Bonsai Landepan

Diposting pada

Bonsai Landepan – Pohon Landepan atau dalam nama ilmiah disebut Plectronia Horrida Syn Canthium Horridium Blume merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di alam liar. Biasanya tumbuhan ini ditemukan di daerah perbukitan dan hutan liar.

Karena keunikan Pohon Landepan ini, maka tak heran jika Pohon Landepan ini sangat populer di kalangan pecinta bonsai. Bagi kalian yang tertarik untuk membuat bonsai landepan, yuk simak ringkasan yang telah dibuat Bonsakita.com dibawah ini.

Karakteristik Bonsai Landepan

Bonsai Kaliage
Bonsai Landepan

Landepan pada umumnya memiliki akar tunggang yang kecil dan batang pohon yang ramping berkelok-kelok. Landepan memiliki daun kecil-kecil berdiameter 4-7cm yang kuning kehijauan dan tumbuh keatas. Batangnya juga berduri. Pohon Landepan ini biasa kita temukan di dalam satu habitat bersama dengan tumbuhan rukem, serut dan juga sisir.

Pengrajin bonsai kerap sekali menggunakan pohon Landapen ini sebagai bahannya karena mempunyai keestetikan dan  ciri khas tersendiri. Selain itu pembuatan dan perawatannya yang mudah membuat bonsai landepan banyak digandrungi masyarakat pecinta Bonsai. Harganya pun bervariasai, ada yang terjangkau da nada yang sampai jutaan rupiah tergantung tingkat keestetikan dan ukuran bonsai tersebut.

Langkah-langkah Pembuatan Bonsai Landepan

1. Siapkan Media Penanaman

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah ini. Bonsai akan berkembang dan bertumbuh dengan baik apabila media tanamnya benar.

Lalu media tanam yang bagaimana ya yang tepat agar bonsai tersebut bisa tumbuh dengan baik? Jawabannya ialah dengan menggunakan tanah yang memiliki kandungan humus yang tinggi. Karena semakin tinggi humusnya maka akan semakin subur.

2. Siapkan Bakalan Bonsai Landepan

Selanjutnya, kalian harus menyiapkan bonggolan bonsai yang sudah siap. Bonggolan ini bisa kalian beli di supplier tanaman dengan kualitas yang bagus ya.

3. Pemangkasan

Setelah kalian dapatkan, potong daun yang ada pada bakalan tanaman Landepan tersebut dengan gunting dan potong juga akar yang tumbuh berelebihan agar Bonsai tersebut dapat tumbuh secara terkontrol.

4. Pencucian

Cuci bersih bakalan Bonsai Landepaan yang sudah dipangkas daun dan akarnya tadi memakai air bersih dan setelah itu berilah obat perangsang pertumbuhan pada batang dan akarnya.

5. Penanaman Bonsai Landepan

Selanjutnya, tanam bakalan landepan tadi pada media tanam yang sudah dipersiapkan diawal tadi. Berilah jarak jeda beberapa minggu hingga bonsai terlihat tumbuh denan baik.

6. Pengkawatan/Pembentukan Bonsai Landepan

Jika bonsai landepan sudah terlihat tumbuh sehat, kini saatnya melakukan proses pembentukan dengan cara pengkawatan. Lilitkan secara perlahan kawat pada batang bonsai hingga terbentuk bentuk yang kalian inginkan. Kalian bisa melepas kawat tersebut saat bonsai tersebut sudah terlihat membesar dan kokoh.

Perawatna Bonsai Landepan

1. Penyiraman

Pastikan kalian selalu menyirami bonsai landepan pada sore hari agar tanaman tetap lembab dan tidak mati ya. Hindari penyiraman yang berlebihan

2. Berikan Pupuk Organik

Selain membutuhkan air, tanaman landepan juga memerlukan nutrisi lain yaitu pupuk agar memacu laju pertumbuhannya. Hindari juga pemberian pupuk yang berlebih karena nanti akan berakibat daun pada tanaman landepan jadi kering dan mati. Cukup semprotkan saja ya!

3. Penyinaran

Agar bonsai tersebut dapat tumbuh dengan sempurna maka diperlukan cahaya matahari yang cukup. Taruh Bonsai pada tempat yang mendapat cukup sinar matahari, jangan yang terpapar langsung karena Bonsai bisa kering.

4. Pemotongan Daun dan Perawatan dari jamur

Agar bonsai tersebut tumbuh berbentuk seperti yang kalian inginkan, pangkaslah secara berkala daun-daunnya sesuai yang kalian ingin dan jangan lupa untuk selalu memberi Fungisida yang cukup agar tanaman kalian tidak diserang jamur.

Nah, sobat bonsai itu tadi adalah ringkasan dari BonsaiKita.com tentang langkah membuat dan perawatan bonsai landepan. Mudah dan sangat menarik bukan? Selain bisa memenuhi hobi, jika dipasarkan juga bisa menghasilkan cuan loh. Tertarik untuk mencoba bukan? Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat ya guys..!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *