Bonsai Kamboja

Diposting pada

Bonsai kamboja – Bonsai kamboja merupakan salah satu tanaman hias yang menjadi primadona saat ini. Kamboja memiliki banyak sekali varian seperti kamboja Jepang, kamboja Bali, kamboja kuning, kamboja merah dan lain sebagainya.

Meskipun memiliki banyak variasi, namun orang lebih tertarik dengan kamboja Jepang yang harganya lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Hal tersebut terjadi karena bentuk kamboja Jepang terbilang lebih indah dan menarik untuk dijadikan bonsai dan perawatannya tidak terlalu sulit.

Karakteristik Bonsai Kamboja Jepang

karakteristik bonsai kamboja
Bonsai Kamboja

Kamboja Jepang merupakan tanaman hias yang memiliki banyak bunga sehingga nilai jualnya terbilang cukup tinggi. Meskipun tergolong berukuran kecil hingga sedang, namun jenis tanaman ini memiliki karakteristik yang lebih unik dan menarik daripada jenis kamboja yang lainnya.

Tidak heran jika banyak pecinta tanaman hias lebih suka membudidayakan bonsai kamboja Jepang. Berikut simaklah rangkuman bonsaikita.com terkait karakteristik dari kamboja Jepang.

1. Batang

Kamboja Jepang memiliki batang basah dengan kadar kayu yang lebih sedikit. Kulit batangnya berwarna hijau keabu-abuan. Saat terkena air, akan berubah warna menjadi agak keperakan.

Ketika sudah memasuki umur yang cukup tua, batang tanaman ini akan berubah warna menjadi cokelat. Hal inilah yang membuat kamboja Jepang sangat indah untuk dijadikan bonsai.

2. Ukuran pohon

Kamboja Jepang bisa tumbuh hingga ketinggian 500 cm dan tergolong kecil hingga sedang, berbeda dengan jenis kamboja yang lainnya. Kamboja Jepang memiliki batang yang tidak terlalu berkayu sehingga cenderung lebih lemah dan mudah patah.

Hal inilah yang membuat tanaman kamboja Jepang tidak dibiarkan tumbuh tinggi. Meskipun terlihat seperti kelemahan, namun hal tersebutlah yang membuat kamboja Jepang nampak unik dan menarik.

3. Bentuk pohon

Secara umum, kamboja Jepang akan tumbuh ke arah samping saat ukuran tingginya telah mencapai maksimum. Hal tersebut membuat akan pohon kamboja menjadi gendut dan tumbuh melebar.

Ini merupakan salah satu alasan mengapa kamboja Jepang sangat indah dikreasikan menjadi bonsai.

Setiap pohon kamboja Jepang memiliki akar yang unik dan berbeda. Semakin menarik bentuk akar yang dimiliki, maka akan semakin mahal harga jual bonsai tersebut.

4. Daun

Kamboja Jepang memiliki daun berbentuk lonjong dengan bagian ujung yang membulat. Berbeda dengan jenis kamboja lainnya yang memiliki daun dengan bentuk sirip yang bagian ujungnya lancip.

Daun kamboja Jepang terlihat lebih berair dan tebal. Di bagian ujung daun terdapat bagian tangkai daun yang menyambung dengan bagian tulang daun. Tulang daun kamboja Jepang memiliki getah berwarna putih yang lengket dan kental.

Beberapa orang mungkin akan merasa gatal ketika menyentuhnya. Untuk itu Anda harus berhati-hati ketika merawat dan membentuknya menjadi bonsai. Kamboja Jepang yang sehat akan memiliki daun berwarna hijau tua, tidak layu dan terlihat mengkilap.

5. Bunga

Kamboja Jepang mempunyai bunga yang cukup unik berukuran kecil dan berbentuk menyerupai terompet. Pada bagian ujung bunga terdapat kelopak yang menyatu, berbentuk bulat dengan bagian ujung yang runcing.

Bunga kamboja Jepang memiliki warna yang cukup bervariasi, mulai dari putih, kuning, merah mudah, merah dan lain sebagainya.

Meskipun terdiri dari berbagai variasi warna, namun kebanyakan orang lebih suka dengan bunga kamboja berwarna merah mudah karena terlihat lebih cantik dan tidak pucat.

6. Kandungan manfaat

Selain memiliki penampilan yang menarik, kamboja Jepang ternyata memiliki banyak manfaat yaitu mengandung zat antioksidan yang tinggi berupa fenolik, tanin, alkaloid, vitamin c, saponin dan flavonoid.

Beberapa kandungan tersebut membuat jenis tanaman ini seringkali dijadikan sebagai bahan uji coba dalam peningkatan sistem imunitas tubuh.

Kandungan antioksidan dalam tanaman ini mampu menangkal zat radikal bebas sehingga dapat mencegah risiko kanker. Selain mampu memperindah rumah, ternyata tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Berbagai karakteristik tersebut menjadi daya tarik yang membedakan bonsai kamboja Jepang dengan variasi yang lainnya. Membudidayakan bonsai membutuhkan pengetahuan serta kesabaran yang tinggi, karena proses pembentukannya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Harga Bonsai Kamboja

Harga bonsai kamboja ini benar-benar bermacam, ada yang murah dan ada pula yang mahal sekitar 10.000 – 10.000.000 sesuai jenis dan seni bonsai nya sendiri. Namun, untuk beberapa bonsai yang unik umumnya ditetapkan lebih dulu topik yang bakal wujud, yang kerap jadi topik ialah binatang atau hewan.

Tetapi, bukan hanya hewan saja umumnya tokoh atau beberapa aktivitas manusia dapat jadi topik tambahan yang unik. Sesungguhnya semua topik yang dipakai untuk membuat bonsai didasari pada kecerdasan saat lakukan pemrosesan kamboja tersebut. Dimulai dari pemahatan sampai dalam proses pembentukkan.

Harga Bonsai Kamboja asli umumnya tambah mahal dibandingkan harga Bonsai Kamboja kw karena kwalitasnya berbeda. Menurut BonsaiKita.com untuk memperoleh harga Bonsai Kamboja murah dapat dengan cari Bonsai Kamboja potongan harga di toko yang menyediakan promo Bonsai Kamboja atau membeli Bonsai Kamboja grosir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *