Bonsai Kelapa Gading

Diposting pada

Bonsai Kelapa Gading – Bonsai adalalah sebuah tanaman yang dirubah ukurannya menjadi lebih kecil dan ditanam pada media pot.Tujuan dari peembuatan bonsai ini adalah untuk membuat miniature dari bentuk asli pohon besar dan biasanya difungsikan sebagai tanaman hias.

Bonsai sendiri juga memiliki jenis yang bervariasi. Nah, pada artikel kali ini bonsaikita.com akan membahas salah satu jenis bonsai yang lagi banyak digandrungi oleh pecinta tanaman hias yaitu Bonsai Kelapa Gading dan penjelasan tentang cara membuat bonsai kelapa gading.

Bonsai Kelapa Gading Adalah

Bonsai Kelapa Gading

Pohon kelapa yang dikenal memiliki ukuran tinggi menjulang keatas kini juga bisa dijadikan bonsai mini dengan beberapa tehnik tertentu. Pada umumnya cara pembuatannya juga cukup sulit dan memerlukan keterampilan. Akan tetapi, jika berhasil maka akan menghasilkan bonsai yang unik dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Semakin tinggi tingkat keunikan bonsai kelapa tersebut maka semakin tinggi pula harga jualnya. Bagi sebagian pecinta tanaman hias harga tinggi dan rumitnya cara membuat bonsai kelapa gading tidaklah menjadi masalah asalkan bisa memiliki bonsai kelapa yang sangat unik ini.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Gading

Untuk cara membuat bonsai kelapa gading yang bagus tentunya diperlukan cara-cara yang tepat serta bahan dan media yang memadai agar hasil akhirnya maksimal. Berikut ini akan saya jabarkan cara-cara membuat bonsai kelapa :

1. Memilih jenis kelapa

Langkah ini menjadi awal dari pembuatan bonsai kelapa gading. Pada dasarnya agar mendapatkan bonsai kelapa gading yang baik maka bibitnya pun harus berasal dari bibit kelapa yang baik. Kita bisa memilih opsi bibit kelapa gading merah atau kelapa gading susu.

2. Memilih Bibit Unggul

Selanjutnya adalah memilih bibit yang bagus. Untuk membuat bonsai ini kriteria bibit yang biasa digunakan adalah yang berasal dari buah kelapa yang sudah berusia tua. Dengan ketentuan bibit tersebut harus dipetik langsung dari pohonnya bukan yang sudah jatuh dari pohonnya. Agar hasilnya lebih bagus, pilihlah buah kelapa yang berakar banyak dan berbatok kecil.

3. Tentukan Posisi Batok Kelapa

Cara membuat bonsai kelapa gading pada tahap ini, kita perlu menentukan posisi batok yang sesuai dengan keinginan kita. Karena, bonsai kelapa ini akan mulai tumbuh berawal dri bagian batoknya. Sebaiknya kita memilih posisi seproporsional dan setepat mungkin karena posisi batok tersebut akan menggambarkan bonsai kelapa seperti apa yang akan dihasilkan.

Letakkan dulu bibit bonsai kelapa yang belum bertunas pada tanah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Biasanya tunas tersebut akan muncul pada minggu kedua – minggu ketiga.

Setelah tumbuh tunas letakkan batok kelapa tersebut sesui dengan posisi yang diinginkan. Jika kita memposisikan batok kelapa keatas maka akan membuat tanaman bonsai tumbuh tinggi. Sedangkan jika kita memposisikannya ke samping maka akan membuat posisi tanaman bonsai kelapa seperti rumah keong.

4. Membersihkan Sabut Kelapa

Jika tunas sudah muncul, tahap selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membersihkan sabut kelapanya. Sayat perlahan batok kelapa hingga halus dengan cara menyayatnya membujur mengitari batok kelapa. Dan yang harus diperhatikan adalah jangan sampai mengenai tunas/akar yang baru akan tumbuh agar hasilnya maksimal.

5. Membersihkan Bulu Halus Pada Batok Kelapa

Setelah sabut kelapa dibersihkan maka kita harus membersihkan bulu halus yang menempel pada batok kelapa. Kita bisa menggunakan pisau tajam dan amplas untuk membersihkannya agar hasilnya menjadi semakin lebih bagus.

6. Membuat Media Tanam

Siapkan media pot seukuran batok kelapa kemudian isilah pot tersebut dengan campuran tanah, pupuk kandang,dan air dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Gunakan botol bekas air mineral untuk menutupi tunas kelapanya agar bisa cepat bertumbuh. Selanjutnya masukan botol kelapa kedalam pot tadi dengan posisi sedikit miring dan jangan samapi akarnya terputus ya.

Pembentukan Tanaman Bonsai Kelapa

Setelah bibit tumbuh sekita 15 – 20 cm sayat bagian paling bawahnya tetapi jangan sampai mengenai tunas yang masih muda. Lakukan penyayatan ini 4 kali atau lebih setiap harinya mengingat bahwa semakin sering disayat maka hasilnya akan lebih maksimal. Lalu, ikatlah bonsai kelapa dengan tali sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Perawatan Tanaman Bonsai Kelapa

Setelah berhasil jadi, bonsai kelapa juga perlu dirawat ya agar tetap tumbuh dengan baik. Cara perawatannya dengan disiram air pada pagi dan sore hari. Tetapi, juga diperlukan penyiraman khusus pada saat musim kemarau, lakukanlah sesering mungkin. Selain itu juga jangan lupa untuk memberi pupuk setiap 15 hari sekali ya agar bonsai kelapa tetap ternutrisi sehingga mempercepat pertumbuhan batoknya.

Nah, itu tadi seputar artikel cara membuat bonsai kelapa gading dan merawatnya menurut BonsaiKita.com. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *