Bonsai Lamtoro

Diposting pada

Bonsai Lamtoro – Kesenian kuno memiara pohon bonsai telah ada lebih dari beberapa ribu tahun kemarin. Bonsai pada intinya ialah sebuah tehnik yang dipakai untuk membikin tanaman lebih bonsai ini, adalah tanaman yang termasuk relative mahal ialah sisi dari langkah untuk bonsai lamtoro.

Tanaman Lamtoro atau Petai Cina dengan bahasa Ilmiah disebutkan Leucaena leucocephala merupakan tumbuhan semak atau pohon dengan mahkota yang cukup terbuka dan bundar dapat tumbuh dengan tinggi 5 – 20 mtr.. Batangnya umumnya pendek dan dapat dengan diameter 10-50cm.

Pohon multi-fungsi yang sering dipakai di Meksiko atau di Asia Tenggara, di mana dia sediakan makanan, beberapa obat dan beragam komoditas untuk warga lokal, dan biasa dipasarkan sebagai makanan di pasar lokal dan nasional, Tanaman Lamtoro termasuk tanaman yang Kuat dan cepat tumbuh.

Karakteristik Bonsai Lamtoro

Bonsai Lamtoro

Tanaman Lamtoro (Leucaena leucocephala) sebagai tanaman dari wilayah tropis, tumbuh subur pada ketinggian sampai 1.500 mtr., terkadang sampai dengan tinggi 2.100 mtr.. Tumbuh terbaik dengan temperatur tahunan rerata pada range 25 – 30 ° c dan curahan hujan tahunan rerata 650 – 3,000mm.

Tumbuh baik di wilayah beriklim subhumid atau lembab dengan musim kemarau sedang sampai 6 – tujuh bulan. Lebih menyenangi tanah yang kering secara baik di bawah cahaya matahari penuh. Tanaman Lamtoro benar-benar tolerir pada beragam tipe tanah, terhitung batu kapur, tanah basah dan kering, tanah asal vulkanik, dan tanah dengan kandungan garam sedang.

Saat ini tumbuhan ini dinaturalisasi dan jadi tumbuhan liar di beberapa wilayah seperti komunitas terbuka (sering pesisir), komunitas semi-alami, hancur, hancur, situs ruderal yang lain, dan terkadang, tempat pertanian di mana dia sudah ditanamkan sebagai pohon perlindungan di atas perkebunan kakao.

Lamtoro sebagai spesies yang tumbuh benar-benar cepatdan mulai dapat hasilkan benih pada tahun awal perkembangannya. Polong Lamtoro yang belum masak dipanen dengan memanjat pohon dan menggunting terminal cabang atau barisan polong, sering secara kasar, dengan parang, pisau kecil atau tiang potong.

Spesies ini mempunyai jalinan simbiosis dengan bakteri tanah tertentu, bakteri ini membuat bintil-bintil pada akar dan mengikat nitrogen di atmosfer. Beberapa dari nitrogen ini dipakai oleh tanaman yang tumbuh tapi beberapa dapat dipakai oleh tanaman yang lain tumbuh di dekatnya.

Klasifikasi Bonsai Lamtoro

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Fabales
  • Famili: Fabaceae
  • Subfamili: Mimosoideae
  • Genus: Leucaena
  • Spesies: L. leucocephala

Manfaat Bonsai Lamtoro

Bonsai Lamtoro mempunyai manfaat sebagai makanan dimulai dari Daun muda, polong dan kuncup bunga dikukus jadi sup, dengan digabung nasi atau digabung dengan cabe dan rempah-rempah yang lain.

  1. Biji yang mentah digabung dengan kelapa parut, dibuntel dengan daun pisang dan diolah Jadi makanan (Bothok)
  2. Lamtoro kerap dipakai sebagai hiasan pada makanan yang diolah atau dipertambah ke semur, digabung dengan kacang-kacangan dan tortilla jagung dan lain-lain.
  3. Biji yang sudah dikeringkan bisa disangrai dan dipakai sebagai alternatif kopi
  4. Kayunya umumnya dibikin jadi pulp untuk diambil seratnya, dipakai untuk membikin kertasNilai seratnya sama dengan kayu keras tropis yang lain, dan hasilkan kertas dengan kekuatan bikin yang bagus tapi kemampuan sobek dan lipatnya rendah kemampuan bubur kayu semakin besar dari umumnya kayu keras, dengan ring crush nyaris 50% semakin besar.
  5. Karakter buburnya pas untuk memproduksi kertas dan rayon. dipakai untuk memproduksi papan partikel.

Selain itu Lamtoro jadi Tipe kayu bakar yang baik sekali dengan berat tipe 0,45-0,55 dan nilai kalori tinggi 4600 cal / kg. Kayu terus terbakar dengan sedikit asap, sedikit recikan api dan hasilkan abu kurang dari 1%. Pohon ini hasilkan arang yang baik sekali dengan nilai kalor 29 mJ / kg dan nilai pencapaian lagi yang baik (25-30%).

Nah, demikian ulasan singkat dari BonsaiKita.com mengenai pengertian, karakteristik, dan manfaat bonsai lamtoro. Semoga bermanfaat ya guys 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *