Bonsai Jepang

Bonsai Jepang

Diposting pada

Bonsai Jepang – Kini semakin banyak orang yang gemar membudidayakan tanaman hias. Selain memiliki tampilan yang indah, tanaman tersebut juga dijadikan sebagai penyejuk ruangan. Sama seperti bonsai Jepang ini, Anda bisa menjadikannya sebagai hiasan di mana pun. Di luar atau bahkan dalam rumah.

Mengapa Tanaman Bonsai Jepang itu Istimewa?

(Foto : Pinterest)

Banyak sekali orang yang menyukai tanaman hias, selain memberikan manfaat baik dalam segi keindahan. Tanaman tersebut seringkali menjadi penyejuk suatu ruangan, seperti tanaman Jepang ini. Pada umumnya, jenis bonsai ini adalah yang paling menarik dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Bagian tubuh atau batangnya terlihat sedikit lebih besar, walaupun tumbuhannya sendiri termasuk mini / kecil. Uniknya lagi, tanaman Jepang ini termasuk tanaman yang memiliki sebutan sebagai mawar gurun. Itu karena karakteristiknya, bonsai ini sangat tahan walaupun kekurangan air / tinggal di tempat panas.

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa bonsai Jepang ini memiliki sebutan sebagai mawar gurun. Dikarenakan karakteristiknya yang tahan terhadap kurangnya air. Namun, jangan disengajauntuk tidak menyiraminya, walau bagaimana pun tanaman masih harus memerlukan air meskipun sedikit.

Suplai air yang cukup pun sangatlah tanaman Jepang butuhkan. Tujuannya adalah demi memberikan kesegaran serta daya tahan di bagian bunga bonsai tersebut. Media tanam yang perlu Anda gunakan untuk tanaman ini, yaitu pasir. Dikarenakan tidak memerlukan banyak untuk menyimpan air.

Keindahan Tanaman Bonsai Jepang

Sebagai salah satu tanaman hias yang paling banyak diminati masyarakat, tanaman bonsai seringkali menjadi hiasan di dalam dan juga luar rumah. Setiap model tanaman hias pada umumnya memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri.

Tanaman bonsai Jepang ini termasuk ke dalam salah satu tanaman yang paling menarik, mengingat bentuknya yang sangat elegan dengan bagian daun begitu rimbun namun daunnya kecil. Tentu saja sangat cocok jika dijadikan sebagai hiasan di dalam atau luar rumah. Daunnya berwarna hijau gelap.

  • Simak : Pengertian, Karakteristik, dan 30 Jenis Bonsai Terbaik

Warna tersebut memiliki kesan yang sangat menarik, serta cocok jika dipadukan dengan interior apa pun. Selain itu, tanaman Jepang ini juga mempunyai bunga yang terlihat sangat cantik. Bonsai ini merupakan jenis tanaman hias yang sangat mudah untuk berbunga, tampilannya pun indah.

Teknik Unik Perkembangan dan Memuasakan Bonsai Jepang

(Foto : Pinterest)

Hal yang perlu Anda ketahui dari tanaman Jepang ini, yaitu ada yang namanya teknik puasa air. Di mana tanaman ini akan menumbuhkan bunga yang hampir secara keseluruhan menggantikan posisi daunnya. Hal itu memiliki tujuan, untuk dapat merontokkan daun lalu merangsang tunas baru tumbuh.

Dengan begitu, keluarnya kuncup bisa secara bersamaan. Pada umumnya, bunga dari bonsai Jepang ini akan muncul dari 3 sampai dengan 4 kali dalam setahun. Cara untuk dapat memuasakan tanamannya pun juga cukup mudah dan tidak terlalu ribet untuk dilakukan.

Berbicara mengenai cara memuasakan tanaman bonsai Jepang, caranya cukup mudah. Pertama, Anda tidak diperbolehkan untuk menyiramnya dengan air sekitar satu mingguan. Lalu memberikannya pupuk dengan kalium yang cukup tinggi.

Dosis pemberiannya sendiri, ada baiknya mengikuti saran dari kemasan pupuknya. Jika sudah diberikan pupuk, Anda bisa memuasakan bonsai tersebut tersebut sekitar satu mingguan. Setelah itu, lakukan penyiraman menggunakan pupuk sama. Lakukanlah sampai kuncum bunganya muncul.

Itulah beberapa penjelasan yang cukup bermanfaat, mengenai informasi tanaman bonsai Jepang. Jikalau Anda sedang membudidayakannya juga, akan lebih baik mengikuti saran merawatnya sesuai dengan pembahasan di atas. Agar tanamannya tumbuh subur dan tidak membusuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *