Bonsai Lantana

Bonsai Lantana

Diposting pada

Bonsai Lantana – Siapa sih yang tidak mengenal tanaman hias ini? Ya, bonsai memang kerap dijadikan primadona di rumah untuk mempercantik taman. Banyak sekali jenis bonsai dari berbagai tanaman, salah satunya bonsai lantana yang kini diminati oleh pecinta tanaman hias.

Kini tanaman bonsai dapat dibuat sendiri di rumah dengan peralatan dan bahan sederhana. Dengan harga terjangkau, kamu sudah bisa memiliki bonsai dengan keunikan dan keindahannya di rumah, lho. Ingin tahu lebih lengkap tentang tanaman ini? Cek ulasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Bonsai Lantana Adalah

(Foto : Sobat Bonsai)

Bonsai Lantana atau yang disebut bunga tembelekan atau saliara adalah jenis tanaman yang berasal di kawasan tropis Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini pada umumnya berbunga secara bergerombol dan berwarna cerah. Dari berbagai jenis warna bunga tersebut akhirnya tanaman ini dijadikan bonsai.

Di Indonesia, tanaman ini banyak ditemukan di sawah, hutan, kebun, lereng lembah, dan tebing. Tanaman ini mudah ditemukan di wilayah alami yang masih liar. Masyarakat menyebut tanaman ini tembelekan, karena memiliki aroma yang menyengat meskipun tampilannya sangat indah.

Selain digunakan sebagai tanaman hias, ternyata bonsai jenis lantana juga memberi manfaat seperti mengusir hama. Kandungan di dalamnya terdapat zat yang beracun atau tidak disukai, sehingga mampu menjaga kebun dengan mudah.

Meski memiliki bau yang menyengat, lantana dapat menjadi bonsai yang indah dan memiliki daya tarik tersendiri. Bunga yang tumbuh dengan berbagai jenis warna ini mampu memberi nilai estetika di manapun berada. Sehingga sangat cocok dijadikan tanaman kerdil yang unik dan cantik.

Jika dilihat sekilas, bonsai lantana ini sangat cantik karena bunga dengan warna cerah ini berkolaborasi dengan batang, sehingga tampak lebih menawan. Perpaduan warna dari bunga yang tumbuh semakin meningkatkan keindahan tanaman hias ini.

Bonsai lantana dapat ditanam di berbagai jenis pot yang sesuai dengan ukuran. Pastikan untuk memilih pot yang lebih besar daripada ukuran bonsai, agar mampu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan jenis tanaman hias yang dikerdilkan tersebut.

Tanaman ini terkenal memiliki bunga dengan berbagai warna yang cantik, sehingga sering dijadikan tanaman hias di rumah. Bunga yang dihasilkan dalam satu tangkai memiliki bermacam warna, sehingga mampu menutupi daun yang lebat di sekitarnya.

Cara Membuat Bonsai Lantana

(Foto : Sobat Bonsai)

Seperti bonsai pada umumnya, lantana menjadi salah satu jenis tanaman yang mudah dibuat di rumah. Terdapat beberapa trik rangkuman bonsaikita.com yang dapat dilakukan untuk membuat bonsai dengan keindahan maksimal. Ingin tahu bagaimana caranya?

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Sebelum membuat bonsai, pastikan untuk mempersiapkan bahan dan alatnya terlebih dahulu. Kamu bisa menyiapkan tempat tanam (pot), media tanam, bakal bonsai sisir, dan pestisida dan insektisida untuk mencegah hama.

Pastikan untuk mempersiapkan bahan dan alat terlebih dahulu di awal, agar tidak memperlama saat proses penanaman bonsai. Tidak perlu mengeluarkan budget mahal, bahan dan alat untuk pembuatan bonsai dapat ditemui dalam lingkungan sekitar.

2. Tanam Bakal Bonsai Ke Media Tanam

Setelah mempersiapkan bahan dan alat, selanjutnya siapkan tanah dan kompos dengan perbandingan 2 : 1. Tanah dan kompos yang dicampur ini memiliki tekstur gembur, sehingga memudahkan saat proses penanaman bonsai.

Masukkan campuran tanah dan kompos di dalam pot hingga ¼ bagian pot oleh media tanam. Masukkan bakal bonsai sehat yang telah dipilih dalam pot. Pastikan untuk menimbun media tanam sampai pot terisi penuh.

Fungsi media tanam yang gembur dan sehat mampu memberikan nutrisi untuk tanaman hias yang dijadikan bonsai. Banyak sekali nutrisi yang dapat dipakai untuk mempercepat proses pertumbuhan bonsai tersebut.

Bakal bonsai yang telah ditanam harus dibiarkan agar tumbuh lebih cepat dan lebih tahan lama. Pertumbuhan bonsai yang indah tentu menjadi tujuan utama, bukan? Pastikan untuk selalu merawat tanaman ini agar tetap terjaga keindahannya.

3. Siram Pestisida

Setelah bakal bonsai ditanam, kamu bisa membiarkan tanaman tersebut kurang lebih 10 hari. Pastikan untuk memberi pestisida di permukaan tanah dalam pot agar bonsai tidak terserang penyakit.

Kamu bisa menggunakan furadan bubuk untuk tanaman bonsai lantana karena mampu memberikan hasil maksimal. Jenis furadan bubuk ini mampu menyerap akar tanaman dan mengalir ke semua bagian tubuh pohon.

  • Baca Juga : Pengertian, Karakteristik, dan 27 Jenis Bonsai Terbaik

Setelah proses tanam bakal bonsai ini selesai, kamu bisa menunggu hingga siap dijadikan bonsai. Pengaturan tanaman bonsai dengan interval waktu yang ditentukan akan memberikan hasil terbaik dan maksimal.

Cara Agar Bonsai Lantana Cepat Berbunga

(Foto : Shopee)

Membonsai tanaman lantana sangat mudah, namun kamu juga harus melakukan beberapa teknik agar tunas tumbuh dengan cepat. Berikut merupakan cara agar bonsai jenis lantana cepat berbunga:

1. Memberi Pupuk

Pupuk menjadi salah satu alat untuk mempercepat pertumbuhan bunga pada bonsai jenis lantana. Bagi kamu yang ingin mempercepat pertumbuhan tunas, dapat melakukan pemberian pupuk NPK Mutiara dengan dosis 50 ML per tanaman.

Kamu bisa melarutkan antara 1 sendok makan pupuk NPK dengan air 50 ML. Caranya dengan menyiram atau menyemprot akar atau pusat tumbuhnya bonsai. Selain itu, juga bisa melakukan treatmen ini sebanyak 1 minggu sekali.

Selain pupuk dari NPK, juga bisa menggunakan serbuk kotoran kambing yang dihaluskan. Dosisnya 1 genggam tangan orang dewasa per tanaman. Sama dengan pupuk NPK, kamu bisa menggunakan pupuk kotoran kambing pada bonsai lantana satu minggu sekali.

Pemupukan yang diiringi dengan penyiraman tanaman secara rutin dapat mempercepat tumbuhnya tunas. Hal ini juga akan mempercepat tumbuhnya bunga pada tanaman hias yang dikerdilkan ini.

Tanaman bonsai identik memiliki tunas yang banyak sehingga mempercantik penampilan. Bunga yang muncul di sekitar daun juga semakin memperindah tanaman hias tersebut, sehingga akan membuat rumah menjadi indah dan menarik.

2. Merawat Tanaman

Merawat bonsai jenis lantana agar memberikan tampilan cantik dan mempesona membutuhkan teknik tertentu. Hasil maksimal diperoleh dari cara merawat tanaman terbaik untuk jenis tanaman kerdil yang membutuhkan perhatian ini.

Selain memberikan pupuk secara teratur, kamu juga bisa menggunting bagian-bagian daun dan buah yang tidak dibutuhkan. Dalam proses pembentukan batang, kamu juga bisa memanfaatkan lilitan kawat untuk mempercantik keindahan tanaman hias ini.

Cara merawat bonsai sangat mudah, kamu hanya perlu memberinya nutrisi setiap hari untuk mengisi kebutuhan tanaman. Tidak membutuhkan perlakuan khusus, kamu hanya perlu merawat tanaman hias ini seperti biasa untuk menjaga pertumbuhannya.

Agar bonsai lantana ini cepat berbunga, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Tumbuhan yang sehat mampu memberikan bunga yang cantik dengan berbagai warna yang memukau. Tentunya tampilan yang cantik dari bonsai ini mampu memberikan kesenangan tersendiri, bukan?

Bingung memilih bonsai untuk dipajang di rumah? Telah ada bonsai lantana yang dapat menjadi alternatif pilihan bagi kamu di rumah. Tidak perlu membutuhkan biaya mahal dan dapat dilakukan di rumah, kamu sudah bisa membuatnya sendiri, lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *