil dan warna putih ujung daunnya. Sementara daunnya warna lebih gelap dibanding tipe 1 dengan 2 barusan. Berwarna hijau kehitam-hitaman yang telah tua.

4. Jenis Luar (Taiwan) Daun bundar

Nah, inilah yang menjadi sasaran beberapa penggemar tanaman bonsai. Sudah tentu tanaman yang tipe keempat ini terbaik dari yang lain. Daunnya warna hijau muda sementara wujud ujungnya bundar. Ukuran daunnya lebih kecil dan lebih tebal.

Langkah Membuat dan Merawat Bonsai Lohansung

Jika Kalian ingin membudidayakan bonsai lohansung, untuk itu berikut cara-cara membuat dan merawat bonsai lohansung dengan gampang. Supaya tanaman yang anda tanam tumbuh subur, untuk itu ikuti langkah-langkah yang telah diringkas BonsaiKita.com di bawah ini.

1. Pemilihan Bibit

Pilih bibit bonsai terbaik dan tentukan jenis tanaman yang berusia panjang. Biasanya langkah pengembangbiakannya dilaksanakan memakai sistem mencangkok.

2. Pot Bonsai

Selanjutnya siapkan tempat tanamnya, baik itu pot bunga ukuran besar terbuat dari bahan tanah atau plastik.

3. Media Tanam

Untuk komposisi media tanam tersebut adalah kombinasi di antara tanah humus dengan kompos. Hingga pastikan dulu tanah dengan kompos sudah bersatu rata dan tidak terlampau gembur agar tanaman dapat terus berharga seni tinggi.

4. Posisi

Selanjutnya posisikan tanaman lohansung pada lokasi yang mendapatkan pancaran cahaya matahari yang cukup. Agar proses perkembangan bisa cepat

5. Pakai Kawat

Langkah membuat bonsai tanaman lohansung bisa digunakan belitan kawat dengan diameter 4 mm. anda harus berhati-hati untuk lakukan ini agar tidak menghancurkan tanamannya. Kalian harus juga memotong dengan teratur agar wujud antiknya selalu terbangun.

Karena, bila didiamkan demikian saja, bonsai lohansung menjadi memanjang hingga tidak mempunyai nilai seni. Jika Anda lakukan penggundulan secara keseluruhan pada daunnya, daun baru ada sama ukuran lebih imut dari mulanya.

6. Pemupukan

Kalian wajib melakukan pemupukan yang teratur agar bonsai lohansung masih tetap mendapat konsumsi gizi yang cukup buat tumbuh subur. Untuk itu, pupuklah dengan teratur, jangan terlampau jarang-jarang atau sering karena akan menghambat perkembangannya.

7. Pestisida Anti Hama

Supaya tanaman terlepas dari hama, anda dapat menyemprot obat anti hama dengan teratur. Jika lohansung terserang penyakit, langsung potong atau buang sisi tanaman yang terserang penyakit agar tidak menebar ke semua sisi yang lain.

8. Penyiraman

Untuk proses penyiraman bonsai bisa dailakukan 2x satu hari, pagi dan sore sekedarnya yang perlu diperhatikan tanaman lohansung tidak menyukai kondisi tanah yang basah.

Nah, itulah ulasan dari BonsaiKita.com mengenai karakteristik, cara membuat, dan merawat bonsai lohansung.. Kalian dapat pilih salah satu dari jenis bonsai lohansung di atas untuk diperbudidayakan di rumah. Semoga bermanfaat ya guys 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *