Bonsai Ileng-Ileng

Diposting pada

Bonsai Ileng-Ileng – Ileng-ileng atau dikenal bernama lain mangsi atau mangsian ini adalah tanaman jenis semak yang tumbuh liaru umum dijumpai hidup di tanah kosong. Ileng-Ileng biasanya tumbuh di wilayah dengan ketinggian di antara 800-2000 m dpl. Ileng-Ileng biasanya tumbuh di wilayah dengan ketinggian di antara 800-2000 m dpl.

Tumbuh secara liar di tepi sawah kebun atau sungai bisa jadi tanaman pagar dan dapat digunakan sebagai tanaman hias bonsai. Tanaman ini dikenal juga dengan beragam nama di Indonesia seperti Mangsian. Tanaman ileng ileng sebanarnya sebuah tanaman gulma yang tumbuh liar.

Bonsai ileng-ileng merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias jenis bonsai. Banyak orang yang menyukai tanaman satu ini, Salah satu sebabnya adalah karena bentuknya yang unik dan beraneka macam.

Tanaman ini lebih gampang merawatanya. Tidak seperti tanaman bonsai lain, bonsai Ileng Ileng Mangsian memanglah bisa tumbuh simpel di pot tanpa perlakuan khusus. Perawatannya dapat dilakukan dengan memberi pupuk cair tiap 1 minggu sekali atau juga bisa dua minggu sekali.

Jika cuaca benar-benar kering dan Anda menyaksikan bonsai Pohon Ileng Ileng Mangsian Anda tidak berbunga dan berdaun, hal tersebut tidak berarti tanaman Anda mati. Nanti ia akan tumbuh seperti sebelumnya kembali berdaun dan berbunga.

Cara untuk Merawat Tanaman Bonsai Ileng-Ileng

Bonsai Ileng-Ileng

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap tanaman ileng-ileng. Langkah-langkahnya juga sangat mudah diterapkan. Berikut adalah macam-macam metode dalam merawat tanaman bonsai jenis satu ini:

1. Penyiraman

Perawatan tanaman bonsai yang paling penting adalah dari segi penyiraman. Tidak hanya bonsai, semua jenis tanaman pasti membutuhkan penyiraman air secara cukup dan rutin setiap hari. Supaya tidak mudah layu dan mati, apalagi pada saat panas terik seperti sekarang ini.

Tentu sangat penting untuk melakukan penyiraman tanaman bonsai setiap hari secara teratur. Dengan begitu, tanaman ini akan tetap tumbuh subur dan menghasilkan bentuk yang indah dan cantik. Lakukan penyiraman dengan memercikkan air pada media tanam dan juga tanamannya.

2. Pemberian Pupuk Cair

Selain melakukan penyiraman, cara perawatan lainnya yang harus Anda lakukan pada tanaman bonsai adalah dengan memberikan pupuk cair. Namun, pemberiannya tidak dilakukan setiap hari. Ada batasan-batasan waktu yang ditentukan dan memang harus dipatuhi.

Pemberian pupuk cair ini bisa dilakukan dalam jangka waktu seminggu atau dua minggu sekali. Sesuaikan dengan kebutuhan si tanaman. Anda juga bisa menggunakan pupuk organik, supaya tanaman tidak mengandung bahan-bahan kimia dalam pupuk-pupuk kimia.

3. Membentuknya Sesuai dengan Keinginan

Setelah melakukan kedua hal tersebut, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pembentukan pada pohon ileng-ileng tersebut. Bentuk menggunakan kawat lunak, dengan begitu kulit batang dari bonsai tidak akan rusak.

Jika sudah selesai, maka bisa melepaskan kawat-kawat tersebut. Kemudian singkirkan gundukan tanahnya, supaya tanaman dapat menjadikan akarnya terlihat bagus. Sekaligus juga batangnya akan memiliki keunikan tersendiri nantinya.

Harga Bonsai Ileng-ileng

Penasaran dengan harga pohon ileng-ileng yang semakin viral?? Berikut kutipan dari situs BonsaiKita.com terkait harga tanaman ileng-ileng dari berbagai sumber :

  • Bahan Bonsai Ileng-ileng Uk Small : 25.000,-
  • Bahan Bonsai Ileng-ileng Mangisan : 30.000,-
  • Bahan Bonsai Ileng-ileng Krakter Tua : 70.000,-
  • Pohon Bonsai Ileng-ileng Uk Small : 540.000,-
  • Pohon Bonsai Ileng-ileng Mangisan : 850.000,-
  • Pohon Bonsai Ileng-ileng Karakter Tua : 1.300.000,-

Itulah sedikit ulasan harga ileng-ileng. Harga bonsai ileng-ileng cukup beragam dan tidak ada patokannya dikarenakan penghoby tidak mengukur dari segi itu.

Sekian sedikit pembahasan dari BonsaiKita.com mengenai tanaman ileng-ileng ini. Anda perlu melakukan perawatan-perawatan tertentu untuk dapat membuat tanaman bonsai menjadi selalu bagus dan tumbuh sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *