Bonsai Kaliandra

Diposting pada

Bonsai Kaliandra – Tanaman hias kini tengah menjadi primadona banyak kalangan, tidak terkecuali bonsai, jenis tanaman satu ini juga memiliki daya tarik hingga banyak diminati karena mudah dirawat. Salah satunya adalah bonsai Kaliandra, dengan daya tariknya mampu menarik minat banyak kalangan untuk merawatnya.

Karakteristik Bonsai Kaliandra

Bonsai Kaliandra
Bonsai Kaliandra

Bonsai Kaliandra ialah marga satu kelompok tumbuhan berbuah polong (legum) dalam famili Fabaceae. Di Indonesia, orang mengenali kaliandra khususnya ialah kaliandra bunga merah (C. calothyrsus) sebagai tanaman penghijauan dan sumber pakan ternak.

Ada banyak tipe pohon kaliandra berdasar komunitas alaminya di penjuru dunia,ada yang mengatakan 140 an spesies,170 an spesies dan ada yang mengatakan 200 spesies tanaman kaliandra. Agar lebih pakemnya kami mengatakan lebih dari 100 tipe tanaman kaliandra yang ada.

Ciri Fisik Bonsai Kaliandra

Tanaman kaliandra merah atau bahasa latinnya yaitu calothirsus, merupakan salah satu jenis tanaman pagar memiliki akar yang sangat kuat, Dikarenakan jenis akar tanaman ini masuk ke dalam.

1. Berbungan Sepajang Waktu

Dengan karakter bonsai inilah, merupakan alasan kenapa tanaman kaliandraini benar-benar sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pagar di tanah yang memiliki kemiringan tajam. Menariknya lagi, Bonsai Kaliandra berbunga sepanjang waktu, tidak ada batasan musim.

Ini menjadikan alasan, layak untuk dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah agar terlihat selalu cantik. Bahkan jika Anda menanamnya melalui biji, pohon kaliandra inipun akan berbunga dengan maksimal sekitar umur kurang lebih 2 tahun.

2. Tahan dengan Kadar Air Rendah

Jenis bonsai satu ini, juga dipastikan akan tahan dengan tanah yang memiliki air terbatas, atau kering bahkan tandus. Hal ini dikarenakan akar Kaliandra yang dalam dapat bertahan, hingga tanaman ini, dapat mengikat air dan mampu difungsikan guna merehabilitasi pada kandungan air.

Sedangkan jika bonsai ini sudah setinggi 1 meter, dapat dipastikan mampu bertahan hingga tumbuh subur meskipun sedang di musim kemarau (kering). Pohon kaliandra juga mampu berbunga ataupun tumbuh subur dikondisi cuaca ekstrim atau panas hingga 33 derajat celcius.

3. Mudah Rontok

Bahkan di daerah tandus, namun tentu akan menganggu perkembangan generatif dari pohon ini, bunga yang mudah rontok sebelum menjadi buah dan biji. Jjika ingin memperbanyak pohon ini yaitu dengan vegetatif, seperti cangkok, stek, dll.

Setiap pagi, jika Anda amati, pada pangkal benang sari ada titik-titik air warna kekuningan, apabila dirasakan, maka terasa manis. Ini adalah nektar yang sangat disenangioleh lebah, membuat kaliandra merupakan salah satu tanaman primadona bagi pelebah.

Cara Tumbuh Bonsai Kaliandra

Jika tertarik ingin menanam bonsai ini, tentu harus mempelajari cara untuk merawatnya. Bertujuan agar tidak mudah salah merawat dan bisa bertahan lama dengan penanganan yang tepat. Pahami cara tumbuh tanaman ini, seperti di bawah ini:

1. Ketahanan Hidup Bonsai Kaliandra

Bonsai inibisa tumbuh di daerah manapun, dengan intensitas hujan sekitar 700-4000 mm/tahun. Namun sangat disarankan agar jangan tergenangi air. Dikarenakan tanaman kaliandra tak bisa tumbuh ketika di lahan rawa.

Akan tetapi tanaman ini, bisa tumbuh subur dengan baik pada ketinggian rata-rata 400-1800 meter diatas permukaan laut. Bonsai sanggup tumbuh di berbagai macam jenis tanah, atau tipe tanah kering, asam, maupun tanah yang kurang subur.

2. Cara Penanaman Bonsai Kaliandra

Bagi anda yang tertarik budidaya kaliandra, maka sangatlah mudah. Jika sekiranya dapat dibudidayakan lebih serius, bonsai ini sanggup menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menjanjikan, terlebih selalu banyak diminati. Untuk pembibitan kaliandra dapat dilakukan dengan mencari bibit unggul.

Tentu juga, dengan cara memotong-motong batang yang tua dan sehat sekitar ukuran kira-kira 20-30 cm. Selain itu juga bisa dengan buahnya yang sebelumnya sudah di bedengi di polybag. Dan untuk sistem penanaman kaliandra juga cukup gampang, hanya ditancapkan di tanah saja.

Dengan mengenal ciri fisik dari BonsaiKita.com tentang tanaman bonsai Kaliandra, beserta cara penanaman hingga perawatannya, akan membantu Anda yang ingin merawatnya. Sebab banyak orang tertarik merawat bonsai satu ini, dikarenakan cara tanam dan rawatnya yang sangat mudah dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *