Bonsai Loa

Diposting pada

Bonsai Loa – Pohon ini mempunyai nama ilmiah Ficus racemosa ialah tipe spesies tanaman dalam keluarga Moraceae. Diketahui sebagai Klaster Fig Tree atau Goolar. Pohon Loa banyak ialah tumbuhan asli yang banyak ditemui di Australia, Malesia, Asia Tenggara dan benua India.

Di Indonesia banyak ditemui di sejumlah wilayah hutan tropis dan banyak pula yang hidup di rawa, sungai dan kali. Pohon Loa banyak juga digunakan sebagai tanaman teduh dan untuk fans bonsai, pohon Loa banyak jadi sebagai akan bonsai loa. Bonsai Loa sendiri sekarang ini benar-benar terkenal dilapisan pencinta hobi bonsai tanah air.

Bonsai Loa lumayan terkenal dan diminati oleh para kolektor bonsai di Indonesia. Pohon dengan nama latin Ficus racemosa ini sebenarnya juga merupakan salah satu jenis tanaman buah yang bisa dikatakan terbaik untuk dibuat menjadi bonsai. Buah loa sendiri pada umumnya dikonsumsi oleh satwa liar.

Pohon Loa merupakan jenis yang ideal untuk bonsai karena batangnya bisa dibuat ke dalam berbagai bentuk dengan cukup mudah. Selain itu, harga jual dari bonsai ini pun jika sudah jadi lumayan tinggi. Sehingga tak heran apabila bonsai dari tanaman ini kerapkali mejeng di kontes-kontes bonsai.

4 Langkah Membentuk Bonsai Loa

Bonsai Loa

Ketika bakal bonsai yang ditanam sudah tumbuh dengan subur dan akarnya pun tumbuh dengan kuat, maka cabang dan ranting yang tumbuh semakin banyak. Tandanya, tanaman ini sudah siap untuk dibentuk. Kira-kira susah tidak yang membentuk Pohon Loa menjadi bonsai? Yuk, langsung saja kita bahas caranya.

1. Tentukan Model Bentukan Cabang

Agar tidak bingung di tengah proses pembentukan, ada baiknya jika Anda sudah menentukan seperti apa bentuk cabang yang diinginkan jauh-jauh hari. Ini akan membuat Anda lebih fokus untuk mempersiapkan segalanya.

Ada berbagai macam bentuk yang sesuai dengan Pohon Loa. Anda bisa mencoba posisi standar bonsai yaitu tegak, entah itu tegak lurus atau bonsai dengan gaya tegak yang lebih informal. Ada juga gaya yang lebih unik seperti gaya miring atau tertiup angin.

Nah, pilihan gaya lain yang cukup popular adalah gaya menggantung atau setengah menggantung.

2. Menghilangkan Daun

Setelah menentukan satu model yang akan dibentuk, ada cara yang bisa mempermudah Anda nanti untuk membengkokkan batang pohon agar menjadi Bonsai Loa. Ini bisa dilakukan dengan menghilangkan daun yang berlebih pada pohon.

Hal ini karena daun yang tumbuh rimbun terkadang menghambat dalam proses pembengkokan batang. Tak hanya itu, jumlah daun yang berlebih juga biasanya akab mengganggu gerak Anda dalam menangani batang pohon tanaman tersebut.

Selain daun, hilangkan juga cabang dan ranting yang tidak diinginkan. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan tampilan bonsai yang estetik dan unik.

3. Membengkokkan Batang

Selanjutnya, kita masuk ke tahap pembengkokkan batang tanaman. Proses pembengkokan ini melibatkan batang utama tanaman hingga ke cabang dari Pohon Loa. Untuk itu, jika dilihat secara keseluruhan, tampilan dari bonsai tanaman ini memang sangat menawan.

Perhatikan bahwa proses pembengkokan batang Pohon Loa harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak ada bagian tanaman yang rusak. Penanganan batang yang kurang hati-hati pada proses ini bisa dengan mudah merusak batang-batang tanaman yang baru tumbuh atau mematahkan batangnya.

4. Menambahkan Kawat

Untuk mencapai bentuk bonsai seperti yang diingingkan, akan lebih mudah jika Anda menggunakan bantuan media penunjang. Sebut saja penambahan lilitan kawat atau kabel. Ini bisa dilakukan dengan menancapkan ujung kawat pada tanah sehingga batang tumbuh mengikuti arah kawat.

Penggunaan kawat untuk media penunjang pertumbuhan pun perlu diperhatikan. Anda harus memasang dan melilitkan kawat dengan lilitan yang tidak terlalu longgan maupun kencang. Lilitan yang terlalu longgar membuat pohon tidak tumbuh optimal, tetapi lilitan terlalu kencang bisa melukai pohon tersebut.

Manfaat Bonsai Loa

Buah Loa tampak menyenangkan berbuah di cabang pohon, buahnya mempunyai banya manfaat yang diperhitungkan mempunyai banyak manfaat dan bisa menyembuhkan bermacam masalah penyakit dalam tubuh manusia.

bisa jadi sumber makanan pemukim awalnya buahnya bisa dibuat jelly. Buahnya umumnya jadi sumber makanan burung dan kelelawar. Dan jadi makanan yang dicintai larva untuk bermetamorfosis jadi serangga.

Demikian informasi mengenai bonsai loa menurut BonsaiKita.com. Karena Pohon Loa sangat mudah ditemukan di alam, ini bisa menjadi pilihan yang cocok jika Anda ingin membuat bonsai sendiri di rumah. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan cara membentuk Bonsai Loa yang benar agar tanaman bonsai tak hanya terlihat indah namun hidup dengan sehat dan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *