Bonsai Jeruk

Diposting pada

Bonsai Jeruk – Bonsai yaitu tehnik yang cukup dikenali untuk membuat sebuah tanaman hias yang terlihat bagus jika jadi hiasan di dalam rumah. Siapa kira ternyata bonsai dapat dilaksanakan pada bermacam tanaman terhitung tanaman buah. Salah satunya yang dapat jadi bonsai ialah bonsai jeruk.

Jeruk ialah tanaman buah yang sebetulnya dapat tumbuh pada tempat tertentu. Biasanya tanaman jeruk purut banyak dibudidayakan di lokasi yang mempunyai temperatur di bawah 23 derajat celcius. Berarti, kamu memerlukan suhu yang sejuk jika ingin meningkatkan jeruk yang terbaik.

Ingin memiliki bonsai yang sedikit berbeda dari tanaman bonsai pada umumnya? Sepertinya Anda perlu mencoba membuat bonsai dari tanaman buah, misalnya bonsai Jeruk. Meski bonsai biasanya dibentuk dari tanaman-tanaman berkayu, namun sebernanya pilihannya tidak hanya terbatas pada itu saja.

Beberapa jenis tanaman lain seperti tanaman buah pun bisa dibentuk menjadi bonsai yang menarik. Karena difungsikan sebagai tanaman hias, maka orang lebih cenderung pada tampilan dari pohon ini dibandingkan dengan buah yang dihasilkan. Jadi, tidaklah mengapa jika bonsai ini hanya berbuah sedikit.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menanam jeruk bonsai :

Bonsai Jeruk
  • Pilihlah pot yang sesuai dengan bonsai jeruk.
  • Pengisian media tanam. Karena bonsai mengikut kondisi tanah dalam dunia nyata, karena itu susunan ke-1 tidak melewati 35cm dan memiliki sifat mempunyai banyak humus yang subur. Susunan ke-2 ialah susunan yang bisa salurkan air ke arah bawah supaya jadi air tanah. Susunan ke-3 membuat batu-batuan dan susunan empat ialah susunan yang meresap air.
  • Pasir, batu kerikil dan tanah yang mempunyai serangga akan membahayakan tanaman bonsai. Karena itu, dibutuhkan pembersihan isi pot supaya terbebas dari bahaya terserang gempuran serangga yang selanjutnya akan mengusik proses perkembangan tanaman tersebut.

4 Cara Membentuk Bonsai Jeruk

Untuk membentuk tanaman Jeruk menjadi sebuah bonsai, Anda memerlukan tanaman yang batangnya sudah cukup kuat, Orang biasanya akan menggunakan tanaman Jeruk yang sudah tumbuh di alam bebas dan kemudian mempertahankan struktur tumbunnya.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Nah, berikut ini adalah cara membentuknya menurut bonsaikita.com. Apa saja ya?

1. Pembentukan Kerangka Dasar

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk membuat bonsai jeruk tentu saja adalah dengan membentuk kerangka dasarnya. Begitu juga ketika Anda ingin membuat bonsai dari tanaman Jeruk. Pastikan tanaman Jeruk yang akan dipakai untuk membentuk kerangka dasar sudah mendapatkan perawatan sebelumnya.

Pilihlah tanaman Jeruk yang memiliki batang induk cukup besar dan kuat. Biasanya hal ini ditandai dengan batang yang tidak dapat lagi digerakkan dan sudah mencapai ketinggian tertentu untuk dijadikan bonsai.

Kemudian, tanaman tersebut telah dipindahkan dari media tanam yang sebelumnya dan mendapatkan proses penyembuhan sehingga siap untuk dibentuk.

2. Pengaturan Arah Cabang

Setelah tanaman dipindah ke media pot dan dibentuk kerangka dasarnya, maka tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membentuk dan mengatur arah tumbuhnya. Membentuk dan mengarahkan tumbuhnya arah cabang bakal bonsai Jeruk memerlukan waktu yang cukup lama.

Untuk menunjang pengaturan arah cabang ini, Anda biasanya memerlukan media penunjang tambahan seperti kawat sehingga dahan akan bisa diposisikan lebih lama pada arah yang diinginkan. Para kolektor umumnya menggunakan kawat kuningan dengan diameter yang sesuai dengan ukuran ranting.

3. Penyiraman Tanaman

Selain proses penanaman dalam pot dan pengaturan arah cabang, penyiraman juga berperan penting dalam pembentukan bonsai jeruk. Bakal bonsai dan tanah yang digunakan untuk media tanam sebaiknya disiram air menggunakan spray dengan semprotan yang halus agar tidak merusak bagian-bagian tanaman.

Gunakan air yang yang bersih, tawar, dan tidak mengandung tanah atau lumpur. Jika air sudah keluar dari lubang pot, hentikan penyiraman agar asupan air yang didapatkan tanaman tidak berlebihan. Selain itu, bakal bonsai yang baru dibentuk ini harus diletakkan di tempat yang tepat.

Bakal bonsai dari tanaman Jeruk paling sesuai diletakkan pada lingkungan yang teduh serta tidak terkena banyak hembusan angin. Pastikan juga bakal bonsai aman dari berbagai macam gangguan. Misalnya, meletakkanya jauh dari lalu lalang orang sehingga tidak mudah tersenggol.

4. Pemangkasan Ranting

Bonsai jeruk akan terbetuk secara sempurna setelah proses penyusunan ranting dan daun karena inilah yang membuatnya terlihat menarik. Proses ini dilakukan dengan memetik titik tumbuh daun tanaman dan memangkas bakal bonsai.

Proses penyusunan ranting pada bakal bonsai ini dilakukan dengan cara memangkas dahan atau ranting yang tumbuh paling dekat dengan ujung tanaman. Bagian ini dipilih karena bekas potongannya akan pulih dengan cepat dan bakal bonsai akan tumbuh dengan sehat.

Karena pada intinya tidak semua bisa dijadikan bonsai, tanaman yang bisa dijadikan bonsai ialah tanaman tertentu. Proses memperbaiki bonsai ialah proses menyusun ranting dan daun supaya telihat imbang dan menarik. Proses ini dikerjakan dengan menuai titik tumbuh dan pemangkasan pada bakalan bonsai. Proses pemangkasan umumnya dikerjakan dengan memangkas dahan atau ranting yang tumbuh sedekat kemungkinan dengan ujung supaya lukanya tertutup dengan sehat.

Itulah beberapa beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membentuk bonsai Jeruk menurut BonsaiKita.com. Cukup mudah, bukan? Bagian penting yang perlu diperhatikan adalah pembentukan arah tumbuh cabangnya sebab waktunya cukup lama. Anda juga sebaiknya tidak terlalu berekspektasi pada kualitas jeruknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *