Bonsai Hokiantea

Bonsai Hokiantea

Diposting pada

Bonsai Hokiantea – Tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang paling banyak disukai. Bagaimana tidak, penggunaannya sendiri sangat berguna sebagai hiasan suatu ruangan / tempat. Sama seperti bonsai hokiantea, Anda bisa meletakkan bonsai tersebut di depan teras rumah agar tampak lebih bagus.

Keunikan dari Tanaman Bonsai Hokiantea

(Foto : Pinterest)

Tanaman hokiantea memiliki nama latin, yaitu Ehretia Microphylla. Termasuk tanaman semak yang biasanya bisa tumbuh mulai dari 1 sampai dengan 4 meteran. Tidak hanya itu saja, hokiantea ini juga merupakan tanaman yang dijadikan sebagai bonsai paling istimewa, karena cukup menarik.

Pada umumnya, tanaman hokiantea ini termasuk ke dalam tanaman yang dijadikan sebagai obat. Bahkan penggunaannya sendiri sudah banyak digunakan sebagai obat di beberapa negara Asia, seperti pada Filipina serta China. Masyarakat di sana banyak membudidayakan bonsai ini.

Tidak hanya sebagai obat saja, tanaman hokiantea ini juga seringkali digunakan sebagai pengganti teh di negara Asia tersebut. Tidak heran jika banyak sekali yang membudidayakannya. Habitat alami dari tanaman ini, biasanya berada di lahan terbuka dengan suasana kering / panas.

Beberapa Informasi Tentang Bonsai Hokiantea

Sebagai salah satu jenis tanaman bonsai yang memberikan banyak manfaat, Anda harus mengetahui informasi lainnya yang tidak kalah menarik. Sebelum membeli, ada baiknya tahu apa keunikan dan kelebihan yang dimiliki oleh tanaman hias tersebut. supaya bisa merawatnya dengan baik.

1. Pertumbuhan

Pada umumnya, tanaman hokiantea ini memiliki pertumbuhan yang cukup lambat dan biasanya seringkali ditemukan ketika masih dalam bentuk semak dan banyak percabangan. Karakteristik dari daunnya adalah lonjong dengan panjang yang bisa mencapai sekitar 3 cm lebar 1 cm.

  • Simak : Pengertian, Karakteristik, dan 30 Jenis Bonsai Terbaik

Tekstur dari daunnya sendiri cukup kasar, tebal dan warnanya adalah hijau tua namun agak mengkilap. Saat menjadi hiasan, tanaman bonsai hokiantea ini justru memberikan kesan menarik dan terlihat indah. Bahkan tanaman ini juga mempunyai bunga yang cukup kecil warna putih unik 1 cm.

2. Bentuk Daun

Tidak sampai disitu saja, tanaman hokiantea ini juga dikenal karena mempunyai pesona yang sangat menarik. Itulah mengapa banyak pecinta bonsai yang sering menjadikannya sebagai hiasan. Pesonanya terletak pada bagian daun yang terlihat mengkilap dan ukurannya terbilang cukup kecil.

Namun, bukan itu saja pesonanya melainkan bagian daunnya sendiri bisa tumbuh dengan sangat rimbun. Menjadikan tanaman ini memiliki daya tariknya sendiri. Batang serta percabangan tanamannya pun ulet, sehingga Anda bisa membentuk bagian tersebut (diplintir) sesuai keinginan.

3. Harga Bonsai

Umumnya, tanaman hokiantea ini sangat jarang dijual di pasaran. Salah satu alasannya adalah karena lamanya waktu untuk bisa merawatnya supaya menjadi tanaman berbentuk indah. Terlebih lagi hokiantea ini juga belum populer, sehingga tidak banyak yang membudidayakannya.

Para pedagang serta pembudidaya lebih memilih tanaman bonsai beringin yang sudah memiliki nama besar dan banyak dikenal masyarakat. Berbicara mengenai harga, tanaman bonsai hokiantea ini bisa dibanderol dengan harga 100 ribu (bakalan bonsai), sedangkan yang kualitas kontes 20 juta rupiah.

Cara Merawat Tanaman Bonsai Hokiantea

(Foto : Pinterest)

Berbicara mengenai cara merawat tanaman bonsai hokiantea ini, pada umumnya tidak begitu susah dan hampir sama seperti merawat bonsai lainnya. Tanaman ini harus diberikan sinar matahari di pagi hari yang cukup, supaya dapat tumbuh dengan baik.

Jangan diberikan sinar matahari di siang hari, karena daunnya akan lebih mudah layu jika terlalu banyak terkena sinar UV siang. Kemudian, simpanlah bonsai hokiantea ini di tempat yang tidak mudah terkena air saat musim hujan tiba. Dikarenakan tanamannya bisa membusuk jika kena air.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan rinci, mengenai informasi dari pembudidayaan tanaman bonsai hokiantea. Sesuai dengan pembahasan di atas, Anda harus merawat bonsai tersebut dengan baik agar tidak mudah membusuk dan mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *