Bonsai Jeruk Kingkit

Diposting pada

Bonsai Jeruk Kingkit – Bagi Anda yang gemar mengoleksi tanaman bonsai hias, pastinya sudah sering melihat tanaman hias yang populer satu ini. Dimana bonsai jeruk kingkit sering jadi incaran oleh para kolektor. Dikarenakan punya bentuk ideal dengan kualitas tinggi. Terlebih bonsai ini mudah untuk dibentuk serta dirawat.

Mengenal Keutamaan Pohon Bonsai Jeruk Jingkit

Bonsai Jeruk Kingkit
Bonsai Jeruk Kingkit

Tanaman bonsai jeruk kingkit, merupakan salah satu tanaman yang sangat cocok untuk dijadikan bonsai dalam pot. Ada banyak pecinta maupun kolektor dari tanaman bonsai pot dangkal. Gemar memelihara jeruk kingkit menjadi hiasan untuk memperindah rumah.

Mereka memilih bonsai jeruk kingkit, dikarenakan mempunyai karakter pohon sangat ideal, bisa dibentuk menjadi bonsai. Terlebih cara menanam dan merawatnya yang mudah, cukup menyiramnya satu kali sehari saja.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Tamanan jeruk kingkit ini, juga termasuk dalam tipe tanaman bonsai yang mampu lebih mudah tumbuh serta tahan terhadap pemangkasan cabang. Dimana pada pohon perdu jeruk-jerukan ini, memiliki ukuran daun relatif kecil yang pastinya hasil buah pohon inipun juga sangat kecil-kecil.

Mempunyai warna merah pekat, semakin menambah estetika pohon bonsai jenis jeruk kingkit semakin memikat. Inilah yang jadi alasan, mengapa banyaknya yang tertarik mengoleksi pohon ini. Dipastikan dapat memperindah rumah.

Ciri Fisik Bonsai Jeruk Kingkit

Mengenal lebih dekat dengan pohon bonsai satu ini, akan menambah kegemaran Anda untuk mengoleksinya. Karena bonsai ini menjadi primadona bagi pencinta bonsai. Memiliki ciri fisik yang menarik menambah daya pikat. Jika ingin menanamnya, simak ulasannya:

1. Penanaman Melalui Biji

Untuk tahap pertama harus dilakukan yaitu dengan carakeringkan biji, kemudian disemai. Tahap penyemaian, sebaiknya gunakan kompas sebagai media tanam. Tahap selanjutnya dengan menanam biji di dalam media tanam, dengan meletakkan di tempat yang memiliki sinar matahari langsung.

Tahapan berikutnya yaitu dengan cara melakukan penyiraman dengan teratur. Pada saat tanaman berusia 5 hingga 6 minggu, sudah mempunyai 4 sampai 5 helai daun. Kemudian bisa dipindah ke dalam polybag.

2. Penanaman Melalui Stek

Cara pertama yaitu pilih batang yang tua, supaya bisa menghasilkan stek yang lebih baik. Kemudian pilih batang ingin di stek, berikutnya potonglah batang tersebut. Jangan lupa sisakanlah 3-5 helai daun di batang, lalu rendam batang dalam air hingga 1 hari.

Tahapan selanjutnya, setelah perendaman yaitu menanam batang dalam media tanam terdiri dari campuran pasir, tanah dan kompos. Lalu tutup batang dengan plastik, Agar mengurangi penguapan berlebihan, membantu tunas lebih cepat tumbuh.

3. Penanaman Melalui Cangkok

Untuk cara mencangkok satu ini, cukup sulit. Dikarenakan bentuk batangnya tergolong kecil, tentunyaketika pengelupasan pada kulit kayu, dan kambium disarankan harus berhati-hati,  agar bisa membantu batang jeruk kingkit tak mudah putus.

Demi bisa menghindari hal ini, tentu yang harus dilakukan yaitu memilih batang pohon lebih tua, serta berukuran lebih besar. Tahap selanjutnya dengan mencangkok batang sebagaimana cara pada umumnya.

4. Pembuatan Bonsai

Dalam pembuatan bonsai jeruk kingkit ini, bisa  dilakukan saat tanaman dianggap sudah kuat. Bertujuan agar saat pembentukan, bonsai dan kawat tanaman, akan tetap kokoh. Hingga dapat dibentuk lebih baik.

Anda dapat menggunakan bibit jeruk kingkit dengan beberapa tahapan tersebut. Sedangkan untuk proses selanjutnya, dimana tahapan pembonsaian juga harus disertai dengan perawatan, serta pemangkasan disetiap harinya.

Dilansir BonsaiKita.com, bonsai jeruk kingkit menjadi primadona, dikarenakan selain cara tanamnya yang mudah. Pastinya juga memiliki bentuk yang unik, dengan buah yang berwarna menarik. Hingga bonsai jeruk kingkit ini banyak diminati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *