Bonsai Durian

Diposting pada

Bonsai Durian – Siapa yang tidak mengenal buah durian? Di Indonesia sendiri buah durian sangat banyak dijumpai. Tak lain untuk menambah ide pembonsai untuk menggunakan bonsai durian. Cara budidaya bonsai durian saat ini banyak yang minat khususnya para penghobi bonsai.

Masalahnya ini jadi daya magnet tertentu. Dapat menanam durian di tempat yang sempit di kasusngan rumah. Pasti ini mengagumkan. Secara umum bonsai ialah pohon atau tanaman yang dikerdilkan. Begitu dengan pohon durian yang bakal jadi bonsai pohon buah saat telah dikerdilkan.

Hal yang ditemui beberapa pembonsai dalam masalah ini ialah, bagaimana membuat supaya pohon durian tidak tinggi. Karena pohon durian nyaris secara umum dikenali sebagai pohon yang tinggi.

Karakteristik Bonsai Durian

Bonsai Durian

Diambil dari buahnya, kata durian yakni jenis tumbuhan tropis berasal dari daerah Asia Tenggara. Nama durian merupakan ciri khas kulit buahnya yang berduri tajam dan keras serta memiliki bau yang khas.

Julukan dari buah durian yakni king of fruit atau rajanya buah. Buah durian termasuk buak yang bertipikal selera. Jadi, sebagian orang sangat menyukainya dan justru ada yang phobia akan rasa dan aromanya.

  • Cek : Kumpulan Jenis Bonsai Buah Terbaik dan Terlengkap

Tetapi dari beberapa refrensi menjelaskan, jika, cara lakukan bonsai durian dalam tingkatan budidaya yang sedang dilakukan ini dapat berjalan dengan baik, asal bibit durian untuk bonsai berkualitas secara baik.

Ditambah lagi didukung tanah dan proses pemupukan bonsai durian yang pas dan baik. Tidak cuman hanya itu, tapi juga sampai pada tingkatan perawatan.

Cara Budidaya Bonsai Durian

Langkah pertama ialah jadikan pohon durian pendek. Saat pendek, tidak cuma untuk pohon buah saja, tapi juga sebagai tanaman hias. Hal ini agar pembentukan bonsai durian tidak cukup sulit.

Pohon durian dapat ditanamn dalam pot. Seperti panggilan di atas, dengan kependekan Tabulampot. Yang akrab jadi tabulampot ini ialah durian montong, durian mantuala, durian bangkok, atau tipe tipe dari durian lokal yang lain.

Ini ialah tehnik bonsai durian dilaksanakan. Langkah tanamnya ialah dalam suatu pot. Langkah awal ialah penyiapan bibit durian dan pembikinan tempat tanam bonsai durian. Misalkannya saja, seperti memberikan kombinasi tanah liat, pupuk organik. Dalam masalah ini dapat pakai pupuk kandang atau pupuk kompos.

Dalam pemakaian tanah, penting juga lihat perbedaan tanah yang dipakai dengan kombinasi pupuknya.

Perbandingannya 1:1. Baru pada tingkatan seterusnya, tempat tanam dimasukkan ke karung. Saat telah usai, lubangkan tanah sama ukurang karung yang dilelepkan. Saat cara di atas telah usai dilaksanakan, turuti beberapa panduan berikut:

  • Sebelum karung tempat tanam ditanamkan, di bagian dasar lubang tanam diberi pupuk TSP dan fosfok.
  • Dosis pemakaian 2 sdm atau sekitar 20 gr. Ini untuk memaksimalkan perkembangan akar pohon duren.
  • Berikan furadan 2 sdm. Maksudnya menahan tumbuh berkembangnya bakteri pantogen.
  • Ketika siap. Tanam karung pada lubang.
  • Selanjutnya tanam bibit durian pada tempat tanam yang sudah ditanamkan atau dilelepkan.
  • Tidak bisa lupa untuk lakukan pemupukan pada tanaman durian yang dipunyai, kerjakan dengan teratur, 2-3 kali dalam satu tahun. Ini ditujukan supaya perkembangan maksimal.

Sistem menanam dengan media karung masuk ke tanah ini bisa juga ditukar dengan pot atau drum yang sedikit besar. Tingkatan yang dapat dilaksanakan sama. Tetapi yang perlu dimengerti ialah, Anda harus pastikan durian berusia setahun atau 12 bulan. Disamping itu, bibit pohon durian yang bakal jadi bonsai sudah berakar kuat dan bisa dipindahkan ke pot atau drum.

Pemakaian media tanah dan pupuk, dan jerami imbang, 1:1:1. Seusai siap baru dilaksanakan penanaman. Janganlah lupa untuk lakukan perawatan dengan sistem penyiraman yang telah digabung perangsang perkembangan yang didapat dari toko teratur tiap hari sepanjang satu minggu pertama. Jumlah penyiramannya 25 l/10 liter air.

Cara Merawat Bonsai Durian

Di atas telah diterangkan beberapa tehnik simpel lakukan perawatan pada tanaman binsai durian yang dipunyai. Pokoknya ialah pada penyiraman dan pemupukan pohon durian. Ingat, sekali dalam satu hari. Dilaksanakan pada pagi hari. Tetapi apabila sudah memperoleh hujan, jadi tidak perlu disiram.

Disamping itu, penyiangan pada bonsai durian penting juga. Ini menghindar hama dan penyakit serang.

Tempat tanam harus juga jadi perhatian kebersihannya, janganlah sampai ada hama dan penyakit yang berkunjung, akhirnya dicemaskan menghancurkan bonsai durian. Pemakaian obat atau pupuk samakan jumlah dan panduan pemakaian. Janganlah sampai berlebihan, yang malah berpengaruh jelek pada tanaman.

Nah, demikian informasi singkat yang telah dirangkum BonsaiKita.com terkait Karakteristik dan cara menanam bonsai durian. Semoga para penghoby tanaman bonsai dapat membuat ide bonsai durian seperti penjelasan diatas. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *