BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

26 September 2022

Bonsai Kelapa Berbuah – Bonsai sebagai salah satunya tanaman hias yang memikat. Bonsai sebuah tanaman miniatur kecil dari wujud tanaman yang asli.

Tipe dari bonsai berbagai macam, banyak beragam tanaman yang dikecilkan dengan sistem pembonsaian tanaman atau pohon.

Tanaman atau pohon yang bisa menjadi bonsai misalnya ialah pohon kelapa. Tanaman bonsai kelapa mempunyai wujud yang unik, dan pas menjadi hiasan rumah.

Ada pula bonsai beringin Berbuah yang memikat dengan wujud yang lebih unik. Bonsai kelapa berbuah agak banyak disukai di pasar tanaman hias, terutamanya pencinta bonsai.

Pasti pembaca sekaligus berpikiran, bagaimana dapat tanaman sebesar pohon kelapa diganti jadi bonsai kelapa berbuah yang mempunyai ukuran kecil. Pasti pembaca ingin tahu.

Nah, Baca artikel ini sampai usai untuk ketahui Cara membuat bonsai kelapa berbuah.

Cara membuat Bonsai Kelapa Berbuah

Bonsai Kelapa Berbuah
Bonsai Kelapa Berbuah

Tahapan awalnya untuk membikin bonsai kelapa berbuah adalah pilih Tipe kelapa. Ada banyak tipe kelapa yang bisa dijadikan bonsai.

Seperti kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino. Ada beberapa ciri untuk ketahui tipe kelapa itu.

Untuk kelapa gading merah mempunyai warna merah kekuning-kuningan. Jika menjadi bonsai kelapa gading merah bisa menjadi benar-benar cantik dan unik.

Tetapi untuk perawatan bonsai kelapa gading merah cukup menyusahkan.

Yang paling susah saat menjaga bonsai gading merah ialah menjaga warna merahnya. Untuk mempertahankannya kita perlu untuk memakai pupuk yang lumayan banyak.

Karena tanaman ini jika kekurangan zat yang terdapat dalam pupuk, warna tanaman akan balik jadi hijau.

Dan untuk gading susu mempunyai warna putih dan tanaman ini lebih banyak tumbuh di wilayah Subtropis.

Selainnya jadi bonsai, kelapa tipe ini dipakai sebagai alternatif pohon palem untuk ditempatkan di taman.

Selanjutnya tipe kelapa albino mempunyai warna yang serupa dengan kelapa susu yakni warna putih. Kelapa albino mempunyai warna putih yang tidak pucat polos.

Warna yang dipunyai lebih jelas atau dekati warna ­silver. Pasti jika menjadi bonsai, kelapa tipe ini bagus sekali dan unik.

Nah, pembaca telah ketahuikan beberapa jenis kelapa yang bisa menjadi bonsai. Seterusnya pilih yang pembaca sukai atau sesuai selera pembaca yang hendak jadi bonsai.

1. Pilih Bibit Kelapa

Bibit kelapa perlu untuk diputuskan yang terbaik, jika asal tentukan bisa saja tidak dapat tumbuh secara baik. Bibit kelapa terbaik untuk bonsai adalah yang telah cukup tua.

Karena untuk kelapa yang telah tua semakin lebih cepat untuk tumbuh tunas baru.

Sebaiknya jika menuai sendiri bibit kelapa langsung dari pohonnya. Jika bibit yang telah jatuh, bisa saja bibit akan tumbuh dengan wujud yang kurang prima.

Atau juga bisa batok kelapa telah ringkih atau pecah karena bentrokan saat jatuh.

Untuk ukuran bibit, pilih ukuran batok yang tidak besar atau kecil. Tetapi mempunyai akar yang besar dan kuat. Bibit dengan batok kelapa yang kecil akan mempermudah saat menolongk wujud tangkai nanti.

2. Tentukan Status Batok Kelapa

Tempat awalnya mengembangnya kelapa tertelak di bagian batoknya. Hingga perlu tentukan status batok sama sesuai skema bonsai yang diharapkan.

Pertama, tempatkan bibit yang belum mempunyai tunas pada tanah yang mempunyai kandungan air yang lumayan banyak. Bibit akan tumbuh tunas lebih kurang sekitaran 1 sampai dua minggu.

Selanjutnya, tempatkan batok kelapa pada status vertikal, nanti batok kelapa akan dikitari akar. Atau juga bisa ditempatkan horizontal, nanti wujud bonsai kelapa bakal jadi rumah siput.

3. Bersihkan Sabut Kelapa

Sabut kelapa baru dibikin bersih saat tunas kelapa telah ada. untuk memberishkan sabut bisa dengan kupas dengan sayatan-sayatan bujur mengintari batok.

Saat menyayat batok perlu waspada supaya tidak berkenaan tunas dan akar yang baru tumbuh. Seterusnya sesudah disayat, dapat segera dikupas semua sabut kelapa yang melekat pada batok kelapa.

4. Bersihkan Bulu-bulu Lembut Batok Kelapa

tahap selanjutnya sesudah sabut kelapa kelihatan bersih adalah bersihkan bulu-bulu lembut pada batok kelapa. Bulu-bulu lembut bisa ditiadakan dengan memakai pisau sampai batok kelapa besih.

Juga bisa sesudah bersih dari bulu-bulu, batok dilumatkan kembali memakai amplas.

5. Menyiapkan Media Menanam Batok

Siapkan pot sama ukuran yang sesuai ukuran batok, atau sanggup memuat batok kelapa. selanjutnya isi pot dengan kombinasi tanah, air, dan pupuk kandang, sama ukuran ukurannya perbedaan 2:1:1.

Bila pot telah tersisi, seterusnya adalah mempersiapkan botol sisa air mineral untuk jadi penutup sisi tunas kelapa.

Mengapa tunas kelapa ditutup? Argumennya agar berkembang secara cepat. Botol air mineral barusan dipotong sisi atas botol dengan tinggi lebih kurang 5 cm.

6. Proses Penanaman

Batok kelapa bertunas barusan langsung bisa ditempatkan ke pot yang berisi kombinasi tanah, air, dan pupuk kandang.

Penanam bonsai kelapa Berbuah dengan perlahan-lahan. Tempatkan batok kelapa dengan status miring. Selanjutnya saat masukkan ke tempat tanam, janganlah sampai membuat akarnya putus.

7. Membuat Tangkai Bonsai Kelapa

Tahapan ini yang cukup penting untuk membikin bonsai kelapa. Yang sudah dilakukan supaya wujud bonsai masih tetap kecil, perlu lakukan penyayatan pada bagian tunas yang lebih tua.

Bagaimanakah cara penyayatan bonsai kelapa berbuah?

Saat bibit telah tumbuh sampai 15 sampai 20 cm, perlu disayat di bagian tunas yang paling bawah. Untuk tunas yang masih terbilang muda janganlah sampai terserang irisan supaya tidak membusuk.

Penyayatan dilaksanakan satu hari minimum 3x atau dapat semakin supaya hasil optimal.

8. Merawat Bonsai Kelapa

Tingkatan paling akhir cara membuat bonsai kelapa berbuah adalah merawat bonsai.

Menjaganya lumayan gampang, pembaca perlu menyiram bonsai satu hari sekali saat malam atau pagi. Tetapi berlainan jika pada musim kemarau, intensif penyiram seringkali.

Selain disiram, menurut situs BonsaiKita.com bonsai batok kelapa perlu untuk diberikan pupuk. Pemupuka sendiri bisa dilaksanakan tiap 15 hari sekali.

Juga bisa memakai insektisida atau herbisida supaya tanaman bonsai batok terlepas dari masalah hama. Pemberian gizi pada tanaman bonsai dapat percepat bonsai kelapamu bisa berbuah.

Tentu saja semakin lebih unik dan menarik jika tanaman bonsai kelapa yang dipunyai pembaca bisa berbuah. Yang menjadi pertanyaan bagaimanakah cara membuat bonsai kelapa berbuah?

Jawabnya lumayan gampang, yakni dengan lakukan beberapa tahapan cara membuat batok kelapa Berbuah di atas secara baik.

Jika pembaca melakukkannya dengan benar dan baik, bisa saja dalam saat yang sesaat bisa berbuah.

Untuk percepat buah dengan menjaga bonsai kelapa berbuah secara baik. Janganlah sampai tidak siram atau mungkin tidak dikasih bubuk.

Jika perawatan jeli akan membuat perkembangan bonsai kelapa jadi maksimal dan cepat berbuah.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News