Bonsai Krokot

Diposting pada

Bonsai Krokot – Ditangan para pecinta bonsai, tentu apa saja jenis tanaman bisa dijadikan bonsai yang unik dan menarik. Termasuk juga bonsai krokot. Jika biasanya bunga ini hanya merambat di tanah, tentu Anda bisa mencoba memeliharanya dengan tanaman bonsai.

Cara Membuat dan Menanam Bonsai Krokot

Bonsai Krokot
Bonsai Krokot

Tanaman sultan ini bisa Anda miliki dengan mudah. Asalkan bisa mempelajari dan memahami bagaimana cara untuk merawatnya. Terlebih bunga krokot terbilang mudah untuk hidup, membantu proses pembuatan bonsai juga akan mudah, seperti di bawah ini!

1. Persiapan Penanaman

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan menyiapkan bibit atau batang krokot. Pilihlah yang lebih tua memiliki batang keras. Selain itu juga harus lurus. Bertujuan supaya bonsai akan mudah dibentuk. Dapat disesuaikan dengan warna bunga selera Anda.

Diamkanlah selama 2-3 hari, agar batang sedikit lemas dan melunak. Guna memudahkandalam membentuknya dijadikan bonsai krokot.

2. Proses Pembuatan

Apabila dirasa batang sudah mulai lemas, ambillah 3 batang krokot. Pilihlah dengan ukuran dan bentuk yang sama. Lalu ikat ketiganya menggunakan karet kecil dibagian pangkal batang, lalu pilin. Lakukan kembali hingga didapatkan beberapa pilinan krokot.

Kemudian, satukan semua bunga yang sudah dipilin. Lalu ikat semuanya dengan karet, kemudian bonsai pun telah siap. Anda tinggal membuat media tanam. Letakkanlah bunga krokot sudah dipilin tadi, pangkas bagian atasnya, untuk tunas baru.

3. Pembentukan Bonsai

Untuk hasil lebih indah, Anda dapat mengkreasikan model jenis krokot sesuai selera Anda. Bila ingin bonsai terlihat cantik dan menarik, dapat memilih batang bunga krokot lebih panjang. Kemudian dipilin dan disatukan. Pada bagian tengah, dapat memisahkannya supaya terlihat cabang batang.

Anda pun dapat memakai kawat yang lebih lembut, untuk membantu lebih mudah mengarahkan bentuk ukuran tangkai sesuai keinginan. Tips lainn agar mendapat krokot yang cantik yaitu dengan memilih bunga yang bertunas. Tentu tanaman hias inipun akan cepat berbunga, bahkan tidak perlu dipangkas.

4. Cara Perawatan Bonsai

Demi hasil bunga krokot yang indah, pastinya jangan lupa terus melakukan perawatan terbaik. Tentu, dipastikan bunga-bunga bonsai inipun akan bermekaran dengan indah.

Anda dapat meletakkan bonsai jenis bunga krokot di teras rumah. Ataupun juga dapat memamerkannya di ruangan demi menunjang indahnya tampilan interior.

Keunggulan Bonsai Krokot

Bunga indah ini memang banyak disukai, selain mudah ditanam. Akan tetapi juga memiliki ragam warna, dengan beragam keunggulannya. Seperti di bawah ini:

1. Mudah dalam Perawatannya

Tanaman jenis ini tidak membutuhkan banyak perawatan, hanya dengan sinar matahari, disiram dengan air dari waktu ke waktu dan pemangkasan sesekali. Akan dapat memberikan banyak kedamaian, yang dirasakan.

Tanaman bonsai bunga krokot dalam bentuk yang unik dan indah. Berpadu dengan batang dan akarnya, akan memberikan relek, perasaan senang, aman, damai, tentram, hidup akan lebih terasa nyaman dan kebahagiaan yang didapatkan,

2. Memberikan Energi Kembali pada Ruangan

Jenis tanaman ini memiliki kemampuan daya tarik energi kehidupan, yang ada dalam ruangan. Adanya kesenangan hati kepada semua orang ketika melihat atau melewatinya. Dapat memberikan keindahan dari segi batang, akar, daun, bahkanbunganya.

Melihat dari daya hidup, tanaman bonsai ini juga dapat berumur lama. Asalkan bisa merawat dan memangkasnya dengan tepat.

Siapapun akan terpukau dengan indahnya bunga krokot yang dijadikan bonsai, terlebih sangat mudah untuk membuatnya. Dimana tamanan hias bonsai krokot ini dapat memanjakan pandangan hingga akan tertarik untuk merawatnya.

Nah, demikian ulasan sedikit dari BonsaiKita.com mengenai pengertian, cara membuat, dan cara merawat bonsai krokot yang dapat Anda pahami. Semoga situs BonsaiKita.com dapat bermanfaat dan selalu berbagi ide kreatifnya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *