Bonsai Gulgum

Diposting pada

Bonsai Gulgum – Bonsai gulgum atau nama lain dari tanaman gulo gumantung (rijanjang) tersebut sebagai jenis pohon lokal yang bisa dibuat bonsai. Pohon tersebut berkesan unik, berimbun, terkihat gagah dan benar-benar cocok jika dijadikan bonsai.

Saat sebelum pahami beberapa ciri bonsai gulgum ketahui lebih dahulu pemahaman dan karakter dari bonsai gulgum.

Karakteristik Bonsai Gulgum

Bonsai Gulgum

Gulo Gumantung atau dipersingkat Gulgum (Vangueria) yakni type tanaman berbunga dalam keluarga Rubiaceae. Genus ini dinamakan Vang vanguer, karena Vangueria madagascariensis telah terlebih dahulu dikenali di Malagasi.

Dalam genus Vangueria ada lebih dari 50 spesies yang penebarannya berada di Afrika selatan dan satu spesies di Madagaskar. Pohon gulgum banyak diketemukan di Afrika Timur, persisnya di Kenya dan Tanzania. Tetapi pohon ini jarang-jarang diketemukan di Afrika Barat.

Pada daun pohon gulgum, ada bakteri endofit bersarang di interselular jaringan mesofil. Kehadiran bakteri ini cuman bisa disaksikan memakai mikroskop karena ukuran yang sangat benar-benar kecil.

Bakteri endofit yang ada di daun gulgum dideteksi sebagai Burkholderia, sebagai bakteri yang kerap bersarang pada dedaunan tanaman dari genus Rubiaceae yang lain. Hipotesisnya ialah jika bakteri endofit ini memberinya pelindungan kimiawi pada herbivora serangga.

Sisi pohon dari spesies Vangueria latifolia, Vangueria pygmaea, dan Vangueria thamnus dijumpai bisa mengakibatkan gousiekte dan kardiotoksikosis ruminansia yang diikuti dengan tidak berhasil jantung empat sampai delapan minggu bila menelan rubiaceous dari sisi pohon.

Ciri-ciri Bonsai Gulgum

Bonsai gulgum atau nama lain dari spesies yang terpopuler ialah Vangueria infausta, pohon ini umum di Afrika Selatan, berikut beberapa cirinya :

1. Daun

Untuk daunnya sendiri dari tanaman gulgum yakni berwarna hijau mengkilap dan bagian atasnya bertekstur kasar.

2. Bunga

Bunga dari tanaman gulgum ini berwarna putih dan kehijaun yang berukuran kecil.

3. Buah

Buahnya bundar, warna hijau tua mengkilat saat muda dan beralih menjadi cokelat muda saat masak.

4. Pohon

Gulo Gumantung ialah pohon semak atau pohon kecil berdaun besar dan dengan bulu lembut. Pohon gulgum bisa capai ketinggian 4-6 mtr., tetapi di sejumlah daerah di alam liar dia bisa mencapat ketinggian 10 mtr.

Pohonnya benar-benar kuat dan tahan pada kekeringan dan cuaca dingin.

Demikian informasi mengenai pengertian, karakteristik, dan ciri-ciri bonsai gulgum yang telah diringkas situs BonsaiKita.com dari berbagai sumber. Semoga informasi dari kami dapat bermanfaat dan menambah ide baru terkait dunia bonsai tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *