Bonsai Kaliage

Diposting pada

Bonsai Kaliage – Pohon bonsai kaliage atau Cudrania chochinsinensis adalah salah satu jenis tanaman yang tubuh dengan cara berkelompok di semak belukar. Tanaman satu ini cukup unik dan mempunyai warna kuning cerah dengan campuran orange. Batangnya panjang dan berduri.

Tanaman kaliage memiliki daun berwarna orange atau kehijauan dan kebanyakan rimbun karena tanaman kaliage tergolong tumbuhan semak atau perdu. Dan istimewanya, tanaman kaliage ini mempunyai duri yang panjang dengan ujungnya tajam. Sehingga memiliki daya tarik tersendiri terhadap bonsai kaliage.

Macam-Macam Karakteristik Kaliage

Bonsai Kaliage

Terdapat beberapa karakteristik dari kaliage yang dapat Anda temukan. Semuanya bisa dilihat secara kasat mata, sehingga semua orang akan bisa mengetahuinya secara langsung. Berikut adalah penjelasan-penjelasannya.

1. Berwarna Orange Muda

Salah satu karakteristik yang paling mudah ditemui oleh orang-orang dari bonsai kaliage ini adalah warna dari bagian luar batangnya.

Warna orange atau hijau hulk sangat identik dengan bonsai jenis satu ini. Jadi tentu akan lebih mudah dalam mengenalinya.

2. Mempunyai Duri

Selain warna, duri juga menjadi salah satu tanda pengenal dari jenis tanaman kaliage ini. Duri yang dimiliki oleh tanaman kaliage sangat kaku, panjang, ada dimana-mana. Ujungnya juga cukup tajam saaat tersentuh oleh tangan.

3. Memiliki Daun Rimbun dan Hijau

Selanjutnya bonsai ini juga memiliki daun yang rimbun dan lebat. Warnanya hijau dan termasuk dalam golongan tanaman semak belukar. Maka dari itu, tidak heran jika bentuknya cukup banyak dan bergerombolan membentuk semak-semak.

4. Kulit Luarnya seperti Terbelah dan Memanjang

Berikutnya yakni bagian kulit luar dari tanaman kaliage bentuknya seperti memanjang dan juga terbelah. Ini tentu menjadi salah satu hal unik dan dapat dijadikan sebagai salah satu dari karakteristik tanaman tersebut.

Dengan begitu tanaman kaliage menjadi lebih mudah dikenali.

5. Menjadi Tanaman Bonsai Paling Istimewa

Bonsai kaliage menjadi salah satu tanaman bonsai yang dijuluki dengan nama yang paling istimewa. Jenis tanaman ini memang sangat bagus dan memiliki cukup banyak keunikan. Bahkan keunikannya jarang sekali dimiliki oleh tanaman bonsai lainnya.

Trik Membuat Bonsai Kaliage

Trik membuat bonsai kaliage gak jauh beda dari proses pembuatan bonsai secara umum. Tetapi, ada trik yang cocok dalam membuat tanaman kaliage untuk dibonsaikan dengan cepat.

1. Perlengkapan yang Wajib Dipersiapkan

  • Pot bonsai
  • Media bonsai, seperti tanah dan pupuk
  • Bakalan tanaman kaliage

2. Penanaman Bakalan Bonsai Kaliage

  • Siapkan bakalan tanaman kaliage yang sehat bebas dari hama
  • Siapkan tanah dan pupuk, dengan perbandingan 2 : 1
  • Campurkan media tanam tersebut ke pot sampai 1/4 pot terisi
  • Lalu masukkan bakalan tanaman kaliage ke media tanam tersebut di pot dan timbun
  • Dan biarkan 10 hari agar hasilnya membaik.

3. Pemberian Pestisida

  • Berikan pestisida pada media tanah bonsai untuk menghindari bonsai tersebut dari serangan hama dan penyakit
  • Berikan pestisida yang bernama furdan bubuk
  • Cara memberikanya dengan cara menaburkan saja

4. Menunggu Hasil

  • Tahap yang terakhir tinggal menunggu hasil
  • Anda dapat mengatur besar kecilnya tanaman kaliage
  • Pangkas daun dan batang bonsai kaliage

Demikian sedikit trik membuat bonsai kaliage untuk pemula yang telah dirangkum situs BonsaiKita.com untuk pemula. Anda dapat melakukannya dengan melakukan step by step diatas. Tentunya trik tersebut telah di lakukan para pembonsai lainnya.

Sekian pembahasan mengenai bonsai kaliage menurut BonsaiKita.com. Dengan adanya karakteristik dari tanaman kaliage ini, maka orang-orang akan lebih mudah untuk mengetahui ciri-ciri dari jenis bonsai ini. Meskipun terkadang juga ada beberapa yang masih kesulitan membedakannya. Semoga bermanfaat ya guys 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *